Home Ensiklopedia Contoh Pidato Lengkap 2016 Beragam Tema

Contoh Pidato Lengkap 2016 Beragam Tema

SHARE

Pengertian serta Arti Pidato :

Pidato yaitu satu kegiatan bicara di depan umum lewat cara spesifik untuk meraih maksud spesifik juga.

Pidato juga umumnya dibawakan oleh seorang yang memberi orasi-orasi serta pernyataan sebuah hal atau momen yang perlu serta pantas diperbincangkan.

Pidato juga adalah satu diantara materi perlu dalam pelajaran Bhs Indonesia.

Contoh Pidato

contoh-pidato

Contoh Pidato Kegiatan Masyarakat –

Sebaik-baiknya manusia yaitu manusia yang berguna untuk orang lain serta orang-orang lingkungan kurang lebih kita khusunya, terutama bila kita kerap berbaur serta turut dan dalam bebrapa kegiatan yang ada didalam orang-orang.

Oleh karena itu, untuk kita beberapa golongan muda mudi penerus bangsa janganlah sungkan untuk bergaul dengan orang-orang.

Untuk kalian yang tengah mau memberikan jati dirinya pada orang-orang kurang lebih, topik pada saat ini yaitu pidato mengenai kegiatan orang-orang, yang umumnya dibawakan oleh beberapa golongan pemuda serta pemudi.

berikut ini yaitu contoh pidato mengenai kegiatan orang-orang :
Contoh Pidato Kegiatan Masyarakat :

Image result for kegiatan masyarakat

Pembukaan Pidato Kegiatan Lingkungan Masyarakat :

loading...

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita bersukur ke hadirat Tuhan Yang Mahaesa. Atas izin serta enaknya kita dapat ada dalam rencana pembukaan proses “Program Komunitas Warga” di daerah kita ini.

Saya mengatakan terima kasih yang sebesar-besarnya pada beragam pihak yang sudah ada dalam kegiatan kita kesempatan ini. Kami sebagai paniti mengatakan terima kasih pada ayah Bupati, beberapa Camat, dan beberapa Lurah yang meluangkan ada dalam peluang kita ini.

Isi Pidato kegiatan Lingkungan Orang-orang :

Seperti Ibu serta Ayah pahami, pengembangan serta pemberdayaan orang-orang ke arah yang tambah baik menutut dibukanya kebebasan warga. Biarlah mereka memikirkan serta memiliki pendapat bebas pada seluruh permasalahan yang terjadi di sekitar mereka. Termasuk juga dalam memastikan langkah merampungkan masalah yang ada.

Hadirin yang saya hormati,

Contoh yang lebih konkrit umpamanya di lokasi kelurahan atau desa kita. Disini, seluruh warga orang-orang mesti tahu apakah grup miskin, pengangguran, anak putus sekolah di sekitar kita makin bertambah, tetap atau makin menyusut tiap th..

Bukanlah itu saja, kita juga memiliki hak tahu mengenai kebersihan, keamanan serta kenyamanan hidup bertetangga. Pokoknya seluruh yang terkait dengan hidup bermasyarakat mesti di ketahui, diakui serta diakukan secara berbarengan.

Pilihan yang paling pas untuk dapat “hidup bersama-sama” seperti itu yaitu berjumpa semua warga atau unsur-unsur warga pada satu lingkungan untuk berdialog atau bicara secara terbuka, transparan serta demokratis.

Dalam pertemuan ini warga bakal tahu kenapa serta bagaimana gagasan kerja pemerintah, berapakah dana yang dipunyai, dari tempat mana sumber dana itu manfaat tingkatkan kemampuan kesejahteraan warganya.

contoh pidato mengenai kegiatan masyarakat

Pertemuan ini dapat mempunyai tujuan untuk tingkatkan pemahaman antar grup agama, antaretis, juga antar generasi, bahakan diinginkan dapat merajut hubungan kerja untuk kesejahteraan berbarengan. Pertemuan antar warga serta unsur-unsur warga yang diselenggarakan sampai kini tidak ada lain adalah untuk mengulas persoalan serta pemicunya, berencana kegiatan pemecahan, sampai mengevaluasi hasil kegiatan. Berikut yang kerap diberi nama “Forum Warga”.

kegiatan seperti ini sesungguhnya udah jadi kebiasaan orang-orang nusantara mulai sejak dahulu. Yang umum dikenal dengan “rempug desa” di desa-desa.

Komunitas ini tidaklah sebuah grup organisasi dengan susunan resmi. Ini hanya arti untuk menamakan sebuah kegiatan pertemuan teratur warga manfaat menangani masalah serta tingkatkan kerja sama antar warga bermasyarakat.

Penutup Pidato kegiatan Lingkungan Orang-orang :

Sekianlah pidato yang saya bisa berikan. Kami minta maaf bila ada kekurangan sepanjang acara kegiatan pembukaan ini, mudah-mudahan Tuhan Yang Maha Esa memberkati kemauan baik kita. Tidak hanya itu, mudah-mudahan kegiatan Komunitas warga ini yang akan datang bisa terlaksanakan dengan baik. Amin.

Atas semua perhatiannya saya katakan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Karenanya ada contoh pidato mengenai kegiatan masyarakat di atas mudah-mudahan sahabat Satu Bhs dapat melatih diri serta memberikan bakat-bakat terpendamnya pada orang-orang kurang lebih. Apabila belum terasa dapat janganlah berhenti untuk selalu melatih diri. semangat!

Contoh Pidato Perpisahan SMA

Image result for perpisahan sma

Pidato Perpisahan SMA – Pada saat ini sahabat dapat membaca lebih jauh mengenai contoh teks pidato perpisahan sekolah kelas XII, sahabat tentu udah amat tahu mengenai masa di sekolah, terutama masa SMA.

lantaran di masa-masa ini sahabat bakal temukan beragam hal yang baru serta tahu arti dari satu pertemuan serta perpisahan.

Tentunya sahabat juga inginkan perpisahan yang mengesankan, oleh karena itu pada saat ini secara khusus memberikan contoh teks pidato mengenai perpisahan SMA.

Baiklah langsung saja sahabat dapat saksikan contoh pidatonya berikut ini.

Pidato Perpisahan SMA

Pembukaan Pidato Perpisahan SMA :

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Yang terhormat Ayah serta Ibu guru SMAN Losari.

Rekan rekan kelas 12 angkatan (….) terutama rekan rekan 12 IPS 3 yang saya sayangi.

Pertama marilah kita panjatkan puji sukur kehadirat Allah Yang Maha Esa lantaran pada hari yang indah serta cerah ini kita seluruh bisa berkumpul untuk merayakan “Kelulusan serta Perpisahan Murid SMAN Losari.

Ke-2, terima kasih pada panitia yang sudah mengizinkan saya untuk berdiri disini mengemukakan salam perpisahan di depan hadirin sekalian.

Ketiga, selamat untuk kita seluruh! Kita sudah sukses lulus pada akhirnya. Hari-hari penuh ujian yang amat demikian menegangkan saat ini udah selesai. Kita bukanlah anak SMA lagi. Kita kan meninggalkan sekolah ini serta berpisah.

Isi Pidato Perpisahan SMA :

Perpisahan, tiap ada pertemuan tentu ada perpisahan. Rata-rata dari kita tentu baru berjumpa serta berteamna akrab ketika bersekolah disini. Mungkin saja ada juga yang udah berteman mulai sejak SMP, atau mulai sejak SD.

Alangkah sukanya jika pertemanan yang sudah kita jalin sepanjang tiga th. ini bisa bertahan selama-lamanya, tidak tergoyahkan oleh apa pun.

Tetapi tidak bisa kita ingkari kalau bersamaan dengan berjalannya kehidupan kita, bersamaan dengan datanya beberapa hal baru kelak seperti kuliah, kerja, menikah, juga bersamaan dengan datanya orang orang baru, rekan baru, cowok baru, cewek baru, perpisahan memanglah hal yang wajar terjadi.

Mungkin saja diantara kita ada yang terasa bergairah alami perpisahan lantaran yang ia tunggulah sampai kini yaitu beberapa hal baru yang tampak lebih mengasyikkan di banding beberapa hal yang menjemukan disini.

Walau demikian, mungkin saja di segi yang tidak sama, ada yang terasa amat sedih lantaran sudah alami beberapa hal mengasyikkan disini serta memiliki banyak masa lalu indah.

Rekan-rekan yang saya cintai, saat sebelum kita terlambat mengerti kalau saat tadk bisa diputar kembali serta saat sebelum kita menyesal lantaran sudah menyia-nyiakan masa-masa SMA kita tanpa alami satu juga hal bernilai.

buat masa lalu sebanyak mungkin. Kerjakan apa yang mau kita kerjakan. Katakan lah apa yang mau kita katakan. Katakanlah pada guru yang sangat kaku dalam mengajar untuk lebih enjoy.

Katakanlah pada cewek-cewek berisik yang terasa sok cantik serta popular kalau otak lebih perlu di banding tampilan. Katakanlah pada cowok cowok cupu di sekolah untuk lebih yakin diri. Katakanlah pada orang yagn kita cinta kalau kita memanglah mencintainya.

It is now or Never, friends! Come on! As time goes by, memory remains. Seiring waktu berjalan, cuma kenanganlah yang tersisa.

Penutup Pidato :

Paling akhir, saya kutip dari film cinta pertama yang dimainkan oleh Bunga Citra Lestari serta Benjamin Josua kalau memanglah pertemuan tidak ada yang kekal. Namun saya yakin, seperti pertemuan, perpisahan juga tidak ada yang kekal.

Janganlah lupakan tiap hal bernilai yang sudah kita alami sepanjang bersekolah tiga th. disini. Taruhlah masa lalu itu dalam hati kita smua.

Selamat berpisah! Selamat lantaran sudah jadi bukanlah anak SMA lagi. Jaga diri kalian yang kuliah jauh dari orangtua.

Demikian pidato yang saya berikan. Minta maaf jika ada salah kata.

Mudah-mudahan contoh teks pidato mengenai perpisahan SMA di atas semakin lebih membawa kesan istimewa di hari perpisahan SMA sahabat seluruh serta pastinya sahabat bakal terasa memiliki arti perlu dihari itu lantaran udah membawakan pidato perpisahan sekolah untuk perwakilan rekan-rekan seluruh. Janganlah lupa baca juga teks pidato yang lain.

Contoh Pidato Hari Kemerdekaan

Image result for hari kemerdekaan

Contoh Naskah Pidato Peringatan 17 Agustus – Selamat HUT RI sahabat satu bhs, mudah-mudahan nantinya Indonesia tambah baik lagi serta di segani oleh negara-negara lain. Pada saat yang bahagia serta merdeka ini satu bhs bakal memberi naskah pidato mengenai 17 Agustus.

Jelas karenanya ada contoh naskah pidato ini sahabat semakin lebih gampang dalam berpidato mengenai kemerdekaan RI. Untuk sahabat yang tengah mencari contoh naskah 17 Agustus, berikut ketika yang pas untuk sahabat menjadikan bahan atau contoh pidato yang bakal dibawakan, berikut ini yaitu misalnya :

Contoh Naskah Pidato Peringatan 17 Agustus :

Pembukaan Pidato :

Salam,

Bapak-bapak serta Ibu-ibu
Pada hari ini kita bersukur pada Tuhan Yang Maha Esa kalau kita bisa berkumpul disini untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- (…).

Isi Pidato :

Di hari yang amat berbahagia ini, saya mau sharing sedikit renungan pada ayah serta ibu sekalian, tentang nilai baik yang bisa kita ambillah dari orang-orang negara lain yakni jepang.

Kalau “Nilai itu yaitu bagaimana wujudkan sebuah target”. Kita seluruh pastinya mesti bekerja lantaran begitu kita bisa hidup. Walau demikian pandangan orang lain pada pekerjaannya ada yang berbeda.

Ada yang berasumsi kalau pekerjaannya yaitu hukuman, hingga banyak yang berkata “ I Hate Monday”, namun ada pula yang berasumsi pekerjaannya yaitu hoby, hingga seseorang profesor di jepang amat menyarankan supaya kita menyukai pekerjaan kita hingga tampak seperti hoby kita sendiri.

Saya sendiri sukai melihat film serta kesempatan ini bakal mengajak ayah serta ibu mengulas satu film, yakni “Episode Project X”. Di mana dalam satu peluang ada satu filosofi seseorang peneliti jepang yang terkesan di hati saya.

Apa arti pekerjaan atau riset untuk anda? Beliau mengibaratkan inspirasi atau kreatifitas itu sebagai anak. Ketika kita diberi karunia anak, kita amat bersukur tentunya. Anak itu kita rawat dengan kasih sayang.

Bila baik kita puji. Bila nakal kita ingatkan. Setiap hari kita mencucurkan keringat, bekerja supaya kita dapat menghidupi anak serta istri kita.

Selang beberapa puluh th., barulah kita lihat jerih payah kita itu. Pastinya kita bakal amat berbahagia bila anak kita sukses di sekolah, ber akhlak baik. Sama seperti dengan inspirasi atau kreatifitas.

Didalam film itu beliau mengemukakan kalau :
“cintailah inspirasi itu seperti engkau menyukai anakmu sendiri”.

Ayah serta ibu,

Bangsa kita tidaklah kalah dengan bangsa Jepang ataupun bangsa lain. Banyak rekanan kita yang berprestasi di komunitas internasional. Jadi, secara potensi kita tidak kalah. Cuma saja ada satu kekurangan yang saya rasakan. Kita tidak sangat telaten dalam meraih sebuah tujuan.

Di Indonesia kerapkali kegiatan dikerjakan secara mendadak serta kurang terencana dengan baik. Hingga hasil yang diraih juga tidak maksimal serta cuma menguber normalitas belaka.

Barang kali hal semacam ini terjadi lantaran kita kurang menyukai kegiatan atau pekerjaan itu. Pastinya hal semacam ini bisa kita kurangi bila kita bisa menumbuhkan kecintaan kita pada pekerjaan kita.

Penutup Pidato :

Ayah serta ibu yang terhormat,

Sebagai penutup saya mau mengutip pesan yang pernah saya dengar dari guru saya. Kata beliau, “Kita mempunyai dua buah jam. Yang satu jam harian, yakni jam yang kerap kita gunakan sesehari di tangan. Serta yang satu lagi yaitu jam kehidupan”. Bila mau tahu jam kehidupan bagilah umur anda dengan tiga.

Biasanya umur kita ada pada kisaran 24 hingga 36. Bila dibagi 3, memiliki arti jam kehidupan kita di sini, pada 8 hingga 12. Jam 8 hingga jam 12 yaitu bebrapa saat kita lakukan kegiatan kehidupan fase pertama, pada pukul itu ayah serta ibu bakal amat aktif dalam bagian pekerjaan.

Sama saja dengan kehidupan kita. Umur 24 hingga 36 yaitu umur di mana otak kita masihlah encer serta dengan gampang terima ilmu dan pengetahuan baru. Ini yaitu umur ketika kita mencari bentuk serta meniti karier kehidupan kita.

Mudah-mudahan di umur yang sangat bernilai ini, kita bisa sukses meniti format karier kita di masa-masa mendatang.

Wassalamualaikum wr. Wb.

Contoh naskah pidato peringatan 17 Agustus di atas yaitu beberapa dari contoh pidato mengenai 17 Agustus yang kerap kita jumpai pada acara lagi th. kemerdekaan negara terkasih kita ini sahabat. Mudah-mudahan pidato di atas bisa jadikan contoh untuk berpidato untuk sahabat seluruh yang ada di Indonesia.

Contoh Pidato Ulang Tahun Sekolah

Image result for ulang tahun sekolah

Pidato Ulang Th. Sekolah – Bila sahabat semua baik siswa ataupun guru yang tengah “prepare” atau persiapan untuk berlatih pidato dalam acara lagi th. sekolah, pastinya membutuhkan bahan serta bebrapa inspirasi spesial untuk kelancaran sahabat dalam berpidato ketika sekolah anda bakal mengadakan lagi th..

Karenanya kesempatan ini anda bakal dimudahkan lantaran saya bakal memberi contoh naskah pidato mengenai lagi th. sekolah pada sahabat. Berikut ini yaitu satu diantara misalnya :

Contoh Naskah Pidato Lagi Th. Sekolah :

Pembukaan Pidato Lagi Th. Sekolah :

Assalamu’alaikum Wr. Wb..

Yang Terhormat :

Deretan muspika lokasi kec. Losari
Kepala Dinas Pendidikan serta Kebudayaan Kab. Brebes
Kepala Cabang Dinas Pendidikan serta Kebudayaan Kab. Brebes
Pengurus Komite Sekolah Kec. Losari
Dewan Guru serta Staf Tata Usaha
Tamu undangan perwakilan OSIS SMA serta SMP
Pemenang Lomba serta Beberapa Pendamping
Anak-anakku siswa-siswi SMA/SMP

Isi Pidato Lagi Th. Sekolah :

Hadirin Ayah/Ibu yang saya hormati,

Hari ini adalah hari bersejarah untuk kita seluruh sebagai sisi dari sekolah ini hingga patutlah kita untuk pertama-tama memanjatkan puji sukur kehadirat Allah SWT. Atas izin serta ridho-Nya kita seluruh masihlah bisa berjumpa serta berkumpul dalam kondisi sehat serta berbahagia untuk ikuti acara syukuran sekolah ini yang ke- (…).

Udah sepatutnya kita keduanya sama mengatakan selamat lagi th. untuk sekolah terkasih ini, mudah-mudahan Allah SWT tetap memberi perlindungan dalam perjalanan perubahan untuk bebrapa th. kedepan.

Serta mudah-mudahan jadi sekolah yang makin berkwalitas dalam masa globalisasi yang kita hadapi saat ini.

Hadirin yang saya hormati.

Dalam proses globalisasi yang kita alami berbarengan bersamaan dengan perubahan perkembangan negara kita, kita pastinya masihlah ingat bagaimana krisis untuk krisis sudah kita lewati serta bagaimana sekolah kita ini amat bertindak dalam menanggapi tuntunan perubahan di orang-orang.

Bagaimana tidak? Ketika krisis-krisis itu ada beberapa lulusan yang hingga sekarang jadi profesor serta prestasi-prestasi yang lain.

Dari lubuk hati yang amat dalam, saya berikan rasa bangga pada almamater kita ini yang dengan penuh semangat serta usaha keras menggelindingkan sebagian penambahan di beberapa segi pendidikan.

Penutup Pidato Ulang Th. Sekolah :

Hadirin yang saya hormati.

Akhir kata saya berikan sekali lagi selamat serta terima kasih pada semua warga sekolah ini, baik siswa, staf administrasi, staf pengajar, pembina OSIS, beberapa wakil kepala sekolah, bekas kepala sekolah, komite sekolah, beberapa alumni serta warga yang lain, kalau semua masihlah ingin memberi dukungannya untuk sekolah terkasih ini.

Mudah-mudahan kita bisa meraih apa yang kita cita-citakan supaya sekolah kita ini jadi satu instansi pendidikan yang bisa berkiprah di tataran regional ataupun nasional.

Wassalamualaikum wr wb…

Begitulah contoh naskah pidato mengenai lagi th. sekolah, jadi janganlah butuh sangsi untuk tampak serta membawakan pidato spesial untuk sekolah terkasih kita sahabat. Mungkin saja saat ini belum dapat walau demikian bila kita ingin berlatih serta belajar pidato, tentunya semua bakal lancar serta baik. Mudah-mudahan contoh pidato diatas berguna untuk anda

Contoh Pidato Sumpah Pemuda

Naskah Pidato Singkat Mengenai Sumpah Pemuda – Salam semangat sahabat satu bhs, mudah-mudahan masihlah diberikan semangat serta sehat senantiasa, memulai hari yang penuh semangat ini saya bakal memberi contoh naskah pidato mengenai semangat pemuda.

Pemuda itu mesti penuh semangat, oleh karena itu untuk sahabat yang tengah mencari naskah pidato mengenai sumpah pemuda, dapat langsung di baca berikut ini.

Naskah Pidato Singkat Mengenai Sumpah Pemuda

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pada Ayah Kepala Sekolah yang saya hormati, Ayah wali kelas yang saya hormati, juga dewan guru yang saya hormati, tidak lupa juga pada bebrapa rekanan kelas 3 yang saya cintai.

Pertama, marilah kita panjatkan puja serta puji sukur kita kehadirat Allah SWT. Yang sudah memberi enaknya berbentuk kesehatan hingga pada saat ini kita dapat berkumpul di sini dalam rencana memperingati hari sumpah pemuda.

Rekan-rekan serta hadirin yang saya cintai.

Bila kita lihat fakta saat ini, beberapa orang yang dimanjakan oleh jaman. Perkembangan teknologi yang makin tinggi ini makin “meninabobokan” kita hingga tertidur lelap.

Telivisi udah menggunakan remote, handphone udah mempunyai sarana yang komplit. Kendaraan yang udah makin komplit serta banyak. Semua serba dapat kita dapatkan di jaman saat ini.

Tetapi di balik seluruh itu keluar sebuah rutinitas baru yakni rutinitas bermalas-malasan. Seluruh keringanan bikin kita malas untuk lakukan beberapa hal yang dikira susah.

Bila hal semacam ini kita biarlah pastinya dapaknya bakal amat jelek untuk mereka serta masa-masa depan mereka. Kita untuk golongan muda harus juga mewaspadai penyakit malas ini.

Penyakit malas ini amat beresiko untuk masa-masa depan kita. Makin lama kemalasan bakal bikin kita tidak dapat berbuat apa-apa saat kita dihadapkan dengan kerasnya kehidupan.

Rekan-rekan saya yang saya banggakan, dari itu mulai sekarang marilah kita singsingkan lengan pakaian serta bangkitkan semangat kita. Janganlah dibiarkan rasa malas membelenggu kita.

Janganlah dibiarkan rasa malas mengungkung kita hingga kita jadi generasi pengecut, jadi generasi yang lemah serta tidak dapat berbuat apa-apa.

Kita mesti dapat jadi generasi yang dapat dihandalkan serta dibanggakan. Kita mesti dapat jadi agen pembaharu lingkungan kita. Masa-masa muda yaitu masa-masa yang penuh semangat, masa-masa muda yaitu masa-masa yang penuh gairah.

Mari kita melakukan tindakan ke arah yang positif. Kita buat diri kita jadi contoh kebaikan yang dapat menularkan semangat pada bebrapa rekanan kita yang lain.

Mungkin saja sampai disini yang bisa saya berikan, mudah-mudahan lain waktu kita dapat bersua lagi. Minta maaf bila ada salah kata atau kalimat yang kurang sudi.
Saya katakan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Mudah-mudahan naskah pidato singkat mengenai sumpah pemuda di atas bisa menumbuhkan rasa yakin diri sahabat dalam berpidato mengenai semangat pemuda. lantaran ciri pidato yang baik yaitu pidato yang karakternya penuh semangat.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan