Contoh Teks Berita Terbaru Kaidah 5W1H

Contoh teks berita dalam artikel kesempatan ini berupa kalimat singkat, namun telah mengikuti aturan 5W1H. Berita dalam contoh ini sekitar beberapa momen terbaru atau paling baru, seperti kecelakaan, kebakaran, banjir, politik, serta kriminil. Diluar itu, bakal kami berikanlah juga bonus 1 contoh berita dalam bhs Inggris.

Semuanya berita yang kami hidangkan dalam contoh ini, bersumber dari berita yang naskahnya dibacakan oleh beberapa pembaca berita dari beragam stasiun TV nasional. Tetapi, sebelumnya itu, ada 2 hal yang utama untuk diterangkan terlebih dulu di sini, yaitu apakah itu berita serta seperti apakah itu bentuk format 5W1H dalam satu berita?


Apakah itu Berita?


Dalam artian simpel, berita bisa disimpulkan sebagai info atau laporan mengenai momen atau peristiwa aktual atau hangat. Pengertian yang lain mengenai berita, datang dari J. B Wahyudi, yang memiliki pendapat kalau berita yaitu laporan dari momen/pendapat yang bersifat penting, menarik, serta baru untuk khayalak ramai, terpublikasi dengan cara luas memakai mass media dengan cara periodik.
Apakah itu 5W1H?

Dalam sistem penggalian atau penyajian berita, umumnya wartawan berdasar pada rumus 5W1H. Apakah itu 5W1H dalam berita? Sesungguhnya, 5W1H yaitu singkatan yang berisi mengenai 6 pertanyaan basic yang membuat terwujudnya satu berita. Pertanyaan-pertanyaan basic itu yakni ; what, where, when, who, why, serta how. Lahiya, di bawah ini penuturannya satu per satu :

  • What : Momen apa yang diberitakan
  • Where : Di mana momen itu terjadi
  • When : Kapan momen itu terjadi
  • Who : Siapa yang ikut serta dalam momen tersebut
  • Why : Kenapa hal itu dapat terjadi
  • How : Bagaimana momen itu berlangsung

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas yang lalu dikemas jadi berita.


Contoh Teks Berita


Pada akhirnya, sampailah kita pada inti kajian dalam materi ini, yaitu contoh teks berita. Seperti yang kami kemukakan terlebih dulu, bawah dalam contoh kesempatan ini, bakal kami hidangkan 5 berita mengenai bermacam momen paling baru yang berlangsung dimasyarakat.

Momen yang kami angkat dalam contoh ini terbagi dalam ; momen kecelakaan, kebakaran, banjir, politik, serta kriminil plus 1 contoh teks berita dalam bhs Inggris. Semua bakal ditulis ikuti format 5W1H. Tidak butuh berlama-lama lagi, di bawah ini misalnya :

1. Contoh Teks Berita mengenai Kecelakaan

contoh berita kecelakaan

Di bawah ini yaitu contoh teks berita mengenai momen kecelakaan kereta api yang berlangsung beberapa waktu terakhir, selasa 15/12/2015 di Medan.

Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel

loading...

Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur serta menabrak tembos pembatas rel di lokasi Jalan M. T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)

Momen ini bikin warga setempat cemas, pasalnya rangkaian kereta ini mendadak masuk jalur rel yang sudah lama ditutup atau tak digunakan lagi.

Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang sampai geser ke jalur kosong yang buntu serta tak terintegrasi ke jalur yang lain hingga menabrak tembok pembatas yang ada sekitaran 100 mtr. dari stasiun besar kereta api Medan. (How)

Mujur tak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di sangka kereta mendadak beralih jalur lantaran ada kelalaian operator. Tetapi, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi peristiwa belum memberi info berkaitan penyebabnya kecelakaan ini. (Why, Who)

2. Contoh Teks Berita mengenai Kebakaran

Warga membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran di Pasar Tradisional Yamaker, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (20/11) malam.

Warga membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan api saat kebakaran di Pasar Tradisional Yamaker, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (20/11) malam. Pada peristiwa ini, diperkirakan ratusan rumah dan kios di pasar itu hangus dilalap api dan penyebabnya belum diketahui. ANTARA FOTO/M Rusman/Asf/ama/14.

Contoh teks berita di bawah ini yaitu mengenai momen kebakaran yang belum lama ini berlangsung :

Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru

Kebakaran berlangsung di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) bikin cemas pedagang yang berupaya menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)

Api menghanguskan kios serta toko pedagang di lantai basic. Petugas pemadam kebakaran kesusahan memadamkan api lantaran terhalang kepulan asap hitam. (What, Why)

Untuk memadamkan api petugas berupaya menembus ruang yang terbakar di lantai basic. Penyebabnya kebakaran masih tetap dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. (How, Why)

3. Contoh Teks Berita mengenai Banjir

contoh berita banjir

Contoh teks berita di bawah ini yaitu terkait dengan momen banjir yang beberapa waktu terakhir berlangsung.

Beberapa puluh Hektare Tambak serta Sawah di Lamongan Terendam Banjir

Beberapa puluh hektar tempat tambak serta tanaman padi di dua Kecamatan di Lamongan Jawa Timur terendam banjir akibat jebolnya tanggul sungai Pelalangan. Tambak serta tempat padi yang terendam ini bikin petani tidak untung. (What, Where)

Tanggul sungai Pelalangan di Desa Plosowahyu Kecamatan Lamongan Jawa Timur, Senin malam (15/12/15) jebol sesudah diterjang banjir akibat hujan deras yang mengguyur lokasi Lamongan Selatan. Tanggul sungai jebol selama 10 mtr. hingga bikin air menggenangi beberapa puluh hektar tempat tambak serta tanaman padi di Kecamatan Lamongan serta Kecamatan Turi. (When, Why)

Menurut salah seseorang petani, tanggul mulai jebol sekitaran jam 09. 00 malam akibat luapan sungai Pelalangan yang selalu meluber. Jebolnya tanggul ini adalah yang ke-2 kalinya berlangsung. Bahkan juga, th. lantas tempat tinggal warga sempat juga terendam banjir. (How)

Beberapa petani di Desa Plosowahyu terasa resah lantaran beberapa titik tanggul di desanya juga mulai retak-retak-retak serta riskan jebol. Mereka cuma mengharapkan pemerintah Kabupaten Lamongan selekasnya melakukan perbaikan tanggul supaya petani tak selalu tidak untung. (Who)

Akibat banjir yang merendam tempat tambak serta tanaman padi ini, petani alami kerugian sampai jutaan rupiah. (Who)

4. Contoh Teks Berita mengenai Politik

contoh berita politik

Di bawah ini yaitu contoh teks berita mengenai momen politik yang beberapa waktu terakhir berlangsung :

Dapatkan Pelanggaran, KPU Poso Gelar Penentuan Ulang

Komisi Penentuan Umum Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, mengadakan penentuan lagi pada Sabtu, (12/12/2015), menyusul temuan pelanggaran waktu tanggal 9 Desember lantas. (What, When, Why)

Sejumlah 549 pemilih di TPS 3 di satu diantara kelurahan di Kecamatan Poso Kota Utara pilih lagi. (Where)

Panwaslu Kabupaten Poso menyampaikan penentuan lagi ditetapkan sesudah ada pelanggaran oleh salah seseorang pemilih yang terima kian lebih 1 surat nada (Why)

Dalam penentuan lagi penyelenggara juga ganti ketua serta semua anggota KPPS. Proses penentuan lagi penentuan Bupati serta Wakil Bupati Poso yang di ikuti 4 pasangan jalan dengan lancar dengan penjagaan dari aparat kepolisian. (How)

5. Contoh Teks Berita mengenai Kriminal

contoh berita kriminal

Di bawah ini yaitu contoh teks berita mengenai momen kriminal

Polisi Bongkar Sindikat Penjual Sabu di Bekasi

Sindikat penjualan narkoba type sabu sukses dibongkar oleh Unit Reserse Narkoba Polres Kota Bekasi, Jawa Barat. Senin (14/12/2015). (What, When, Where)

Dari operasi ini polisi sukses menangkap empat orang tersangka serta mengambil alih 13 kg sabu. Pengungkapan ini bermula dari penangkapan tersangka berinisial DK di Jembatan Caman Kelurahan Jati Bening, Bekasi. (What, How, Who).

Dari tangan tersangka pihak kepolisian sukses mengambil alih 1, 24 gr sabu. Dari pengembangan masalah polisi sukses membuka pengedar berinisial RD di lokasi Johar Baru, Jakarta Pusat. (What, Why)

Polisi sukses mengambil alih 24 bungkus plastik sabu dengan berat keseluruhan 13 kg atau setara dengan Rp. 19, 5 milyar. Pengedar RD yaitu bekas residivis dengan masalah yang sama. (What, Who)

Baca juga:

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan