Gambar Via: cirebontrust.com

Pengertian dan Contoh Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia (Lengkap)

Posted on

Pengertian dan Contoh Kalimat Inversi dalam Bahasa Indonesia (Lengkap) – Kalimat yaitu ujaran yang berupa lisan ataupun tulisan, terbagi dalam kumpulan kata yang mempunyai pesan/maksud dengan intonasi spesifik. Bersumber pada susunan letak predikatnya, kalimat dibedakan jadi 2 yakni kalimat versi serta kalimat inversi.

Gambar Via: beritaplatmerah.com

Satu kalimat umumnya mempunyai pola yang berurutan yakni Subyek (S), Predikat (P), Objek (O) serta Keterangan (K). Kalimat dengan pola yang berurutan itu disebut juga dengan kalimat versi. Akan tetapi ada pula kalimat yang polanya tidak sesuai sama pola di atas yang disebut juga dengan kalimat inversi. Pada kalimat inversi

Predikat (P) diletakkan mendahului Subyek (S). Subyek pada kalimat inversi biasanya mensyaratkan subyek yang tidak jelas (Definite). Kalimat ini umumnya digunakan untuk menyatakan arti atau maksud si penutur atau penulisnya. Jadi kalimat Inversi yaitu kalimat yang predikatnya mendahului subyek serta berperan untuk menegaskan arti dari kalimat itu sendiri.

Contoh:

Pak Budi menanam pohon durian.
S                P                         O
Bawa bibit itu kemari.
P       S              K

Pada kalimat pertama polanya S P O yang menunjukan kalau kalimat itu yaitu kalimat versi, sedangkan pada kalimat kedua mempunyai pola P S K di mana P mendahului S yang memiliki arti kalimat itu yaitu kalimat Inversi.

Mengubah kalimat versi jadi kalimat inversi

Gambar Via: pixabay.com

Untuk mengubah kalimat versi jadi kalimat inversi yang pertama harus dilakukan yaitu memahami atau mengidentifikasi unsur-unsur kalimatnya.

Contoh:

Agung Santoso berangkat ke Jakarta
S                         P                K

Kemudian pindahkan unsur predikat mendahului subjeknya . Subjek pada kalimat ini bisa diganti dengan kata ganti orang ke 2 tunggal.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan