SHARE
Gambar Via: sarungpreneur.com

Contoh Pidato Kerja Bakti – Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Gambar Via: griajkt08.wordpress.com

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.

Pengertian Pidato Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Dan di bawah ini adalah contoh dari Pidato Singkat Tentang Kerja Bakti:

Contoh Pidato Singkat

Contoh Pidato Kerja Bakti Lingkungan

Gambar Via: solopos.com

Hadirin yang Kami Hormati,

Pertama-tama marilah kita bersyukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas izin serta nikmatnya kita bisa ada dalam rangka pembukaan pelaksanaan “Program Kerja bakti lingkungan” di daerah kita ini.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya pada berbagai pihak yang sudah hadir dalam kegiatan kita kali ini. Kami sebagai paniti mengucapkan terima kasih kepada Bpk Bupati, para Camat, juga para Lurah yang menyempatkan hadir dalam kesempatan kita kali ini.

Seperti Ibu dan Bpk ketahui, pengembangan serta pemberdayaan warga ke arah yang lebih baik menutut dibukanya kebebasan masyarakat. Biarlah mereka berpikir dan berpendapat bebas pada semua masalah yang berjalan di sekitar mereka. Termasuk juga dalam memastikan cara menyelesaikan masalah yang ada.

Hadirin yang Kami Hormati,

Contoh yang lebih konkrit misalnya di lokasi kelurahan atau desa kita. Di sini, semua penduduk harus tahu apakah kelompok miskin, pengangguran, anak putus sekolah di sekitar kita semakin bertambah, tetap atau semakin berkurang tiap tahunnya. Bukan hanya itu saja, kita juga berwenang tahu menyangkut kebersihan, keamanan dan kenyamanan hidup bertetangga. Intinya semua yang berkenaan dengan hidup bermasyarakat harus diketahui, disadari dan dikerjakan dengan cara bersama-sama.

Pilihan yang paling sesuai untuk dapat “hidup bersama-sama” seperti itu yakni bertemu seluruh masyarakat atau unsur-unsur masyarakat pada satu lingkungan untuk berdialog atau bicara dengan cara terbuka, transparan dan demokratis. Dalam kesempatan kali ini masyarakat akan menyadari kenapa dan dengan cara apa ide kerja pemerintah, berapa dana yang dimiliki, dari mana sumber dana tersebut guna meningkatkan kinerja kesejahteraan warganya.

Contoh Pidato Kerja Bakti Penduduk

Gambar Via: sdnpuntukdoro3.blogspot.co.id

Pertemuan ini juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan pemahaman antar kelompok agama, antaretnis, dan antar generasi, bahkan diharapkan bisa merajut hubungan kerja untuk kesejahteraan dan kerja bakti lingkungan antar masyarakat serta unsur-unsur masyarakat yang diadakan sejauh ini tidak ada lain yaitu untuk membahas persoalan dan pemicunya, merencanakan kegiatan pemecahan, hingga mengevaluasi hasil kegiatan. Inilah yang tidak jarang disebut dengan “Forum Warga”.

Kegiatan seperti ini sesungguhnya sudah jadi rutinitas warga nusantara sejak dulu. Yang umum dikenal dengan “rempug desa” di desa-desa. Komunitas ini bukanlah satu buah kelompok organisasi dengan susunan formal. Ini hanya istilah untuk menamakan suatu kegiatan pertemuan rutin masyarakat guna menangani masalah dan meningkatkan kerja sama antar penduduk bermasyarakat.

Demikianlah pidato yang kami bisa sampaikan. Kami mohon maaf jika ada kekurangan pada saat program gerakan pembukaan ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati tekad baik kita. Tidak Hanya itu, semoga kegiatan Forum masyarakat ini ke depannya akan terlaksana dengan baik. Amin.

Atas segala perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Contoh Pidato Singkat, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Contoh Pidato Singkat di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari contoh-contoh Pidato Singkat untuk lebih mengerti lagi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Pidato Singkat. Dan, semoga kamu juga jadi semakin mencintai Bahasa Indonesia, ya. [cp]

Loading...
Loading...