Gambar Via: favim.com

Menyusun Paragraf Padu Lengkap dengan Latihan Soal

Posted on

Menyusun Paragraf Padu Lengkap dengan Latihan Soal – Paragraf yaitu rangkaian kalimat yang membentuk sebuah gagasan paling utama. Supaya jadi paragraf yang baik, sebuah paragraf harus mempunyai beberapa syarat kelengkapan, kesatuan, dan kepaduan. Pada kesempatan ini, kami akan mengulas tentang paragraf padu.

Gambar Via: wall-art.de

Paragraf padu adalah paragraf yang kalimat-kalimatnya tersusun atau tersambung dengan logis dan serasi. Untuk membentuk sebuah paragraf yang padu, kalimat-kalimat itu harus disusun dengan posisi yang logis serta disambungkan dengan kalimat yang lainnya dengan memakai konjungsi atau kata sambung.

Cara Menyusun Paragraf Padu

Gambar Via: timeanddate.com
  • Mengulang kata atau kelompok kata yang sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya.
  • Memakai kata penunjuk “itu”, “ini”, “tersebut”, dan sebagainya serta memakai kata ganti orang.
  • Membangun urut-urutan gagasan yang logis.
  • Memakai kata sambung intra kalimat dan antar kalimat.
  1. Kata sambung intra kalimat adalah konjungsi yang menghubungkan antara kalimat induk dan anak kalimat seperti: “karena”, “dan”, “tetapi”, dan lain-lain.
  2. Kata sambung antar kalimat adalah konjungsi yang menghubungkan antara kalimat dalam satu paragraf seperti: “oleh karena itu”, “oleh sebab itu”, “Namun”, “Terlebih lagi”, dan lain-lain.

Perhatikan contoh berikut! Susunlah kalimat-kalimat berikut menjadi sebuah paragraf yang padu.

  1. Aku bangun tidur jam 5 pagi
  2. Aku mengenakan pakaian
  3. Aku merapikan tempat tidur
  4. Aku berangkat sekolah
  5. Aku mandi
  6. Aku sarapan

Hari ini aku bangun jam 5 pagi. Setelah bangun aku merapikan tempat tidurku. Sehabis semuanya rapih, lalu aku mandi pagi. Kemudian aku mengenakan seragam sekolahku. Setelah itu, aku segera sarapan bersama orang tuaku. Setelah semua siap, aku pun berangkat ke sekolah.

Paragraf di atas telah padu. Semua gagasan pada kalimat-kalimat di atas tersusun dengan logis dan sesuai urutan. Selain tersusun dengan logis, kalimat-kalimat di atas terjalin dengan menggunakan konjungsi sehingga terkesan tidak rancu dan enak untuk dibaca.

Contoh-Contoh Paragraf Padu

Contoh 1

Gambar Via: elblogperdidodelaura.blogspot.co.id

Jakarta adalah kota yang sangat padat. Populasinya hampir mencapai 30 ribu jiwa penduduk. Kepadatan penduduk ini bukan karena penduduk asli Jakarta itu sendiri, melainkan karena penduduk luar yang datang berbondong-bondong ke Jakarta. Fenomena ini disebut dengan Urbanisasi. Mereka datang ke Jakarta dengan mimpi-mimpi yang besar. Namun, kebanyakan para pendatang tersebut tidak memiliki bekal yang berupa kemampuan atau skill sehingga mereka tidak bisa bersaing dan menjadi gelandangan. Akibatnya mereka mendirikan perkampungan kumuh di sudut-sudut kota, misalnya di bawah jembatan, di belantaran kali, di pingir jalan tol, dan lain-lain. Oleh karena itu, ibu kota terlihat sangat padat di seluruh sudut kota.

Contoh 2

Gambar Via: istockphoto.com

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan