image

Cara Menghilangkan Kapur pada Batu Bacan, sehingga Membuat Batu Bacan Mengkristal

Posted on

Menghilangkan kapur pada batu bacan.

Sebelum Anda mencari cara cepat untuk menghilangkan kapur batu bacan dan mengkristalkan batu bacan, Anda  juga harus mencatat bahwa proses ini dapat menyebabkan perubahan warna tidak wajar pada batu bacan. Biasanya berwarna biru muda dan menurunkan harga jual karena pembeli batu bacan akan dengan mudah membedakan kualitas bacan olahan atau batu bacan alam yang hanya di lepas warnanya.

Banyak cara untuk menghilangkan kapur di batu bacan,  ditandai dengan benar-benar  yang tidak ada korelasi, misalnya dengan menggunakan media air cuka, alkohol, minyak kayu putih bahkan lebih gila lagi dengan cara menggoreng batu bacan dengan minyak oli  sepeda motor.

Anda tertarik untuk mencoba menghilang kapur di batubacan? Tapi dengan mencatat risiko ditanggung penumpang ya! Maka saya akan beritahu bagaimana agar sebuah batu dapat engkristal dan kapurnya hilang

Bagaimana caranya mengkristalkan batu bacan dengan cepat?

1. Rendam batu bacan di air bersih (air sumur lebih baik) untuk sekitar 2 untuk 3 hari, tujuannya untuk melarutkan cairan kimia yang sebelumnya digunakan untuk pengolahan batu Anda, pastikan seluruh batu bcan andam terendam sempurna.

2. Angkat batu bacan rendaman, lalu keringkan dengan menggunakan kain yang kering, dan angin-anginkan selama 1 atau 2 hari dengan suhu kamar normal.

3. Panaskan  batu bacan dengan menggunakan pengering (dryer) atau bisa juga dengan menjemurnya diterik matahari. Proses ini dapat berlangsung 2 atau 3 hari tergantung pada warna awal batu bacan Anda.

4. Jika batu bacan sudah mengkristal, silakan periksa apakah ada retak di dalamnya atau sisa kapur yang masih ada, jika tidak ada ulangi langkah 1 hingga 3 berulang lagi.

Selain cara di atas, ada lagi cara lain yang bisa dicoba oleh para penggemar batu baca di Indonesia. Berikut cara lain yang bisa dicoba dalam menghilangkan kapur pada batu bacan.