SHARE
Gambar Via: naufalmoh-hilmi.student.umm.ac.id

Teks Diskusi Tentang Teknologi – Pengertian Teks Diskusi dan Contoh-Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi.

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi yaitu satu buah karangan yang ditulis dengan menjelaskan dua buah pendapat yang tidak sama tentang sebuah tema permasalahan. Kedua pendapat itu saling bertolak belakang, walau demikian dalam soal ini penulis memposisikan dirinya sebagai pihak yang netral.

KARTU KREDIT, KARTU KREDIT CIMB, KARTU KREDIT MEGA, TIRTO.ID, asuransi mobil murah, harga mobil terbaru, kecantikan wanita, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS,
Gambar Via: agenciaalagoas.al.gov.br

Dan di bawah ini adalah contoh Teks Diskusi dalam Bahasa Indonesia dalam hal Teknologi.

Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi

Gadget dan Anak-Anak

Saat ini banyak sekali anak yang memakai gadget. Gadget yaitu piranti elektronik yang memiliki peranan khusus, seperti smartphone, tablet, iPad, dan sebagainya. Ada dua pendapat yang bertentangan mengenai pemakaian gadget pada anak.

Beberapa orangtua mensupport pemakaian gadget pada anak. Hal semacam ini memiliki beberapa alasan, yang pertama yakni orangtua memberi gadget pada anak-anaknya supaya tampak modern. Di era yang serba menggunakan teknologi, tidak diragukan lagi kalau orangtua ingin memberi yang paling baik untuk anaknya serta ingin mengenalkan benda-benda elektronik pada mereka sejak dini. Hal semacam ini ditujukan agar para anak tidak jadi kurang update.

Gambar Via: jpsm-indonesia.web.id

Kedua, orangtua memberi gadget pada anaknya lantaran mereka ingin anak mereka lebih pintar. Aplikasi-aplikasi yang ada di gadget tentang pembelajaran, baik bahasa ataupun pembelajaran lain banyak di unduh oleh para orangtua untuk anak mereka hingga mereka bisa belajar banyak hal. Lewat gadget, anak akan lebih tertarik untuk belajar.

Ketiga, orangtua memberi gadget pada anak supaya mereka sibuk bermain gadgetnya serta tidak mengganggu para orangtua. Orangtua yang memiliki karir, membuat mereka sibuk dan membuat para anak tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan orangtuanya. Supaya anak tidak mengganggu orangtua, mereka memberi gadget pada anak, agar bisa kembali bekerja dan sang anak bisa belajar melalui gadget.

Sedangkan, ada pendapat lain tentang pemakaian gadget pada anak. Pemakaian gadget pada anak yaitu hal yang kurang baik. Hal semacam ini juga memiliki beberapa alasan, yang pertama yakni gadget akan mengakibatkan kerusakan mata anak. Gadget adalah benda elektronik yang akan mengakibatkan kerusakan mata apabila anak memainkan gadget itu secara terus-menerus. Mata tidak akan terlatih untuk melihat jarak jauh dan dekat yang pada akhirnya akan menyebabkan mata anak jadi minus.

Gambar Via: nova.grid.id

Kedua, gadget akan memperlambat kemampuan otak anak. Gadget, walaupun mengandung aplikasi yang bisa membuat anak belajar banyak hal, tidak akan dapat disamakan dengan ketika anak belajar di dunia luar. Ketika bermain gadget, panca indra yang dipakai oleh anak hanya mata dan jari. Akan tetapi bila anak belajar di dunia luar, anak akan memakai semua panca indranya. Makin banyak panca indra yang dipakai, akan makin baik pembelajaran yang di terima oleh anak yang baik untuk otaknya.

Ketiga, pemakaian gadget pada anak adalah hal yang tidak baik lantaran dengan memainkan gadget, anak akan menutup diri dari lingkungan serta teman-teman di sekelilingnya. Ketika anak bermaain gadgetnya, anak lupa akan lingkungan sekitar dan hanya akan konsentrasi pada apa yang sedang ia mainkan dalam gadget. Anak akan menutup diri serta lebih memilih untuk berada di kamar bermain dengan gadgetnya.

Bersumber pada penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan kalau ada pendapat yang mendukung serta menolak pemakaian gadget pada anak. Anak bisa bermain gadget, akan tetapi, jangka waktu pemakaian gadget harus dibatasi yakni misalnya dengan waktu maksimal 30 menit dalam satu hari.

Penggunaan Ponsel Ketika Berkendara

Ponsel atau smartphone, bukanlah hal yang asing lagi untuk masyarakat di seluruh dunia. Ponsel adalah hal yang sangat penting serta sudah merupakan hal yang primer. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memakai gadget ketika berkendara. Ada dua pendapat yang bertentangan antara pendapat yang medukung pemakaian gadget ketika berkendara dan yang tidak.

Pendapat yang mendukung pemakaian gadget ketika berkendara disebabkan pertama, pengendara bisa membalas pesan dengan cepat ketika berkendara. Banyak pengendara yang memakai ponsel ketika berkendara dikarenakan mereka harus membalas pesan. Karena pesan yang di terima sangat penting, para pengendara harus membalasnya walaupun ketika berkendara.

Gambar Via: antiketombe.clear.co.id

Kedua, para pengendara memakai ponsel lantaran mereka sewaktu-waktu bisa menerima telepon penting. Banyak pengendara tidak bisa menghentikan kendaraan mereka ketika mereka menerima telepon penting karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan, seperti saat mereka terjebak macet. Hal itu memungkinkan para pengendara untuk menerima telepon penting walaupun sedang berkendara.

Ketiga, para pengendara memakai ponsel ketika berkendara lantaran mereka bisa melihat GPS ketika di perjalanan. GPS atau aplikasi map yang merupakan hal yang penting untuk beberapa orang yang tidak mengetahui secara pasti di mana mereka berada atau tidak mengetahui jalan ke tempat yang dituju. Dengan melihat GPS ketika berkendara, pengendara akan tahu ke mana arah untuk bisa sampai tempat tujuan itu.

Sementara itu, ada pendapat yang bertentangan tentang pemakaian ponsel ketika berkendara. Hal itu disebabkan pertama, ponsel bisa merusak konsentrasi pengendara. Ponsel adalah benda elektonik yang bikin mata akan tertarik untuk memandangnya karena sinar yang dimiliki gadget itu.

Gambar Via: humaspolresbantul.blogspot.co.id

Kedua, pengendara tidak bisa memperhatikan jalan lantaran mereka akan memperhatikan ponselnya. Ketika menerima pesan atau telepon penting, pengendara akan melihat ponselnya serta tidak akan memperhatikan jalan yang bisa membahayakan dirinya.

Ketiga, pemakaian ponsel ketika berkendara akan membahayakan nyawa orang lain. Saat pengendara fokus ke ponselnya serta tidak memperhatikan jalan, kecelakaan akan sangat mungkin terjadi yang bukan hanya akan membahayakan pengendara tersebut, tetapi juga nyawa pengendara atau orang lain.

Bersumber pada pemaparan di atas, bisa diambil kesimpulan kalau ada pro dan kontra tentang pemakaian ponsel untuk pengendara. Baiknya, para pengendara tidak memakai ponsel ketika berkendara. Bila mendapatkan telepon penting, para pengendara bisa memberhentikan kendaraan untuk sementara atau bisa menggunakan headset.

Tentang Pengaruh Teknologi

Gambar Via: jangkrikbossdotkom.blogspot.co.id

Perubahan teknologi dari tahun ke tahun senantiasa mengalami peningkatan atau kemajuan. Hal semacam ini dibuktikan dengan mulai bermunculannya alat elektronik seperti smartphone, tablet, hingga music player. Di Indonesia sendiri perubahan teknologi tidak bisa dibendung lagi lantaran mengalami perubahan yang teramat sangat pesat. Tetapi di balik perubahan teknologi yang terjadi saat ini, terjadi beberapa dampak serta efek yang dirasakan oleh banyak orang terutama remaja.

Contoh teknologi yang saat ini jadi primadona di kelompok remaja yaitu smartphone. Remaja biasanya suka pada smartphone lantaran pemakaianya yang praktis serta multifungsi, pemakaian smartphone dapat juga memudahkan kegiatan para remaja. Tidak hanya itu smartphone mempunyai bentuk serta ukuran yang relatif kecil hingga mudah dibawa kemana saja.

Tetapi teknologi yang kita kenal dan tengah akrab di sekitar kita nyatanya juga mempunyai dampak positif serta dampak negatif. Sebagai contoh bila para remaja terus-terusan memakai teknologi hal semacam ini akan menyebabkan rasa ketergantungan serta kecanduan, seakan mereka tidak dapat hidup tanpa teknologi. Pada akhirnya mereka akan jauh lebih mementingkan teknologi yang mereka punyai dibandingkan belajar serta menuntut ilmu. Tetapi selain efek negatif, terseliplah efek positif dari teknologi, yaitu dengan memakai teknologi seperti smartphone dan tablet remaja akan memanfaatkannya dengan benar seperti contoh untuk mengerjakan tugas, mencari materi di internet, serta saling berkomunikasi dengan mudah. Maka dari itu sebagai seorang remaja, kita harus dapat memakai teknologi yang ada untuk beberapa hal yang positif dan baik.

Perkembangan Teknologi di Masyarakat

Zaman dan teknologi sekarang sudah mengalami perkembangan yang cepat di beberapa bidang. Tidak bisa disangkal kalau teknologi itu saat ini sudah mengisi sendi-sendi kehidupan kita. Dari mulai medis, transportasi, komunikasi dan sebagainya terus berkembang seperti sudah tidak dapat lagi untuk dibendung. Perubahan teknologi di beberapa bagian ini pada akhirnya menyebabkan berbagai pandangan di mata masyarakat. Banyak masyarakat yang berasumsi positif dengan perubahan teknologi saat ini. Tetapi tidak sedikit juga masyarakat yang berasumsi bahwa perubahan teknologi membawa efek negatif.

Gambar Via: emaze.com

Masyarakat yang notabene berasumsi perubahan teknologi sebagai suatu hal yang positif berasumsi kalau perubahan sekarang bisa membantu serta memudahkan segala kegiatan mereka. Mereka berasumsi teknologi sebagai teman setia yang dapat membantu mereka setiap saat. Seperti contoh perubahan teknologi pada bidang transportasi, saat ini manusia tidak perlu berjalan kaki terlalu lama untuk sampai ke tempat tujuan mereka. Mereka bisa memanfaatkan perkembangan transportasi untuk membantu mereka tiba di tujuan mereka. Seperti saat kita akan pergi melintasi negara kita tidak perlu lagi berjalan serta mengarungi lautan luas, tetapi kita cuma perlu naik pesawat yang tujuannya ke negara tersebut.

Tidak hanya bisa membantu mempercepat transportasi, Perubahan teknologi juga dapat menghubungkan manusia meskipun dalam jarak yang cukup jauh.. Teknologi komunikasi tersebut yaitu smartphone, piranti ini memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang yang jaraknya sangat jauh dengan kita baik secara audio ataupun visual.

Dalam bagian pengobatan serta medis, perubahan teknologi sudah membantu para dokter menyelamatkan ratusan bahkan juga ribuan nyawa. Betapa tidak, dengan adanya perlengkapan medis yang modern pastinya bisa mendukung proses penyembuhan seseorang. Seperti saat akan melakukan operasi pembedahan, para dokter bisa melakukan pembedahan dengan sangat akurat serta meminimalisir tingkat kegagalan operasi itu.

Gambar Via: teknologi.metrotvnews.com

Tetapi di lain sisi untuk masyarakat yang cenderung berasumsi perubahan teknologi sebagai suatu hal yang negatif akan berpikiran kalau perubahan teknologi yang tidak bisa dibendung ini akan menjerumuskan manusia kejalan yang salah. Seperti bom waktu, teknologi-teknologi yang berkembang sekarang siap meledak sewaktu-waktu untuk memberi efek serta dampak buruk untuk manusia. Biasanya masyarakat yang kontra pada teknologi akan berasumsi kalau teknologi cuma membawa efek buruk untuk manusia.

Satu diantara efek buruk yang dirasakan adalah manusia akan menjadi malas dalam melakukan kehidupan bermasyarakat. Lantaran merasa sudah dimanjakan oleh teknologi, manusia akan menyerahkan semua masalah pada teknologi itu sampai lupa untuk bersosialisasi dengan masyarakat. Akibatnya akan terjadi kesenjangan sosial di lingkup masyarakat. Tidak cuma itu pemakaian teknologi dapat juga menyebabkan rasa kecanduan pada penggunanya. Saat mereka lepas dari tehnologi mereka akan merasa putus asa.

Yang menghawatirkan dari perubahan teknologi yaitu diciptakannya senjata-senjata modern yang mematikan untuk kebutuhan militer sebuah negara. Senjata senjata itu biasanya akan dipakai untuk saling membunuh satu sama lain dengan argumen untuk memerangi kejahatan dan sebagainya. Tetapi tetap saja yang menjadi korban yaitu warga sipil yang notabene tidak tahu apa-apa. Senjata yang paling modern serta mematikan saat ini yaitu nuklir yang notabene disebut juga dengan senjata pemusnah massal. Senjata ini dapat membunuh jutaan manusia dalam sekejap mata di sebuah daerah dalam skala dan radius tertentu.

Gambar Via: tempo.co

Hal yang paling tidak dapat di terima dari perubahan teknologi yaitu teknologi kloning yang saat ini tengah dikembangkan. Manusia mulai mencari cara untuk menyaingi kemampuan Sang Pencipta dengan coba memberi kehidupan pada objek kloning. Hal semacam ini dikhawatirkan akan membuat manusia lupa dari mana mereka berasal serta lupa akan keberadaan Tuhan.

Bersumber pada keterangan di atas bisa diambil kesimpulan kalau perubahan teknologi yang terjadi dalam lingkup kehidupan bermasyarakat memanglah menyebabkan efek negatif serta positif. Sebagai manusia yang modern serta hidup di dalam perkembangan zaman, kita tidak bisa melupakan keberadaan Tuhan. Tidak hanya itu kita harus mampu untuk membedakan antara dampak buruk serta dampak positif dari perubahan teknologi ini.

Dan itulah pembahasan kami mengenai Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi, kami harap semoga Postingan kali ini mengenai Teks Diskusi Tentang Teknologi di atas sedikitnya dapat membantu kalian yang sedang mencari contoh-contoh Teks Diskusi untuk lebih mengerti lagi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Teks Diskusi. Dan, semoga kamu juga jadi semakin mencintai Bahasa Indonesia, ya. [bi/mb]

KARTU KREDIT, KARTU KREDIT CIMB, KARTU KREDIT MEGA, TIRTO.ID, asuransi mobil murah, harga mobil terbaru, kecantikan wanita, hosting, kartu kredit bca, kartu kredit mandiri, kartu kredit BNI, forex, SAHAM, FBS,
insurance
Loading...