Gambar Via: id.aliexpress.com

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi Lengkap

Posted on

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Deskripsi Lengkap – Paragraf deskripsi yaitu satu paragraf yang ide utamanya di sampaikan dengan cara mendeskripsikan atau melukiskan objek, tempat, atau peristiwa spesifik yang tengah jadi tema pada para pembacanya dengan jelas serta terinci hingga pembaca seakan-akan melihat serta merasakan sendiri apa yang sedang diungkapkan oleh penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Gambar Via: pixabay.com

Sebuah paragraf dapat dikatakan sebagai paragraf deskipsi bila mempunyai ciri khusus berikut ini:

  • Paragraf deskripsi melukiskan atau menggambarkan suatu hal.
  • Penggambaran di dalam paragraf itu dilakukan dengan sangat jelas serta terinci serta ikut melibatkan kesan indera.
  • Ketika pembaca membaca paragraf deskripsi, pembaca seakan-akan merasakan, melihat, atau mengalami sendiri apa yang sedang dibicarakan di dalam paragraf itu.
  • Paragraf ini menjelaskan ciri fisik objek seperti warna, ukuran, bentuk dan ciri psikis atau kondisi sebuah objek dengan terinci.

Beberapa Jenis Paragaraf Deskripsi

Paragraf deskripsi berkembang jadi beberapa pola pengembangan paragraf bersumber pada objek yang diseskripsikannya. Berikut ini yaitu beberapa jenis paragraf deskripsi:

Paragraf Deskripsi Spatial

Gambar Via: tokopedia.com

Objek yang digambarkan di dalam paragraf ini berupa benda, ruangan atau tempat tertentu:

Contoh:

Hari itu aku bangun pagi kesiangan. Rasanya tubuh ini tidak mau beranjak dari tempat tidur yang terletak di pojok kamarku tepat di bawah jendela. Kasurnya yang empuk melekat erat di tubuhku. Ditambah lagi dengan selimut yang terbuat dari kain sutra berwarna pink dan harum membuatku betah berlama-lama di atasnya. Kulihat jam dinding berukuran besar yang kuletakan di atas meja belajar terbuat dari kayu dengan cat hijau telah menunjukan angka 8. Segera aku bangun dari tempat tidurku.

Kemudian aku kelilingi ruangan yang berukuran 5 X 6 meter itu dan aku amati semua isi kamarku seperti lemari baju yang berada di samping tempat tidurku dengan cermin yang cukup besar di tengah-tengahnya dan poster-poster idolaku yang menempel di tembok berwarna putih. Aku pun tersadar bahwa aku akan sangat merindukan kamarku ini karena aku akan segera pergi ke luar negeri untuk menuntut ilmu.

Paragraf Deskripsi Subjektif

Gambar Via: id.aliexpress.com

Paragraf ini mendeskripsikan objenya dengan tafsiran dan kesan dari penuis itu sendiri.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan