Gambar Via: id.techinasia.com

Definisi dan Contoh Kalimat S P O K yang Baik dan Benar

Posted on

Definisi dan Contoh Kalimat S P O K yang Benar – Kalimat yaitu satuan paling kecil dari bahasa dalam bentuk lisan ataupun tulisan serta terbagi dalam rangkaian kata yang mempunyai/memiliki kandungan arti atau sebuah pesan spesifik. Kalimat yang baik dan benar memiliki kandungan unsur-unsur kalimat yang terdiri dari Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Keterangan (K), dan Pelengkap (P) Agar dapat membuat kalimat yang baik dan benar, kita harus paham pengertian serta peranan dari unsur-unsur kalimat itu sendiri. Berikut ini yaitu unsur-unsur kalimat yang membentuk satu buah kalimat.

Unsur-Unsur Kalimat

Gambar Via: priceza.co.id

Subjek (S)

Di dalam satu buah kalimat Subjek (S) yaitu pelaku atau orang yang melakukan kegiatan spesifik. Subjek biasanya berbentuk kata benda seperti nama orang, binatang, tumbuhan, dan benda. Contoh: Budi, Gajah, Anggrek, sekolah dan sebagainya.

Predikat (P)

Predikat yaitu unsur kalimat yang menyebutkan kegiatan yang tengah dilakukan oleh Subjek. Predkat umumnya adalah kata-kata kerja. Contohnya: Memasak, bermain, menyanyi, dan lain-lain

Objek (O)

Objek yaitu suatu hal yang dikenai tindakan oleh Subjek. Sama dengan Subjek, Objek bisa berbentuk kata-kata benda. Contohnya: Bapak, Harimau, Baju, dan sebagainya.

Keterangan (K)

Di dalam satu buah kalimat keterangan menjelaskan bagaimana, di mana atau kapan peristiwa yang dinyatakan dalam kalimat itu. Keterangan di dalam kalimat bisa berbentuk:

  • Keterangan tempat = di rumah, di sekolah, di pasar, dan lain-lain.
  • Keterangan cara = dengan cepat, dengan serius, dengan bersemangat, dan lain-lain.
  • Keterangan tujuan = agar lulus ujian, untuk bertemu ibunya, supaya bersih, dan lain-lain.
  • Keterangan alat = menggunakan pisau, mengendara motor, menggunakan sekop, dan lain-lain.
  • Keterangan waktu = pada hari minggu, Jam 9 malam, pada musim kemarau dan lain-lain.
  • Keterangan penyerta = bersama ayahnya, dengan ibunya, ditemani kakaknya, dan lain-lain.

Pelengkap (Pel)

Pelengkap yaitu unsur kalimat yang peranannya sama seperti Objek (O) namun yang membedakannya yaitu Pelengkap tidak dapat diubah menjadi Subjek pada kalimat pasif. Pelengkap umumnya terletak setelah predikat atau objek.

Contoh: Ia memakai baju yang bagus, Ember itu berisi minyak tanah.

Beberapa Pola Dasar Kalimat Bahasa Indonesia

Gambar Via: student.cnnindonesia.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalimat yang baik serta benar yaitu kalimat yang mempunyai unsur-unsur kalimat di dalamnya. Kumpulan kata dapat dikatakan satu kalimat, bila mempunyai minimal unsur Subjek serta predikat.

Contoh:

Ibu pergi.
S     P

Yang berwarna merah

Kumpulan kata pertama disebut kalimat karena memiliki unsur Subjek dan Predikat. Sedangkan kumpulan kata yang kedua bukan merupakan kalimat meskipun terlihat panjang. Kata-kata tersebut merupakan sebuah Prase.

Pada umumnya kalimat Bahasa Indonesia memiliki 8 pola kalimat dasar yang bisa dikembangkan. Berikut ini adalah contoh-contoh pola dasar kalimat Bahasa Indonesia:

S-P

Contoh: Saya makan
S         P

S-P-O

Contoh: Saya makan apel
S         P        O

S-P-Pel

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan