Catat dan Bagikan! Simbol Ini di Kemasan Make Up Jadi Tanda Bahaya atau Tidak Produk Itu

Posted on

LahiyaMake up adalah barang wajib untuk wanita. Berbagai jenis kosmetik menjadi sesuatu yang selalu memenuhi tas kaum hawa. Mulai dari lipstick, eyeshadow, foundation, blush on hingga jenis produk kecantikan yang tak diketahui namanya oleh pasangan mereka.

Dan jangan salah, bahkan bagi wanita-wanita yang ngotot mengaku tak suka berdandan sekalipun, sudah dapat dipastikan setidaknya satu atau dua kosmetik tersimpan manis di dalam tas mereka, seperti misalnya pelembab bibir atau krim tabir surya.

Namun sayangnya tidak semua wanita mengetahui arti dari aneka simbol yang tertera pada kemasan kosmetik mereka. Yang menjadi perhatian utama biasanya hanya keterangan bahan pembuatan make up atau tanggap produksi dan kadaluarsa. Padahal ada satu tanda penting yang jauh lebih penting.

Terdapat satu simbol kecil pada kemasan setiap produk kosmetik yang lolos dari mata saat memilih-milih kosmetik. Coba perhatikan sebuah simbol kecil, biasanya di bawah keterangan bahan-bahan pembuatan di dekat barcode. Bentuknya seperti tabung dengan tutup terbuka.

Baca Juga: Geluti Bidang Ini Selama 8 Tahun, Fenita Arie Tiba-Tiba Pensiun sebagai Presenter Insert. Sudah Hijrah?

Angka diikuti dengan huruf M pada simbol yang dimaksud menunjukkan berapa lama produk kosmetik itu bisa Anda gunakan sejak pemakaian pertama. Huruf M adalah singkatan dari ‘month’ yang berarti ‘bulan’. Dan angka sebelum huruf M adalah tanda kapan produk tersebut kadaluarsa.

Jadi jangan hanya terpaku pada kode kadaluarsa di kemasan. Karena tak semua produk kecantikan mencantumkannya. Kesalahan satu ini seringkali dianggap sepele dengan menyimpan kosmetik tersebut dalam waktu yang cukup lama.

Padahal, seperti diwartakan Tribunnews.com, melansir dari laman Thesun.co.uk, setiap produk kecantikan yang telah melewati batas kadaluarsa dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit, seperti jerawat hingga infeksi karena bakteri.

Baca Juga: Hati-Hati Ladies! 8 Kalimat dari Pria Berikut Ini Artinya Dia Sudah jenuh, Terakhir ‘Jleb’ Banget

Sebagai contoh, produk kecantikan dengan kandungan SPF yang melampaui batas expired akan kehilangan kemampuannya melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Maskara dan eyeliner yang kontak dengan mata dapat menimbulkan sensitivitas hingga infeksi pada mata.

Lalu produk tabur atau bubuk, seperti bedak dan bronzer biasanya dapat digunakan hingga 2 tahun. Lipstick dan lipgloss akan kadaluarsa setelah setahun dari penggunaan pertama. Dan foundation serta concealer maksimal harus diganti setiap 12 bulan. Terakhir maskara yang hanya bertahan selama empat bulan saja.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan