Home Ensiklopedia Contoh Naskah Pidato Tema Sumpah Pemuda Terbaru 2016

Contoh Naskah Pidato Tema Sumpah Pemuda Terbaru 2016

SHARE

Naskah Pidato Singkat Mengenai Sumpah Pemuda

Contoh Naskah Pidato tentang Sumpah Pemuda Panjang

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada Ayah Kepala Sekolah yang saya hormati, Ayah wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tidak lupa juga pada bebrapa rekanan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja serta puji sukur kita kehadirat Allah SWT. Yang sudah memberi enaknya berbentuk kesehatan hingga pada saat ini kita dapat berkumpul di sini dalam rencana memperingati hari sumpah pemuda.

Rekan-rekan serta hadirin yang saya cintai.

Bila kita lihat fakta saat ini, beberapa orang yang dimanjakan oleh jaman. Perkembangan teknologi yang makin tinggi ini makin “meninabobokan” kita hingga tertidur lelap.

Telivisi udah menggunakan remote, handphone udah mempunyai sarana yang komplit. Kendaraan yang udah makin komplit serta banyak. Semua serba dapat kita dapatkan di jaman saat ini.

Tetapi di balik seluruh itu keluar sebuah rutinitas baru yakni rutinitas bermalas-malasan. Seluruh keringanan bikin kita malas untuk lakukan beberapa hal yang dikira susah.

Bila hal semacam ini kita biarlah pastinya dapaknya bakal amat jelek untuk mereka serta masa-masa depan mereka. Kita untuk golongan muda harus juga mewaspadai penyakit malas ini.

Penyakit malas ini amat beresiko untuk masa-masa depan kita. Makin lama kemalasan bakal bikin kita tidak dapat berbuat apa-apa saat kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

loading...

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, dari itu mulai sekarang marilah kita singsingkan lengan pakaian serta bangkitkan semangat kita. Janganlah dibiarkan rasa malas membelenggu kita.

Janganlah dibiarkan rasa malas mengungkung kita hingga kita jadi generasi pengecut, jadi generasi yang lemah serta tidak dapat berbuat apa-apa.

Kita mesti dapat jadi generasi yang dapat dihandalkan serta dibanggakan. Kita mesti dapat jadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa-masa muda yaitu masa-masa yang penuh semangat, masa-masa muda yaitu masa-masa yang penuh gairah.

Mari kita melakukan tindakan ke arah yang positif. Kita buat diri kita jadi contoh kebaikan yang dapat menularkan semangat pada bebrapa rekanan kita yang lain.

Mungkin saja sampai disini yang bisa saya berikan, mudah-mudahan lain waktu kita dapat bersua lagi. Minta maaf bila ada salah kata atau kalimat yang kurang sudi.
Saya katakan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Baca juga: Contoh Pidato Beragam Tema

Naskah Pidato Sumpah Pemuda Singkat

tek pidato sumpah pemuda

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Saudara-saudara sebangsa serta setanah Air, yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja serta puji sukur kehadirat Allah Swt, lantaran saat pagi hari ini kita dapat berkumpul ditempat ini manfaat memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Saudara-saudara sebangsa serta setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Pagi ini tepatnya tanggai 28 Oktober th. …. seluruh susunan bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda. Pala tanggal terbut memiliki arti terutama dalam sejarah bangsa, lantaran generasi muda mengadakan konggres II di Jakarta mengikrarkan Sumpah Sakti yang mengikat persatuan serta kesatuan bangsa. Adapaun isi sumpah pemuda yaitu sebagai berikut

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia.
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bhs Indonesia.
Begitulah ikrar Sumpah Pemuda yang sudah di kenal oleh seluruh Lipisan bangsa Indonesia. Dengan memperingati hari Sumpah Pemuda yang terutama untuk kita seluruh yaitu sebaiknya kita jadi pemuda yang aktif dalam turut berperan serta dalam pembangunan pada masa-masa saat ini.

Saudara-saudara sebangsa serta setanah air Indonesia, yang berbahagia.

Sekian pidato saya dalam peringatan hari Sumpah Pemuda, semoga generasi makin semangat dalam melakukan beragam kegiatan yang positif. Kira-kira kami minta maaf, Ihdinash shiraathal mustaqiim.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Naskah Pidato Sumpah Pemuda

Assalamu’alaikum Wr. Wb

(tentukan muqoddimah pidato yang anda gemari)

Bapak-bapak, ibu-ibu dan beberapa hadirin yang berbahagia!
Tidak ada sepatah katapun yang pantas kita katakan saat pagi yang cerah ini terkecuali perkataan tahmid serta tasyakkur kehadirat Allah SWT.

Lantaran cuma dengan inayah serta ma’unah-Nya kita seluruh bisa berkumpul di lapangan ini untuk memperingati hari yang amat bersejarah untuk semua bangsa Indonesia terutama untuk kawula muda, yakni Peringatan Hari Sumpah Pemuda tepatnya tanggal 28 oktober th. ini.

Tiap tanggal 28 oktober bangsa Indonesia terutama untuk kawula muda sudah memperingati hari yang bersejarah itu, lantaran pada tanggal 28 oktober th. 1982 yang silam, beberapa pemuda Indonesia sudah mengadakan kongres yang ke II di Jakarta dengan mengikrarkan sumpah sakti sebagai tali pengikat persatuan serta kesatuan bangsa. Sumpah sakti yang sebagai tali pengikat persatuan serta kesatuan bangsa itu kemudia di kenal dengan Sumpah Pemuda.

Mengenai isi dari Sumpah Pemuda sebagai pengikraran pada kongres ke II itu yaitu sebagai berikut ini :

Kami putra putri bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia
Kami putra putri bangsa Indonesia, berbahasa satu bhs Indonesia

Dalam memperingati hari sumpah pemuda, kita sebagai bangsa Indonesia terutama kawula muda yang sudah nikmati serta mewarisi kemerdekaan ini, marilah kita tingkatkan semangat nasionalisme yang tinggi, semangat cinta tanah air yang membaja.

Dengan sumpah pemuda itu juga, marilah kita tingkatkan persatuan serta kesatuan bangs, kita tingkatkan ukhuway islamiyah, kita pupuk kesetiakawanan di antara kita, untuk bertindak aktif dalam pembangunan yang hadapi masa tinggal landas ini.

Serta dengan semangat Sumpah Pemuda ini juga, sebaiknya kita jadi pemuda yang tangguh, tahan uji, pemuda yang kreatif, pemuda yang aktif bertindak dalam pembangunan serta menyelenggarakan pembangunan negara serta bangsa untuk menuju negara yang adil makmur sentosa, Gemah Ripah Loh Jinawe.

Karenanya, tangan pemudalah maju mundurnya atau hidup matinya sebuah negara. Karenanya bersiaplah kita mulai sedini mungkin saja terima estafet perjuangan serta kepemimpinan dari generasi tua. Cermati deskripsi yang didapatkan dari seseorang pujangga Islam Mustafa Al-Ghulayani :

” INAA FII FADISY SYUBBAANI AMROL UMMATI WAFII AQDAAMIHIM HAYAATAHAA “

Artinya :
” Sebenarnya masalah bangsa serta negara yaitu di tangan beberapa pemuda. Serta ditelapak kaki merekalah hidupnya sebuah bangsa “.

Sekali lagi, kita didalam memperingati hari sumpah pemuda ini marilah kita galang persatuan serta kesatuan, tingkatkan semangat kepemudaan, jadilah pemuda yang kreatif dalam pembangunan periode panjang step dua ini, jadilah pemuda yang patuh pada Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri pada nusa bangsa tanpa pamrih apa pun.

Naskah Pidato Sumpah Pemuda untuk di Sekolah

Assalamualaikum Wr wb.

Ayah Ibu Guru yang saya hormati, dan rekan-rekan beberapa pemuda-pemudi Indonesia yang saya banggakan.

Perkenankan saya untuk memberi pidato singkat tentang sumpah pemuda. Sumpah Pemuda adalah bukti otentik kalau pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan.

Oleh karenanya semestinya semua rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini adalah buah dari perjuangan rakyat yang sepanjang beberapa ratus th.

Tertindas di bawah kekuasaan golongan kolonialis pada ketika itu, keadaan ketertindasan berikut yang lantas mendorong beberapa pemuda pada ketika itu untuk membulatkan kemauan untuk mengangkat harkat serta martabat hidup orang Indonesia asli, kemauan berikut sebagai prinsip perjuangan rakyat Indonesia sampai sukses meraih kemerdekaannya 17 th. lantas yakni pada 17 Agustus 1945.

Ayah Ibu Guru yang saya hormati, dan rekan-rekan beberapa pemuda-pemudi Indonesia penerus bangsa.

Pada sekarang, di jaman globalisasi ini. Tantangan kita, beberapa pemuda, penerus bangsa sangat berat. Kita sebagai masa-masa depan bangsa ini mesti dapat menyatu bangun negeri terkasih ini.

Sebagai pelajar yaitu pekerjaan kita untuk belajar, tidak cuma belajar ilmu dan pengetahuan serta tehnologi, namun kita harus juga belajar tentang norma hidup, moral serta kepribadian.

Hingga nantinya bangsa kita tidak cuma maju di bagian ilmu dan pengetahuan serta tehnologi, namun juga jadi bangsa yang bermoral serta berakhlak mulia, jauh dari korupsi.

Untuk menjawab tantangan masa-masa depan yang makin berat, diperlukan pemuda yang kreatif serta inovatif. Saya sangka pemuda Indonesia tantangan kita makin hari makin berat.

Masa-masa depan saat ini benar-benar ditetapkan kreatifitas kita, oleh inovasi-inovasi yang benar-benar bersumber pada fikiran-pikiran yang sehat serta fresh.

Ayah Ibu Guru yang saya hormati, dan rekan-rekan beberapa pemuda-pemudi Indonesia.

Sekarang kita saksikan semangat sumpah pemuda makin luntur. Kita saksikan di mana-mana terjadi tawuran pelajar, terjadi pertikaian antar warga, pertiakaian pada pemuda.

Makin hilang semangat menyatu. Lewat pidato ini, saya mengajak rekan-rekan, mari kita mulai bergerak, tanamkan dalam hati, mari kita kembali tegakkan nilai-nilai sumpah pemuda, mari kita menyatu, berbarengan bangun serta menajukan negeri terkasih ini.

Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, dapat dapat dikatakan, ”Semangat Sumpah Pemuda yaitu semangat ikhlas ’berjoeang’, ’berjoeang’ mati- matian dengan penuh idealisme serta dengan tidak pedulikan semua kebutuhan sendiri.

Semangat Sumpah Pemuda yaitu semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tidak ada mengecualikan suatu hal kelompok serta susunan.

Semangat Sumpah Pemuda yaitu semangat membuat serta bangun negara. Serta, pada saat saat ini terlihat tanda tanda kelunturan serta degenerasi, kikislah bersih seluruh kuman kelunturan serta degenerasi itu, hidupkanlah kembali semangat Sumpah Pemuda itu. ”

Sekianlah pidato singkat saya di hari sumpah pemuda ini..

Wassalamualaikum wr wb.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan