Gambar Via: ruangseni.com

Pengertian dan 50 Contoh Majas Asosiasi atau Perumpamaan

Posted on

Pengertian dan 50 Contoh Majas Asosiasi atau Perumpamaan – Majas asosiasi disebut juga dengan majas perumpamaan yang termasuk ke dalam majas perbandingan. Ciri khas perbandingan kata untuk mengungkapkan gagasan atau ide juga ditemukan pada majas ini. Tetapi sebagai pembeda antara majas asosiasi dengan majas perbandingan yang lainnya adalah dalam majas asosiasi membandingkan tujuan atau gagasan atau ide dengan mengumpamakannya dengan kata lain dalam satu kalimat. Hingga dalam kalimat majas asosiasi ditemukan dua hal yang sangat berbeda tetapi dianggap sama. Perumpamaan-perumpamaan yang dipakai dalam kalimat majas asosiasi bisa berbentuk kata benda atau sebuah peribahasa yang bisa menggambarkan arti dari gagasan yang ingin diutarakan oleh penutur.

Gambar Via: pinterest.com

Dengan membandingkan gagasan dengan sebuah perumpamaan membuat kesan dari arti yang ingin diutarakan oleh penutur lebih berkesan, dan menarik untuk pendengar atau lawan bicara. Berbeda halnya dengan majas simile, pengungkapan gaya penuturan dengan majas asosiasi menyampaikan arti secara implisit yang tidak dijelaskan oleh penutur tetapi diartikan sendiri oleh lawan bicara. Ini jadi menarik, lantaran bisa saja arti hanya dipahami oleh penutur serta beragam macam penafsiran bisa disimpulkan oleh pendengar yang mungkin saja tidak akan pernah paham arti aslinya. Majas asosiasi memiiki kemiripan dengan majas simile dalam penggunaan kata-kata penghubung perbandingan, seperti, ibarat, bagai, dan sebagainya. Dan, agar lebih jelas lagi tentang majas asosiasi, maka simaklah beberapa contoh kalimat yang menggunakan majas asosiasi di bawah ini:

Contoh dalam Kalimat:

1. Rambutnya ikal seperti ombak yang menari-nari di lautan.

Penjelasan:

Kalimat di atas membandingkan bentuk rambut seseorang dengan ombak yang menari-nari di lautan. Kedua hal tersebut sangatlah berbeda jauh dalam soal sifat, jenis, serta karakteristik benda. Hanya saja dalam hal ini rambut ikal tersebut disandingkan dengan ombak dalam hal kesamaan wujud atau bentuknya. Hingga rambut ikal itu bisa diimajinasikan sama seperti bentuk ombak yang menari di lautan.

Selanjutnya, Anda bisa perhatikan kembali contoh majas asosiasi dalam kalimat pada contoh 2 sampai 50 di bawah ini:

2. Bola matanya begitu besar bagaikan seperti pimpong.
3. Parasnya bercahanya bagaikan bulan purnama di malam hari.
4. Wajahnya begitu pucat bagaikan mayat hidup.
5. Ia memiliki rambut yang sangat keras seperti sapu ijuk.
6. Poni rambutnya melambai-lambai seperti gorden jendela.
7. Hidungnya sangat panjang dan besar seperti buah mentimun.
8. Kepalanya bulat menyerupai buah semangka.
9. Kulitnya sangat lembut dan halus seperti salju.
10. Badut itu memiliki hidung sangat sangat lucu seperti tahu bulat.

Gambar Via: hello-pet.com

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan