26 Cara Mengatasi Keputihan dan 9 Cara Mencegah Keputihan

Posted on

Cara mengatasi keputihan secara alami bisa dilakukan oleh wanita supaya bisa menyembuhkan penyakit ini. Seorang wanita pasti pernah mengalami keputihan. Reaksi keputihan memang sangat lumrah terjadi dan umumnya muncul saat menjelang masa menstruasi baik sebelum atau sesudah mensturasi.

Hal yang paling perlu diperhatikan yaitu kondisi keputihan tersebut. Keputihan dapat terdiri dari beberapa karakter seperti putih, penuh air, lengket, hijau kekuningan atau bau yang tidak enak. Setiap tanda keputihan yang tidak sama memberi petunjuk tentang kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Melihat beragam jenis keputihan yang begitu banyak, maka wanita perlu mengetahui cara perawatan yang tepat. Melakukan beragam perawatan keputihan sangat penting untuk menyembuhkan serta menjaga kesehatan reproduksi. Dibawah ini adalah cara-cara untuk mengobati keputihan:

Cara Mengatasi Keputihan

cara-mencegah-keputihan

1. Jaga Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar

Cara mengatasi keputihan secara alami paling ampuh yaitu menjaga kebersihan seputar Miss ā€œVā€. Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan jenis pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyebabkan area vagina jadi tak lembab serta kering.

Hindari memakai bahan sintetis lantaran panas dan menghasilkan keringat yang terlalu berlebih. Diluar itu untuk pakaian luar hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakan celana yang longgar sehingga area reproduksi jadi lebih nyaman. Hal ini juga ampuh sebagai cara mengatasi keputihan yang gatal serta terlalu berlebih.

2. Hindari Pemakaian Cairan Pembersih Vagina

Terdapat beberapa jenis cairan pembersih vagina yang dapat diperoleh dengan mudah. Bahkan juga untuk membeli bahan ini tak perlu memakai resep dari dokter. Tetapi nyatanya memakai cairan pembersih vagina malah dapat meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini mengakibatkan rusaknya pH murni dalam area vagina serta mematikan bakteri yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya hindari pemakaian cairan pembersih vagina saat keputihan.

3. Gunakan Biji Fenugreek

Cara mengatasi keputihan secara cepat bisa memakai biji fenugreek. Biji fenugreek dapat juga membantu mengatasi keputihan melalui cara yang sangat alami. Biji fenugreek dapat meningkatkan jumlah pH dalam vagina. Bila hal semacam ini terjadi maka dapat menyebabkan pengaruh untuk tingkat estrogen yang sangat tinggi, terlebih sesudah masa menstruasi.

Diluar itu biji fenugreek dapat juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Caranya : rendam satu sendok makan biji fenugreek di dalam air mineral hangat selama 24 jam, lalu saring dan berikan satu sendok makan. Selanjutnya minum airnya saat Anda belum makan pagi.

4. Gunakan Cuka Sari Apel

Bahan cuka sari apel juga sangat berguna untuk menyembuhkan keputihan terlebih bila keputihan disebabkan oleh bakteri. Cuka sari apel dapat membantu vagina memperoleh tingkat keseimbangan pH yang lebih cocok. Diluar itu cuka sari apel dapat juga membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam vagina serta mengurangi vagina yang terlalu berbau akibat infeksi jamur.

Caranya : campurkan cuka sari apel murni ke dalam satu gelas air mineral yang hangat, lalu campurkan dengan madu kemudian minum. Anda dapat minum selama satu hari sekali untuk memperoleh manfaat terbaiknya.

5. Makan Pisang Setiap Hari

Anda dapat juga mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami. Buah pisang menjadi buah yang dapat mengurangi keputihan dengan cara yang alami serta menyembuhkan keputihan tersebut. Pisang membantu tubuh menangani masalah reproduksi dengan membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Untuk menghentikan keputihan dengan pisang Anda dapat mencoba untuk makan pisang selama dua kali dalam satu hari. Pisang juga begitu baik untuk membantu pencernaan yang sehat serta kandungan kalium pisang membantu tingkatkan detak jantung yang sehat.

6. Minum Jus Delima

Jus delima akan membantu mengatasi keputihan melalui cara yang begitu alami. Jus delima memiliki kandungan beberapa nutrisi yang begitu penting yakni meningkatkan keseimbangan hormon serta mencegah perkembangan bakteri serta virus. Bahkan juga termasuk membunuh seluruh bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Cara menghentikan keputihan dengan delima yaitu dengan meminum jus delima satu kali dalam sehari.

7. Jus Basil dan Susu

Cara menyembuhkan keputihan secara alami yaitu dengan jus basil serta susu. Basil memang telah diakui sebagai tanaman obat yang dapat membantu mengatasi keputihan secara alami. Basil memiliki kandungan senyawa yang dapat meningkatkan kesehatan rongga vagina serta mengatur kondisi pH.

Permasalahan pH yang tidak seimbang kerap dihadapi oleh wanita terlebih menjelang serta sesudah periode menstruasi. Anda dapat coba mengobati keputihan dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun basil, lalu campur dengan satu gelas susu rendah lemak. Cara ini dapat mengobati keputihan selama satu atau dua minggu sesudah terapi.

8. Minum Jahe Hangat

Jahe adalah jenis tanaman rimpang yang diakui mempunyai manfaat yang begitu tinggi. Rimpang jahe memiliki kandungan senyawa alami yang dapat berperan untuk mencegah radikal bebas serta melawan infeksi bakteri serta virus. Bahkan jahe juga dapat melawan bakteri jahat yang berkembang dalam vagina.

Anda dapat mengobati keputihan dengan cara merebus satu gelas air minum dengan satu ruas kecil jahe segar. Sesudah mendidih maka angkat serta saring. Anda dapat langsung meminumnya saat masih hangat. Anda dapat memberikan gula batu atau madu supaya rasanya lebih nikmat.

9. Makan Yogurt

Yogurt adalah makanan yang memiliki kandungan sumber probiotik alami yang begitu tinggi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt dapat melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang mengakibatkan keputihan. Yogurt dapat juga membantu melawan infeksi jamur yang kerap terjadi pada vagina. Bahkan juga yogurt dapat memelihara organ reproduksi dari dalam tubuh. Untuk mengobati keputihan dengan yogurt maka Anda dapat makan yogurt setiap hari. Ini merupakan cara alami yang akan menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

10. Minum Jus Anggur dan Madu

Minuman lain seperti jus anggur dan madu dapat juga membantu menyembuhkan keputihan. Anggur memiliki kandungan zat yang dapat melawan bakteri serta virus yang menyebabkan keputihan. Bahkan juga kandungan warna alami ungu dan merah pada anggur dapat meningkatkan kandungan pH alami pada rongga vagina. Anda dapat membuat jus anggur tanpa mengupas kulitnya lalu dicampurkan dengan satu sendok madu. Untuk memperoleh hasil yang lebih cepat maka jangan mencampurkan air pada jus anggur. Jus anggur yang murni akan membantu mengobati keputihan dengan cepat.

11. Hindari Konsumsi Makanan Berminyak

Makanan berminyak memiliki kandungan lemak yang dapat mengakibatkan keputihan menjadi lebih parah. Makanan yang berminyak dapat mengakibatkan kandungan hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kandungan hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan mengubah keputihan menjadi lebih buruk.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan