Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja umumnya juga disebut application letter, surat ini tidak bisa ‘bekerja sendiri’ umumnya ia juga dilengkapi dengan dokumen pendukung yang lain, berikut adalah sebagian dokumen pendukung yang diperlukan saat anda melamar kerja.

  • CV/Daftar Riwayat Hidup / Curriculum Vitae (Wajib)
  • Pas Foto ( Biasanya 3×4 ) (wajib)
  • Fotokopi KTP (Wajib)
  • Ijazah dan Transkrip nilai Legalisir (Wajib)
  • Surat keterangan pengalaman kerja ( Jika sudah pernah bekerja) – Wajib
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) (Sesuai permintaan perusahaan)
  • SKS (Surat keterangan sehat) (Sesuai permintaan perusahaan)
  • Fotokopi Kartu Keluarga (Sesuai permintaan perusahaan)
  • Dll ( Sesuai dengan pengumuman)

Janganlah Sekali kali menyepelekan surat lamaran kerja, ini merupakan perahu anda untuk memastikan anda di panggil untuk step seterusnya atau tidak. Bila anda tak memperbaikinya, anda bakal kesusahan melirik orang yang mereview dokumen anda. Karenanya harap diperhatikan penjelasan step by step ini.


Format Resmi Surat Lamaran Kerja


lamaran kerja

Sekurang-kurangnya ada 7 bagian yang membuat surat lamaran kerja anda bakal di terima dengan baik serta mempunyai kesempatan untuk diolah setelah itu yakni :

  • Kepala surat
  • Tanggal, perihal, kepada siapa di tuju
  • Pengantar
  • Data pribadi dan kontak
  • Ketertarikan dan pengalaman
  • Lampiran data data penunjang
  • Bagian penutup
  • Berikut penjelasan dari masing masing bagian

1. Kepala Surat (Tidak Harus)

Kepala surat bisa anda pakai untuk mempermudah HRD tempat anda melamar untuk memperoleh info resmi beberapa pelamar kerja.

2. Tanggal, Perihal, serta Pada Siapa Surat di Tuju

Pojok kanan diletakkan tempat pembuatan surat serta tanggalnya. Kemudian bisa anda cantumkan perihal (tak harus). Diluar itu pada siapa surat itu di tuju, bila tak tahu nama hrd managernya dapat ditukar dengan bapak/ibu

3. Pengantar

Pengantar berisi info dari tempat mana memperoleh info lowongan pekerjaan itu dan posisi yang di tawarkan.

loading...

4. Data Pribadi

Info tentang alamat detail dan kontak yang bisa dihubungi, pendidikan, dan data yang lain yang bisa melukiskan diri anda.

5. Ketertarikan serta Pengalaman

contoh surat lamarabn kerja baik dan benar

Ketertarikan anda pada lowongan yang ada dan katakan pengalaman anda untuk mendukung posisi yang anda lamar. Upayakan ringkas, terang, serta padat.

6. Apa sajakah yang dilampirkan?

contoh surat lamaran pekerjaan

Catat apa sajakah yang anda lampirkan berbarengan surat lamaran kerja yang anda bikin umumnya sesuai sama keperluan perusahaan.

7. Sisi Penutup

contoh surat lamaran kerja

Sisi penutup menjelaskan harapan serta perkataan terima kasih dan sinyal tangan serta keseluruhan lampiran yang yang diikutkan.


Cara Menulis Surat Lamaran


surat lamaran pekerjaan

jobshiringnearme.net

1. Tulislah paragraf pertama yang menarik

Perekrut sudah membaca banyak surat lamaran, serta peluang mereka bakal membacanya dengan cepat untuk mengambil keputusan apakah surat Anda bakal dimasukkan ke tempat sampah atau diperhitungkan. Catat info penting terlebih dulu, anggap surat lamaran Anda seperti artikel berita.

Buka dengan kalimat kuat serta deklaratif yang memberitahukan kalau Anda tertarik melamar posisi di perusahaan.
Terangkan aspek yang bikin Anda tertarik secara singkat serta spesifik. Apa yang Anda senangi dari perusahaan itu? Berikan contoh, serta janganlah takut memakai sedikit kalimat bernada pembicaraan jika lingkungan perusahaan itu cukup kasual.

Perlihatkan pada manajer perekrutan kalau Anda bukan sekedar familier dengan kerja perusahaan itu, namun kalau Anda juga calon yang sesuai sama memakai suara yang sama dengan mereka.

Contoh, bila Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang menulis artikel berita, coba menulis lamaran dengan kalimat yang seirama dengan artikel mereka. Apakah mereka serius, atau mungkin menyelipkan humor? Bila Anda melamar ke perusahaan yang lebih resmi seperti perusahaan pemasaran besar atau institusi keuangan, mungkin saja Anda butuh tunjukkan kalau Anda dapat dihandalkan, namun tetaplah sopan.

2. Katakan dari tempat mana Anda tahu mengenai lowongan itu

Sebelum melamar, kerjakan sedikit penelitian serta saksikan apakah Anda mengetahui seorang yang bekerja disana. Mempunyai orang dalam serta rujukan senantiasa tambah baik, serta janganlah takut mengatakan namanya bila dia mengizinkan.
Bila Anda tak mempunyai kontak di perusahaan itu, yakinkan Anda tetaplah memberitahu dimana Anda temukan lowongan itu, seperti dari website pencari kerja, website perusahaan, koran, dsb.

3. Terangkan apa keuntungan yang mereka bisa bila mempekerjakan Anda

Janganlah menyampaikan kalau dipekerjakan perusahaan itu bakal untungkan Anda. Posisi itu terbuka lantaran satu argumen, ada permasalahan yang perlu dikerjakan. Anda ada untuk merampungkannya.

Check daftar prestasi serta pengalaman Anda, mencari satu atau dua contoh yang dapat Anda bicarakan. Ini tunjukkan kenapa Anda yaitu kandidat yang pas.

Contoh, bila Anda lihat kalau posisi itu memerlukan seorang yang bisa memimpin satu tim serta mengatasi beragam proyek dalam satu saat, check daftar prestasi Anda untuk lihat apakah Anda mempunyai pengalaman yang sesuai sama keperluan itu. Bila Anda pernah memimpin tim terlebih dulu, tuliskan dengan singkat bagaimana kekuatan Anda memimpin sudah tingkatkan produktivitas beragam proyek.

Bila ada peluang menghidangkan statistik serta angka, kerjakan. Saat menerangkan keuntungan mempekerjakan Anda, upayakan memakai statistik seperti penambahan pendapatan perusahaan atau menyusutnya cost dibawah kepemimpinan Anda.

4. Sertakan kemampuan, kwalifikasi, serta pengalaman Anda secara singkat

Dalam paragraf ke-2, Anda mesti mencocokkan kriteria kerja dengan dua atau tiga kekuatan serta pengalaman Anda, ini tunjukkan kalau Anda yaitu kandidat yang pas.

Mengaculah pada daftar riwayat hidup serta bagian ketrampilan untuk penjelasan lebih mendalam tentang kwalifikasi serta ketrampilan Anda.

Cari anekdot singkat yang memperlihatkan kalau Anda dapat merampungkan permasalahan yang mungkin saja dihadapi perusahaan berdasar pada kriteria mereka.

Sertakan faktor paling relevan dari karir Anda. Walau bagus bila Anda mengawali dari prestasi terbaru, tetapi mungkin saja saja terlebih dulu Anda sukses kerjakan suatu hal yang sangat cocok dengan kriteria ; janganlah sangsi menggali pengalaman lama.

5. Siapkan deskripsi diri Anda yg tidak termuat dalam daftar kisah hidup

Manajer perekrutan bisa membaca daftar kisah hidup serta lihat apa yang telah Anda kerjakan di pekerjaan terlebih dulu. Anda butuh membuktikan kepadanya siapa orang dibalik prestasi itu.

Ekspresikan dampak perusahaan itu pada Anda secara pribadi dalam satu atau dua kalimat. Bila ini merupakan pekerjaan yang diimpikan, kemungkinan perusahaan itu sudah membentuk hidup Anda dalam beberapa cara spesifik.

Janganlah terlampau sentimental, serta tuliskan dengan singkat. Tetapi, dengan memperlihatkan sisi manusia Anda dengan satu narasi, Anda menunjukkan kalau Anda lebih dari sebatas kenyataan dalam selembar kertas.

Baca juga: Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Dan Cara Menulisnya


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja


cara membuat surat lamaran kerja

bookboon.com

  • Surat lamaran Anda mesti terang serta tepat tujuan. Kesan pertama Anda di mata pemberi kerja terbentuk lewat surat ini.
  • Tetapkan untuk cuma menulis tiga paragraf, serta jangan sampai lebih dari satu halaman. Manajer perekrutan cenderung bakal membaca surat lamaran dengan cepat untuk mencari info yang relevan sebelum membaca keseluruhannya.
  • Cek lagi untuk meyakinkan kalau surat Anda bernada resmi serta tak memiliki kandungan bahasa santai atau informal.
  • Masukan nomer telephone, alamat surel, serta nama rujukan bila ada. Alternatifnya, minta seorang untuk berikan Anda rujukan dan sertakan rujukan itu saat Anda menyerahkan surat lamaran serta daftar riwayat hidup.
  • Minta rekan atau anggota keluarga membaca surat lamaran Anda untuk tahu apakah mereka merasakan ada kekeliruan di dalamnya.
  • Surat lamaran yang diketik lebih disenangi dikarenakan dianggap lebih resmi serta gampang di baca dari pada surat yang ditulis tangan, hingga peluang surat Anda di baca lebih tinggi.
  • Pakai fon yang relevan. Coba pakai Arial atau Times New Roman. Jauhi fon lucu seperti Comic Sans, lantaran hal semacam ini bisa mengakibatkan kerusakan reputasi surat Anda dengan cepat lantaran menghadirkan kurangnya rasa profesionalisme. Terdapat banyak lowongan unik dimana pemakaian fon seperti ini bakal baik-baik saja tetapi umumnya tidak sering diketemukan, jadi tambah baik waspada.
  • Check kembali untuk meyakinkan ejaan serta tata bhs Anda telah benar. Pakai paragraf serta sinyal baca.

Contoh Surat Lamaran Kerja


1

Siva Rahma
Jl. Kh Usman 
Kukusan Beji
Depok
Mobile Phone: 0812-1234-5678Email :[email protected]

Jakarta, 12 Mei 2015

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Manajer SDM
PT Metalia Metalindo
Jl. Cakung 12
Jakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari Bapak Muslim Maslam, marketing eksekutif di perusahaan bapak, per tanggal 10 Februari 2016, bahwa PT Mantap Jaya membuka lowongan pekerjaan untuk bagian Marketing.

Menindaklanjuti informasi tersebut saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : Siva Rahma
Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Desember 1989
Pendidikan Akhir : S1 Manajemen, Universitas EIndonesia
Alamat : Jl Kh Usman
Kukusan, Beji
Depok
Hp, Email : 0812-3456-789,[email protected]
Status Perkawinan : Belum Menikah

Bersama surat ini saya menyampaikan ketertarikan saya untuk menjadi salah satu kandidat untuk mengisi posisi tersebut. Posisi ini sesuai dengan background pendidikan saya S1 Manajemen.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang :

  1. Pas Foto Terbaru ( 3×4 )
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Foto copy ijazah dan transcrip nilai legalisir
  4. Foto copy sertifikat dan pelatihan.

Besar harapan saya Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detil mengenai diri saya.

Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

TTD

Siva Rahma

 

2

Contoh surat lamaran kerja referensi dari media online

Yulia Anjani
Jl. Raya Medan No.35 RT/RW 012/04
Cakung, Penggilingan
Jakarta Timur
Mobile Phone: 0812-3456-789 Email : [email protected]

Jakarta, 11 Februari 2016

 

Perihal : Lamaran Pekerjaan

 

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Manajer SDM
PT Yaha Yemao
Jl. Duta 19
Jakarta

 

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan di olx, per tanggal 10 Februari 2015, bahwa PT Yaha Yemao membuka lowongan pekerjaan untuk bagian IT Support.

Menindaklanjuti informasi tersebut saya yang bertandatangan di bawah ini :

Nama                    : Yulia Anjani
Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 12 Desember 1992
Pendidikan Akhir        : S1 Teknik Informatika, Universitas Indonesia
Alamat                  : Jl. Raya Medan
Cakung, Penggilingan
Jakarta Timur
Hp, Email               : 0812-3456-789 [email protected]
Status Perkawinan       : Belum Menikah

 

Bersama surat ini saya menyampaikan ketertarikan saya untuk menjadi salah satu kandidat untuk mengisi posisi tersebut. Posisi ini sesuai dengan background pendidikan saya S1 Teknik Informatika.

Saya telah bekerja sebagai IT Support di IBM selama 4 tahun, ketertarikan dan passion saya di IT support telah saya tekuni semenjak 6 tahun lalu dengan memulai karir sebagai asisten lap praktikum jaringan komputer.

Untuk bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa data penunjang :

  1. Pas Foto Terbaru ( 3×4 )
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Surat pengalaman kerja
  4. Foto copy ijazah dan transcrip nilai legalisir
  5. Foto copy sertifikat dan pelatihan.

Besar harapan saya Bapak/Ibu dapat memberikan kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih detil mengenai diri saya.

Demikian saya sampaikan surat lamaran kerja ini, atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

 

Hormat Saya

 

TTD

Yulia Anjani

 

3

surat lamaran kerja

tipskarir.com

 

4

tipskarir.com

 

5

tipskarir.com

1

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan