Home Contoh Contoh Daftar Pustaka Dan Cara Penulisannya Sesuai Kaidah Bahasa

Contoh Daftar Pustaka Dan Cara Penulisannya Sesuai Kaidah Bahasa

SHARE

Daftar Pustaka

Contoh penulisan daftar pustaka dalam materi kesempatan ini bakal diisi tips komplit mengenai langkah bikin daftar pustaka yang baik serta benar. Uraian ini jadi perlu sebab nyatanya ada banyak diantara kita yang belum tahu bagaimana penulisan daftar pustaka yang sesuai sama aturan penulisan yang secara umum digunakan sampai kini.

Ada ketentuan spesifik sebagai referensi dalam penulisan satu daftar pustaka. Ketentuan begitulah yang cobalah kami terangkan berbentuk contoh pada saat ini. Penuturannya bakal kami untuk jadi bagian-bagian, yaitu keterangan mengenai apakah itu daftar pustaka, manfaat daftar pustaka, ketentuan penulisan daftar pustaka, serta contoh penulisan daftar pustaka.
Apakah itu Daftar Pustaka?

Daftar pustaka juga dikenal sebagai bibliografi, sumber referensi, sumber referensi, sumber referensi, atau rujukan. Daftar pustaka yaitu daftar dari semua sumber bahan bacaan yang dipakai dalam pengaturan karya ilmiah. Menurut aturan penulisan, bila kita mengutip sebagian kalimat atau paragraf dari sumber bacaan lain kedalam karya yang kita catat, harus kita mesti mencantumkan sumbernya.

Sumber bahan bacaan tersebut memiliki bentuk bisa berbagai macam, seperti ; surat berita, jurnal buletin, majalah, terbitan berkala, ensiklopedia, hasil penelitian, dan sebagainya. Seluruh sumber bacaan itu terkait erat dengan karya ilmiah yang ditulis. Dalam karya ilmiah, daftar pustaka diletakkan sesudah isi karangan serta ditulis pada halaman sendiri.

Manfaat Daftar Pustaka

contoh daftar pustaka

Kenapa daftar pustaka butuh tercantum? Sekurang-kurangnya, ada empat manfaat pencantuman daftar pustaka, salah satunya sebagai berikut ini :

  • Memperlihatkan kejujuran penulis kalau tulisannya tak hanya hasil pemikirannya sendiri, namun beberapa mengambil dari buku atau sumber lain ;
  • Berikan pernyataan atau penghargaan pada penulis yang tulisannya di ambil sebagai bahan ;
  • Bantu pembaca yang mau tahu lebih jauh, yakni dengan membaca buku-buku sumber yang dijelaskan itu ;
  • Penuhi kelaziman penulisan karya ilmiah.

Ketentuan Penulisan Daftar Pustaka

Penulisan daftar pustaka tak bisa asal-asalan, namun mesti ikuti ketentuan yang sudah dilazimkan. Ketentuan itu bisa dikaji berikut ini ini :
Nama pengarang yang terdiri atas dua unsur atau lebih, penulisannya di balik serta pada unsur pertama serta unsur ke-2 di beri sinyal koma. Umpamanya, nama pengarang Zaenuddin Kabai ditulis Kabai, Zaenuddin.

Bila pengarangnya dua orang, yang di balik cuma nama pengarang yang pertama, lalu pada nama pengarang pertama serta ke-2 di beri kata serta. Bila pengarangnya tiga orang atau lebih, yang tercantum cuma nama pengarang pertama (tetap di balik bila nama itu dua unsur atau lebih) diikuti dkk. (serta kawan-kawan). Umpamanya, satu buku ditulis oleh empat orang, yakni Zaenuddin Kabai, Nur Afdan, Fajar Ashar, serta Juliar Nur. Dalam daftar pustaka, ditulis Kabai, Zaenuddin dkk.

Gelar akademis, gelar keagamaan, serta gelar kebangsawanan tak tercantum. Umpamanya, Drs. Zaenuddin Kabai, M. Pd. cukup ditulis Kabai, Zaenuddin.

Urutan penulisan ke samping kanan yaitu nama pengarang (di balik, disudahi sinyal titik), th. terbit (bila tak ada, ditulis Tanpa Th., disudahi titik), nama kota tempat terbit (disudahi titik dua), serta terkahir nama penerbit (disudahi sinyal titik). Umpamanya, satu buku yang berjudul Cerita Cinta serta Kemanusiaan yang ditulis oleh Baharuddin Dion, S. Sos, diterbitkan oleh Paradigma Pengetahuan, Makassar, pada th. 2011, penulisannya yaitu Dion, Baharuddin. 2011. Cerita Cinta serta Kemanusiaan. Makassar : Paradigma Pengetahuan.

loading...

Urutan ke bawah bersumber pada abjad nama pengarang (yang sudah di balik) serta tak menggunakan nomer.

Berikut ini kami tampilkan beberapa contoh daftar pustaka yang model penulisannya disesuaikan dengan sumber bahan bacaan yang digunakan sebagai referensi pembuatan karya ilmiah.

Contoh daftar pustaka

1. Contoh daftar pustaka sumber buku

  • Kabai, Zaenuddin. 2015. Cara Membuat PTK yang Baik dan Benar. Bantaeng: Zaka Media
  • Afdan, Nur. 2015. Tips Blogger Pemula. Bantaeng: Zaka Publishing
  • Ashar, Fajar. 2015. Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Bantaeng: Zaka Publishing
  • Soleh, Dikur. 2017. Sumber Pangan Nabati. Jakarta: Bentar Pustaka
  • Kolis, Mickey et al. 2011. Designing “Learning” Lessons for the University Classroom. Teaching Reprts of Currents in Teaching and Learning Vol.4 no.1
  • Kurniatin, Dyah Titin. 2010. Penerapan metode belajar learning cycle-5E pada mata pelajaran akuntansi terhadap siswa kelas XII IPS 1 untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar di SMA Negeri 6 Malang. Malang. Skripsi UM
  • Linn, Robert. Student Learning, Student Achievement: How Do Teachers Measure Up. Arlington: National Board for Professional Teaching Standards
  • Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Professional. Bandung : Remaja Rosda.
  • Baradja, M.F. 1990. Kapita Selecta Pengajaran Bahasa. Malang: Penerbit IKIP Malang.
  • Damono, Sapardi Joko. 1979. Novel Sastra Indonesia Sebelum Perang. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

2. Contoh Daftar Pustaka sumber Koran

  • Juliar 11 Januari, 2015. “Karya Ilmiah Guru: Sebuah Tinjauan”. Tribun Timur, hlm 8 & 9.

3. Contoh Daftar Pustaka sumber Internet

  • Nur Afdan, 2014. “Contoh Penulisan Daftar Pustaka”, www.ilmusiana.com/contoh-penulisan-daftar-pustaka/

4. Contoh Daftar Pustaka sumber Ensiklopedia/Kamus

  • Stafford-Clark, D. 2000. Mentasy disoders and therir treatment. The New Encyclopedia Britannica. Encyclopedia Britannica. 27: 567-568.

5. Contoh Daftar Pustaka sumber UU atau Kepres:

  • Republik Indonesia, 2015 Undang-undang Lalu Lintas Nasional Indonesia, Jakarta: Sekretariat Negara.

6. Contoh Daftar Pustaka sumber Presentasi Makalah Seminar

  • Afdan, Nur. 2015. “Konsep Fisika untuk Lingkungan Hidup”. Makalah dipresentasikan pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia, Januari 10-11, Jakarta. (Makalah oleh Nur Afdan berjudul Konsep Fisika untuk Lingkungan Hidup, dipresentasikan di Jakarta, Indonesia, pada Pekan Ilmuwan Nasional Indonesia.)

Nah itulah contoh daftar pustaka saat akan menuliskan sumber karya tulisa dibagian akhir tulisan. Semoga bermanfaat!

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan