Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Dan Cara Menulisnya

Contoh surat penngunduran diri atau surat resign pasti dibutuhkan bagi karyawan yang akan keluar dari perusahaan tempatnya bekerja. Contoh surat pengunduran ini perlu bagi karyawan agar mereka tidak perlu meminta contoh pada rekan kerja atau bahkan HRD dari perusahaan tempatnya bekerja.

Tidak enak atau malu mungkin menjadi alasan. Beragam alasan sehingga seseorang memutus berhenti kerja. Entah mendapatkan tempat yang lebih baik atau bahkan tidak sanggup lagi melanjutkan pekerjaannya di perusahaan tersebut.

Nah, saat mengundurkan diri ini seorang karyawan perlu membuat pemberitahuan. Baik peberitahuan berupa lisan maupun berupa surat sebagai bentuk resmi permohonan seorang karyawan berhenti kerja.

Selain itu, tidak mungkin juga dong Kamu mengundurkan diri tanpa sepucuk surat atau malah tanpa pemberitahuan sedikitpun. Bisa-bisa kamu kamu masuk bisa punya nama buruk di perusahaan ataupun rekan kerja yang lain.

Nah, mengundurkan diri pun tentu ingin dengan baik-baik bukan? Keluar dari perusahaan ingin meninggalkan nama baik tentunya. Oleh karena itu, surat pengunduran diri pun perlu dibuat dengan cara yang baik agar tidak meninggalkan nama buruk di perusahaan.

Sebelum melihat contoh surat pengunduran diri. Perhatikan dulu tips cara menulis surat berhenti kerja ini!


Cara Menulis Surat Pengunduran Diri


surat pengunduran diri

ph.jobsdb.com

1. Tahu apa yang tidak boleh ditulis di surat pengunduran diri

Jangan menuliskan sesuatu yang kasar, menghina, atau kejam. Anda mungkin masih dapatkan berhubungan dengan bos Anda kemudian hari (Anda mungkin akan bekerjasama dengannya lagi). Jadi lebih baik menulis sesuatu bernada menghargai dalam surat. Karena jika tidak begitu, kata-kata Andayang buruk itu akan berbalik menghantui Anda.

Contoh yang tidak boleh ditulis: “Pak Budi, saya berhenti bekerja. Saya benci bekerja di sini. Anda orang bodoh dan menjengkelkan. Anda juga berutang pada saya sebanyak Rp 3.000.000 saat liburan lalu. Anda memuakkan. -Jon. ”

Buat pernyataan yang pasti serta singkat.

Baris pertama surat pemberitahuan Anda mesti menyebutkan dengan terang kalau Anda bakal mengundurkan diri dari posisi Anda pada akhir periode dua minggu. Janganlah memakai kalimat yang bisa berikan kesan kalau Anda bersedia untuk tinggal lebih lama atau merubah fikiran dengan penawaran yang pas.

  • Contoh yang baik : ” Surat ini adalah pemberitahuan resmi pengunduran diri saya dari nama perusahaan sebagai nama pekerjaan, efisien pada tanggal pengunduran diri. “
  • Contoh yang baik : ” Dengan adanya ini saya mengundurkan diri sebagai nama pekerjaan di nama perusahaan, efektif tanggal pengunduran diri, dua minggu dari tanggal hari ini.
  • Contoh tak baik : ” Saya punya niat berhenti dari posisi saya sebagai nama pekerjaan. Mohon beritahu saya kapan kerangka waktu yang paling cocok untuk Anda. “
  • Contoh tak baik : ” Jika semua jalan sesuai harapan, saya punya niat mengundurkan diri dari posisi saya di perusahaan ini dua minggu dari saat ini. “

Jauhi menyebutkan argumen di balik pengunduran diri Anda

Ini khususnya terutama apabila argumen Anda agak punya masalah, namun walau Anda menginginkan meninggalkan perusahaan dengan baik-baik, Anda tetaplah mesti hindari menyebutkan argumen itu dalam surat pengunduran diri resmi.

loading...
  • Tetapi, Anda mesti menyebutkan argumen ini apabila disuruh dengan cara segera untuk mencantumkannya.
  • Anda harus juga mempersiapkan satu argumen untuk diberitahukan pada penyelia serta rekanan kerja yang tentu ajukan pertanyaan kenapa Anda merencanakan keluar. Argumen ini tak perlu dimasukkan dalam surat resmi, namun tetaplah bermanfaat untuk disediakan saat Anda di tanya dengan cara pribadi.

Berlaku resmi sekaligus ramah

Nada keseluruhan dalam surat pemberitahuan Anda mesti profesional, namun tidaklah terlalu profesional hingga Anda bakal berkesan dingin atau kaku. Umumnya, Anda mesti menulis surat memakai suara nada paling ramah yang pernah Anda pakai dengan atasan Anda.

Apabila komunikasi Anda dengan atasan senantiasa ikuti susunan profesional yang kaku, jadi ikuti suara itu dalam pemberitahuan Anda. Di segi lain, bila Anda berkomunikasi dengan atasan dalam langkah yang lebih personal, janganlah takut memakai suara yang lebih personal. Suara personal masihlah layak seandainya tak enjoy serta sembrono.

  • Contoh yang baik : “Saya begitu berterimakasih atas pengalaman serta perubahan yang sudah diberikan pada saya sepanjang bekerja dengan Anda. ”
  • Contoh tak baik : “Saya dengan cara resmi menyebutkan, untuk dicatat, kalau saya selalu menjunjung penghormatan yang tinggi pada Perusahaan ABC serta tak mempunyai kemauan jelek pada atasan atau rekanan kerja mana juga di perusahaan ini. ”
  • Contoh tak baik : “Terimakasih tuk semuanya! ”

2. Bersikap ramah dan menghargai.

Jika Anda baik dengan atasan Anda. Tidak perlu menjadi kaku jika Anda dan atasan Anda memanggil satu sama lain nama. Katakan jika pengunduran diri Anda adalah untuk kebaikan. Kadang-kadang, perusahaan akan menawarkan sesuatu yang menguntungkan pada karyawan yang akan mengundurkan diri. Dan jika Anda yakin Anda ingin keluar dari perusahaan, pastikan Anda memberikan penjelasan yang tepat.

3. Menunjukkan penghargaan untuk perusahaan.

Bahkan jika Anda benci pekerjaan Anda, cobalah untuk menemukan suatupujian yang dapat disebutkan. Sesuatu seperti “saya merasa sudah belajar sesuatu yang hebat tentang dunia pemasaran di perusahaan ini”.

Berterimakasih pada atasan Anda

Masukan satu atau dua kalimat terimakasih pada atasan lantaran berikan peluang serta pengalaman bekerja di perusahaan itu. Tiap-tiap pekerjaan berperan pada hidup seorang, bahkan juga jika yang kontra jauh semakin besar dari pada pro.

  • Apabila pengalaman bekerja Anda umumnya positif, yakinkan rasa terimakasih Anda diperlihatkan. Tuliskan suatu hal seperti kalimat tersebut, “Saya bahkan juga tak dapat mengatakan terimakasih yang cukup untuk tiga th. paling akhir ini. Saya belajar semakin banyak dari yang saya berharap serta saya begitu menghormati kebaikan serta kesabaran Anda. “
  • Apabila pengalaman bekerja Anda umumnya negatif, berikanlah sinyal terimakasih yang umum. Cobalah suatu hal seperti kalimat tersebut, “Saya juga menginginkan berterimakasih pada Anda lantaran berikan saya pengalaman sepanjang tiga th. paling akhir ini. ”

4. Ingatkan mereka lagi tentang prestasi Anda.

Tidak membual, tapi disebutkan beberapa proyek-proyek yang sedang Anda kerjakan dan bagaimana Anda merasa bangga. Hal ini penting karena surat pengunduran diri Anda akan terlupakan bersama dengan semua hal negatif yang mungkin ada pada diri Anda di perusahaan. Menyebutkan prestasi Anda akan membantu Anda ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Katakan jika Anda bersyukur memiliki kesempatan untuk bekerja di perusahaan ini dan Anda sungguh-sungguh menghargai orang-orang yang bekerja di sini (termasuk bos Anda). Anda dapat mengucapkan terima kasih pada bos Anda langsung dan menyebutkan nama orang-orang di perusahaan sebagai penghargaan.

5. Bawalah surat pengunduran diri saat bertemu atasan

Anda jangan mengirim surat lewat email karena dianggap tidak profesional. Cetaklah surat dan berikan pada bos Anda ketika bertemu dengannya untuk membahas pengunduran diri Anda.

  • Antar surat pengunduran diri Anda segera pada atasan
  • Langkah yang paling profesional yaitu menyerahkan surat pengunduran diri pada atasan pertama kalinya serta secara pribadi.
  • Umumnya Anda mesti menjadwalkan pertemuan, namun apabila Anda bekerja di perusahaan kecil serta mempunyai jalinan dekat dengan atasan, Anda mungkin saja dapat datang ke kantor beliau tanpa ada pemberitahuan.
  • Tutup pintu di belakang Anda saat masuk untuk melindungi supaya perbincangan privat.
  • Serahkan surat pengunduran diri pada atasan serta terangkan, saat Anda menyerahkannya, surat apakah itu.
  • Peluang atasan bakal mengulas kondisi itu dengan Anda. Meskipun surat itu telah menjawab pertanyaan yang diserahkan pada Anda, jawab tiap-tiap pertanyaan dengan komplit.
  • Katakan terimakasih saat Anda meninggalkan ruang serta berjabat tangan.

Berusaha keras hingga akhir

  • Apabila Anda disuruh untuk merampungkan proyek-proyek besar sebelumnya keluar saat Anda menuliskan surat, Anda mesti mematuhi serta merampungkan proyek-proyek itu.
  • Meskipun Anda tak bikin janji apapun, Anda tak dapat bermalas-malasan sepanjang dua minggu paling akhir saat kerja Anda. Transisi itu bakal susah untuk kebanyakan orang, serta adalah pekerjaan profesional Anda untuk bikin transisi itu selancar mungkin saja untuk atasan yang Anda tinggalkan.
  • Di segi lain, apabila Anda mengira perusahaan memperlakukan Anda dengan tak adil lantaran Anda telah menginformasikan pengunduran diri, janganlah dibiarkan mereka memakai Anda atau bikin Anda hilang ingatan dengan jumlah kerja penambahan yg tidak manusiawi.

Lebih lengkapnya: Format menulis surat pengunduran diri

contoh surat pengunduran diri
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 1

Jakarta, xx November 20xx

Kepada,

Kepala. HRD PT AAA

 

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT AAA berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) tentang kekaryawanan dan Undang–Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama : …..……
Departemen : ……….
Jabatan : …….. ..
No Karyawan : ………

Mengajukan pengunduran diri dari PT AAA dengan alasan (sebutkan alasan pengundurkan diri dari perusahaan). Saya harap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,                                                                                                                                    Jakarta, xx November 20xx

(……………………)

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja 2

Batam, 07 Juli 2015

Kepada,

HRD PT. Ghimli Indonesia

Dengan Hormat,

Saya selaku karyawan PT. XXX berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama ( SKB) tentang kekaryawanan dan Undang
– Undang tenaga kerja. Saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama : XXXX

Jabatan : XXXX

No Karyawan : XXXX

Mengajukan pengunduran diri dari XXX dengan alasan Sakit. Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan industrial dan tanpa motivasi negatif. Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Atas bantuan dan dukungan yang telah perusahaan berikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,                                                                                                                                         Jakarta, 18 Desember 2015

 

(XXXXXXX)

Contoh Surat Pengunduran Diri 3

__________, ___ __________ ___________
Kepada,
Kepala Departemen HRD PT. _______________
__________________
__________________
_________________

Perihal: Pengunduran Diri

 

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : _______________________
No. KTP : _______________________
Alamat : _______________________
No. Induk Karyawan : _______________________
Jabatan : _______________________
Departemen : _______________________

Dengan ini mengajukan pengunduran diri sebagai Karyawan PT. _________. Pengunduran diri ini saya ajukan karena __________________________. Pengunduran diri ini mulai berlaku sejak tanggal ditandatanganinya surat ini.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan PT. _______________ kepada saya selama ini untuk menjadi bagian dari keluarga besar PT. ______________ sebagai Karyawan Tetap pada Departemen _______ dengan jabatan ________________. Saya yakin bahwa kesempatan yang diberikan oleh PT. ________________ tersebut merupakan pengalaman kerja yang berharga bagi pengembangan karir dan masa depan saya selanjutnya.

Demikian Surat Pengunduran Diri ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kerja sama perusahaan.

Homat saya,

 

________________

 

Beberapa contoh sederhana ini juga bisa kamu jadikan pertimbangan dalam membuat surat pengunduran diri

 

surat pengunduran diri

Cotoh surat pengunduran diri singkat dan padat

contoh resign

 

Nah, itulah beberapa contoh surat pengunduran diri. Semoga bermanfaat dan kamu dapat keluar dari perusahaan scara baik-baik dan mendapatkan tempat yang lebih baik pula!

No Responses