Gambar Via: pixabay.com

Contoh Kata Serapan dan Pengertiannya (Adopsi, Adaptasi, Pungutan)

Posted on

Contoh Kata Serapan dan Pengertiannya (Adopsi, Adaptasi, Pungutan) – Kata serapan atau kerap disebut juga dengan kata pungutan atau pinjaman yaitu kalimat yang datang dari bahasa asing yang sudah terintegrasi ke dalam bahasa Indonesia serta sudah di terima luas oleh masyarakat umum.

Peranan kata serapan di dalam bahasa Indonesia yaitu untuk memperkaya ragam bahasa Indonesia itu sendiri serta memberi pengetahuan mengenai bahasa asing pada pengguna bahasa Indonesia.

Proses Penyerapan Kata

Gambar Via: forum.viva.co.id

Ada beberapa proses atau cara masuknya bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia hingga dapat terserap. Berikut ini yaitu proses penyerapan tersebut:

Adopsi

Proses adopsi yaitu terserapnya bahasa asing lantaran pengguna bahasa itu mengambil kata bahasa asing yang mempunyai arti sama secara keseluruhan tanpa mengubah lafal atau ejaan dengan bahasa Indonesia.

Contoh: Hotdog, Shuttle cock, reshuffle, plaza, supermarket, dan lain-lain.

Adaptasi

Proses adaptasi yaitu proses diserapnya bahasa asing karena pengguna bahasa mengambil kata bahasa asing, namun ejaan atau cara penulisannya tidak sama dan disesuaikan dengan ketentuan bahasa Indonesia.

Contoh:

  • Option = Opsi
  • Fluctuate = Fluktuatif
  • Organization = Organisasi
  • Maximal = maksimal

Pungutan

Masuknya bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia terjadi karena pengguna bahasa mengambil ide konsep dasar yang ada pada bahasa aslinya, kemudian dicarikan padanan katanya dalam bahasa Indonesia. Langkah tersebut bisa disebut juga dengan ide konsep terjemahan di mana kata serapan dihasilkan lewat cara menerjemahkan kata/istilah itu tanpa mengubah arti kata itu sendiri.

Contoh:

  • Spare part = Suku cadang
  • Try out = Uji coba
  • Overlap = Tumpang tindih
  • Shuttle ship = Pesawat ulang-alik

Macam-Macam Kata Serapan

Gambar Via: yuherni.blogspot.co.id

Bahasa yang Diserap ke dalam Bahasa Indonesia

Ada beberapa bahasa asing yang diserap ke dalam bahasa Indonesia, diantaranya yaitu bahasa inggris, bahasa belanda, bahasa arab, serta bahasa jawa kuno.

Bahasa Inggris

Gambar Via: kamus-inggris.com

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan