Contoh Pembukaan Pidato dengan Berbagai Bahasa

Contoh Pembukaan Pidato dengan Berbagai Bahasa

Pembukaan Pidato – Pengertian Pidato, Pidato yaitu suatu ucapan yang harus memperhatikan susunan kata yang baik untuk di sampaikan pada orang banyak. Dalam KBBI, pidato bisa di definisikan sebagai pengungkapan pikiran berbentuk kata yang ditujukan pada orang banyak atau wacana yang sengaja disiapkan untuk dibacakan di depan khalayak.

Pidato yang baik dan benar akan terlihat pada reaksi orang yang mendengar pidato tersebut. Karena tujuan pidato memang untuk mempengaruhi orang lain supaya mau mengikuti apa yang kita perintahkan.

Beragam Macam Jenis Pidato

Gambar Via: borneochannel.com

Ada beberapa jenis pidato bila ditinjau berdasarkan dari sifat isi pidato, yaitu:

  • Pidato pembukaan
  • Pidato pengarahan
  • Pidato sambutan
  • Pidato peresmian
  • Pidato laporan
  • Pidato pertanggungjawaban

Contoh Pembukaan Pidato

Contoh Pembukaan Teks Pidato yang Baik dan Benar

Bagian salam pembuka dan doa.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan nikmatnya, maka kita semua masih tetap dapat berkumpul di tempat ini tanpa ada halangan sedikitpun dan dalam kondisi sehat walafiat. Tidak lupa sholawat dan salam tetap kita curah limpahkan pada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa kita ke luar dari zaman kegelapan menuju ke zaman yang terang benderang saat ini, yaitu agama Islam. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaatnya pada yaumil akhir nantinya, aamiin.

(Bagian Isi)

……………………………

Contoh Teks Pembukaan Pidato Perkenalan Diri

Gambar Via: squline.com

Bagian salam pembuka dan doa.

Wahai para pemuda

Bagaimana kabar kalian? Saya yakin kalian semua dalam kondisi sehat walafiat. Sebelumnya apakah kalian sudah mengenal saya? Ada pepatah yang menyampaikan, kalau tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu, saya akan perkenalkan diri saya terlebih dulu. Nama saya Riby Charezzi, saya biasa di panggil Riby. Saya lahir pada tanggal 23 Mei 1992 di Balikpapan. Kegiatan yang saya lakukan saat ini yaitu berbisnis. Apakah kalian mau jadi pebisnis seperti saya?

Kalau begitu, dalam kesempatan ini akan saya ceritakan beberapa pengalaman pahit saya dalam membangun usaha. Harapannya mudah-mudahan kalian nanti bisa termotivasi saat akan menekuni bidang ini.

(Bagian Isi)

……………………………

Contoh Pembukaan Teks Pidato Lucu dan Menarik

Bagian salam pembuka dan doa

Pernahkah kita menyadari mengapa tiap pebisnis mempunyai tubuh yang lebih subur, dibanding dengan para pegawainya? Hal semacam ini masih jadi misteri untuk saya, kenapa hal itu bisa terjadi? Tetapi setelah saya cari tahu dan bertanya pada teman-teman pebisnis saya, ternyata hal itu tidak lain dan tidak bukan adalah karena tiap pebisnis kerjanya cuma tidur. Mereka tidak perlu bekerja karena uanglah yang bekerja untuk mereka. Sedangkan para pegawai? Harus bekerja pagi, siang, sore, malam sehingga menguras waktu dan tenaga mereka. Akibatnya mereka jadi kurus, ironis bukan?

Oleh sebab itu, melalui pidato singkat ini saya akan menyampaikan betapa pentingnya menumbuhkan jiwa entrepreneur di dalam diri kita ini. Supaya nantinya kita bisa jadi orang yang sukses serta mempunyai perut yang subur juga pastinya. Hehe

(Bagian Isi)

……………………………

Contoh Pembukaan Teks Pidato Ilustrasi

Gambar Via: kabarinews.com

Bagian salam pembuka dan doa

Hadirin yang berbahagia,

Sebelum saya bicara panjang lebar, lihatlah apa yang sudah terjadi di sekitar kita pada saat ini. Sampah berserakan dimana-mana. Bukankah hal semacam ini yang bisa mengganggu pemandangan, bahkan juga kita semua tahu kalau sampah adalah sumber bencana untuk kita? Sampah dapat menyebabkan penyakit lewat udara yang kita hirup. Bisakah kita membayangkan bila setiap hari kita hirup udara yang kotor yang dihasilkan oleh sampah? Pastinya hal semacam ini sangat membahayakan untuk kita semua.

Oleh sebab itu, lewat pidato singkat ini saya akan mengingatkan pada kalian semua betapa pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal kita, agar senantiasa bersih. Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan ini bisa berguna untuk kita semua.

(Bagian Isi)

……………………………

Contoh Pembukaan Teks Pidato Berdasarkan Sejarah

Gambar Via: rosodaras.wordpress.com

Bagian salam pembuka dan doa

Hadirin sekalian,

Tepat hari ini, yaitu tanggal 10 November. Para pendahulu kita telah berjuang serta mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir para penjajah dari tanah kita ini, Indonesia. Mereka dengan gagah berani melawan pasukan sekutu yang terus membombardir Surabaya dari darat, laut, dan udara. Tetapi tekad mereka tidak pernah goyah, mereka tetap berani memperjuangkan harga diri bangsa ini. Walaupun mereka kalah jumlah, kalah persenjataan, tetapi mereka tetap bersatu untuk mewujudkan satu cita yakni merdekanya Negara Indonesia.

Oleh sebab itu, pada tanggal 10 November ini, saya akan menyampaikan satu pidato singkat dalam rangka untuk memperingati Hari Pahlawan agar kita dapat meneladani semangat perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan yang sudah diwariskan pada kita saat ini.

(Bagian Isi)

……………………………

Contoh Pembukaan Teks Pidato Bahasa Inggris

Gambar Via: sisidunia.com

Good morning everyone.

First of all, Let us say thanks to Allah SWT, which has given guidance and blessing to us, therefore we can gather here to celebrate ……………, without hindrance of any. Our Sholawat and greeting are always delivered on our Great Prophet Muhammad SAW, which has brought us from darkness to brighter.

Contoh Mukadimah Pidato Bahasa Arab

Mukadimah adalah bagian pengantar atau pendahuluan dalam sebuah pidato. Istilah mukadimah ini dipakai untuk menyebut bagian kata pengantar atau pendahuluan pada suatu tulisan seperti makalah, buku, dan lain-lain.

Walaupun hanya sebagai kata pengantar, tetapi mukadimah ini mempunyai peran yang sangat penting untuk menarik minat pendengar untuk mendengarkan kelanjutan satu buah pidato yang disampaikan. Mukadimah sebaiknya dibuat semenarik mungkin, supaya orang yang mendengarkannya tertarik untuk memperhatikan kelanjutan isi pidatonya.

Satu mukadimah juga tidak boleh panjang dan bertele-tele, sehingga isi pidato tidak tersampaikan dengan baik nantinya. Mukadimah sebaiknya singkat, padat, dan jelas. Lantas disambung dengan pokok pidato yang akan di sampaikan.

Berikut ini contoh mukadimah pidato dalam Bahasa Arab:

Gambar Via: aswajaonline.com

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛

Dan itulah pembahasan kami mengenai Contoh Pembukaan dalam Sebuah Pidato, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Contoh Pembukaan Pidato di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari referensi untuk menulis pembukaan dalam sebuah pidato, dan pastinya untuk lebih mengerti lagi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Pidato. Semoga kamu juga jadi semakin mencintai Bahasa Indonesia, ya. [sn]

Loading...
1