Gambar Via: kesekolah.com

Daftar Kata Benda dalam Bahasa Indonesia, Lengkap!

Posted on

Kata Benda – Pengertian kata benda (nomina), Kata benda atau disebut juga dengan nomina yaitu sebuah kata baik yang sifatnya abstrak ataupun konkret mengacu pada bentuk dari sebuah benda. Hingga dapat juga dikatakan kalau pengertian kata benda (nomina) yaitu kata-kata yang sifatnya mengacu dari bentuk satu buah benda atau barang.

Pengertian Kata Benda Menurut Beberapa Pakar Bahasa

Gambar Via: psikoma.com

Ibnu Hajar, S. Pd. dalam Ikhtisar Bahasa serta Sastra Indonesia

Nomina yaitu kata yang merujuk pada menusia, benda, serta konsep atau pengertian (segi semantis). Dalam kalimat berpredikat verba, nomina menempati fungsi subjek, objek atau pelengkap, nomina tidak bisa dijadikan bentuk ingkar tidak, namun dengan kata bukan. Contoh: Dokter, gambar, batang.

Prof. Dr. Ida Bagus, M, Pd. Dalam Analisa Kalimat

Nomina (kata benda) yaitu nama seseorang, tempat atau benda. Berdasarkan kelompok sintaksis nomina tidak mempunyai potensi untuk bergabung dengan partikel tidak, namun memunyai potensi untuk didahului partikel dari (Kridalaksana, 1994). Nomina di sini meliputi pada pronomina serta numeralia. Kridalaksana (1994) menyampaikan kalau pronominal yaitu kelompok yang berperan mengganti nomina. Numenaralia yaitu kata yang digunakan untuk mengkalkulasi maujud. Contoh: rumah, begini, beberapa, lima, setengah.

Gorys Keraf

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan