Contoh Laporan Keuangan

Contoh laporan keuangan ini terdiri dari Grafik Analisa, Laba Rugi, Laba Rugi 12 Bulan, Neraca Arus Kas, Mutasi Barang Per Gudang, Daftar Barang, General Ledger dan Jurnal Buku Besar

Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Neraca keuangan yaitu catatan informasi keuangan sebuah perusahaan pada sebuah periode akuntansi yang bisa dipakai untuk melukiskan kemampuan perusahaan itu. Neraca keuangan yaitu sisi dari proses pelaporan keuangan. Neraca keuangan yang komplit umumnya mencakup :

  • Neraca
  • Laporan laba rugi komprehensif
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Laporan perubahan posisi keuangan yang bisa dihidangkan berbentuk laporan arus kas atau laporan arus dana
  • Catatan serta laporan lain dan materi keterangan yang disebut sisi integral dari laporan keuangan

Unsur yang terkait secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan yaitu aset, keharusan, serta ekuitas. Sedang unsur yang terkait dengan pengukuran kinereja dalam laporan laba rugi yaitu pendapatan serta beban. Laporan posisi keuangan umumnya mencerminkan beragam unsur laporan laba rugi serta perubahan dalam beragam unsur neraca.

Ketidaksamaan Pelaporan serta Laporan Keuangan

Sebaiknya dibedakan pada pengertian Pelaporan keuangan (bhs Inggris : financial reporting) serta neraca keuangan (bhs Inggris : financial reports). Pelaporan Keuangan mencakup semua segi yang terkait dengan penyediaan serta penyampaian informasi keuangan.

Aspek-aspek itu diantaranya instansi yang ikut serta (umpamanya pengaturan standard, tubuh pengawas dari pemerintah atau pasar modal, organisasi profesi, serta entitas pelapor), ketentuan yang berlaku termasuk juga PABU (Prinsip Akuntansi Berterima Umum atau Generally Accepted Accounting Principles/GAAP).

Neraca keuangan hanya satu diantara medium dalam penyampaian informasi. Bahkan juga semestinya mesti dibedakan juga pada statemen (bhs Inggris : statement) serta laporan (bhs Inggris : report)

Pengguna Laporan Keuangan

  • Investor
  • Karyawan
  • Pemberi Pinjaman
  • Penyuplai serta Creditor usaha lainnya
  • Pelanggan
  • Pemerintah
  • Masyarakat

Tujuan Laporan Keuangan

Menurut Standard Akuntansi Keuangan yang di keluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia maksud neraca keuangan yaitu Sediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kemampuan, dan perubahan posisi keuangan sebuah perusahaan yang berguna untuk beberapa besar pengguna dalam pengambilan ketentuan.

Neraca keuangan yang disusun untuk maksud ini penuhi keperluan berbarengan beberapa pengguna. Tetapi, neraca keuangan tak sediakan seluruh informasi yang mungkin saja diperlukan pengguna dalam memutuskan ekonomi lantaran secara umum melukiskan dampak keuangan serta peristiwa saat lantas, serta tak diharuskan untuk sediakan informasi nonkeuangan.

Neraca keuangan juga memberikan apa yang sudah dikerjakan manajemen (bhs Inggris : stewardship), atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan padanya. Pengguna yang mau lihat apa yang sudah dikerjakan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat sekian supaya mereka bisa bikin ketentuan ekonomi.

Ketentuan ini meliputi, umpamanya, ketentuan untuk menahan atau jual investasi mereka dalam perusahaan atau ketentuan untuk mengangkat kembali atau ganti manajemen.

loading...

Ciri-ciri Kualitatif Laporan Keuangan

Ciri-ciri kualitatif adalah ciri khas yang bikin informasi dalam neraca keuangan bermanfaat untuk pengguna. Ada empat ciri-ciriistik kualitatif pokok yakni :

Bisa Dipahami
Informasi yang dihidangkan dalam neraca keuangan bisa dipahami peserta serta bentuk dan istilahnya sesuai dengan batas beberapa pemakai ;

Relevan
Neraca keuangan dikira bila informasi yang dihidangkan didalamnya bisa memengaruhi ketentuan pemakai ;

Keandalan
Informasi dalam neraca keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan serta kekeliruan material ;

Bisa diperbandingkan
Informasi yang dihidangkan semakin lebih bermanfaat apabila bisa diperbandingkan dengan neraca keuangan pada periode di awal.

Contoh Laporan Keuangan

Langkah Bikin Laporan Keuangan dengan Gampang serta Cepat

Bagaimana langkah bikin neraca keuangan yang gampang serta cepat? Mari kita simak langkah – langkahnya dengan Click di sini.

Atau Anda dapat juga coba langsung bagaimana mengelola serta bikin neraca keuangan dengan gampang & cepat dengan isi form request simulasi atau demo Di sini. Kami bakal ada ketempat Anda untuk mensimulasikan atau mendemokannya.

Bisa juga kamu lihat video berikut ini,

 

Contoh Laporan Keuangan – Grafik Analisa

Grafik ini berisikan ikhtisar tentang keadaan keuangan perusahaan seperti laporan laba rugi, neraca serta yang lain, berbentuk grafik ataupun tabel, hingga amat mempermudah dalam menganalisa dan pengambilan ketentuan manajerial.

contoh laporan keuangan grafik

Contoh Laporan Keuangan – Laba Rugi

Pada contoh neraca keuangan laba rugi, berisikan data atau informasi tentang besarnya laba atau rugi yang dibuat dari pendapatan serta besarnya pengeluaran yang terjadi pada periode spesifik.

contoh laporan keuangan laba rugi standar

Contoh Laporan – Laba Rugi 12 Bulan

Pada contoh neraca keuangan laba rugi 12 bln., berisikan data atau informasi tentang besarnya laba atau rugi yang dibuat dari pendapatan serta besarnya pengeluaran yang terjadi sepanjang periode 12 bln. paling akhir.

conton laporan laba rugi

Contoh Laporan – Neraca

Contoh laporan neraca berisikan informasi harta (asset), utang atau keharusan dan modal (capital) pada periode spesifik.

Contoh Laporan – Neraca

Contoh Laporan Arus Kas

Neraca keuangan yang berisikan aliran kas masuk serta kas keluar sebuah perusahaan pada periode spesifik. Laporan ini umumnya berisikan tentang informasi aktivitas operasional (operating activities), investasi (investing activities) serta keuangan (financing activities)

Contoh Laporan Arus Kas

Contoh Laporan Mutasi Barang Per Gudang

Laporan yang berisikan informasi tentang arus barang masuk serta barang keluar. Juga untuk lihat saldo harga awal persediaan serta saldo akhir persediaan dan untuk tahu jumlah barang item itu.

Contoh Laporan Mutasi Barang Per Gudang

Contoh Laporan Daftar Barang

Laporan yang berisikan informasi komplit semua barang persediaan.

Contoh Laporan Daftar Barang

Contoh Laporan General Ledger

Laporan yang berisikan pencatatan seluruh transaksi hasil tulisan jurnal pada periode spesifik.

Contoh Laporan General Ledger

Contoh Jurnal

Laporan yang berisikan informasi kesibukan transaksi keuangan yang dicatat secara urutan.

Contoh Jurnal

Contoh Buku Besar

Laporan yang berisikan informasi dari pencatatan seluruh transaksi hasil tulisan jurnal untuk periode spesifik.

Contoh Buku Besar

 

One Response

  1. Vety Fakhrudin
    November 22, 2016

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan