Gambar Via: p-dit.com

Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Paragraf Deskripsi

Posted on

Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi – Paragraf deskripsi yaitu satu buah paragraf yang melukiskan atau menggambarkan satu buah objek spesifik lewat kata-kata yang dapat merangsang panca indera hingga pembaca seakan-akan melihat atau merasakan sendiri benda objek yang digambarkan oleh penulis.

Aspek-aspek yang digambarkan bisa berbentuk karakterstik, kondisi, sifat atau perasaan yang dimiliki oleh objek itu. Tujuan paragarf deskripsi yaitu memberi gambaran utuh pada pembacanya supaya mereka tahu apa yang sedang dibicarakan dengan jelas baik dalam soal bentuk fisik maupun bentuk yang abstrak seperti sikap, rasa dan sebagainya.

Paragraf deskripsi adalah hasil observasi atau pengamatan, jadi informasi yang dipakai untuk menggambarkan sebuah benda atau objek mesti jelas serta sesuai fakta serta data yang ada pada objek tertentu.

Ciri-Ciri Paragraf Deskripsi

Gambar Via: simaharja-store.blogspot.co.id
  • Melukiskan atau menggambarkan sebuah objek seperti benda, tempat, atau situasi spesifik.
  • Melibatkan panca indra (pendengaran, penglihatan, penciuman, pengecapan, serta perabaan).
  • Menjelaskan ciri fisik serta karakter objek spesifik seperti warna, ukuran, bentuk, serta kepribadian secara terperinci.
  • Banyak ditemukan kalimat atau frase yang bermakna kondisi atau kata sifat.

Pengembangan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi bisa dikembangkan jadi 3 jenis paragraf, yakni paragraf deskripsi spatial, subjektif serta objektif.

Deskripsi Spatial

Gambar Via: suppbloglulink2.xyzo.ga

Paragraf ini melukiskan atau menggambarkan sebuah objek yang berbentuk ruang atau tempat.

Contoh:

Ruangan berukuran 7m x 8m ini sungguh sangat nyaman ditempati. Dindingnya dicat dengan warna putih dengan sedikit corak hitam pada bagian bawahnya. 3 buah sofa empuk berwarna biru dan sebuah meja kayu diletakkan di tengah-tengah ruangan. Sebuah rak buku yang lumayan besar diletakan di pojok ruangan bersandar pada dinding. Disana banyak terdapat buku-buku seperti majalah, buku pelajaran, novel yang disusun dengan rapih dan urut. Sebuah pot yang berisi pohon palem kecil disandingkan dengan rak buku itu yang seakan-akan menyatu dengan rak buku yang dicat dengan warna hijau muda. Sirkulasi udara di dalam ruangan itu sangat lancar karena memiliki 2 buah jendela yang cukup besar. Diluar ruangan, terdapat sebuah taman bunga kecil berukuran 3m x 4m yang ditanami beberapa tanaman hias seperti mawar, melati dan bougenvil. Indahnya taman bunga itu turut menambah kesejukan suasana di ruang OSIS SMA N 3 Suka Maju.

Deskripsi Subjektif

Gambar Via: purnagraha.ac.id

Paragraf ini memuat gambaran atau lukisan objek yang didasarkan tafsiran atau kesan perasaan penulisnya. Penulis menggambarkan objek itu dengan opini atau kesan pribadinya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan