Gambar Via: naufalmoh-hilmi.student.umm.ac.id

Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi

Posted on

Teks Diskusi Tentang Teknologi – Pengertian Teks Diskusi dan Contoh-Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi.

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi yaitu satu buah karangan yang ditulis dengan menjelaskan dua buah pendapat yang tidak sama tentang sebuah tema permasalahan. Kedua pendapat itu saling bertolak belakang, walau demikian dalam soal ini penulis memposisikan dirinya sebagai pihak yang netral.

Gambar Via: agenciaalagoas.al.gov.br

Dan di bawah ini adalah contoh Teks Diskusi dalam Bahasa Indonesia dalam hal Teknologi.

Contoh Teks Diskusi Tentang Teknologi

Gadget dan Anak-Anak

Saat ini banyak sekali anak yang memakai gadget. Gadget yaitu piranti elektronik yang memiliki peranan khusus, seperti smartphone, tablet, iPad, dan sebagainya. Ada dua pendapat yang bertentangan mengenai pemakaian gadget pada anak.

Beberapa orangtua mensupport pemakaian gadget pada anak. Hal semacam ini memiliki beberapa alasan, yang pertama yakni orangtua memberi gadget pada anak-anaknya supaya tampak modern. Di era yang serba menggunakan teknologi, tidak diragukan lagi kalau orangtua ingin memberi yang paling baik untuk anaknya serta ingin mengenalkan benda-benda elektronik pada mereka sejak dini. Hal semacam ini ditujukan agar para anak tidak jadi kurang update.

Gambar Via: jpsm-indonesia.web.id

Kedua, orangtua memberi gadget pada anaknya lantaran mereka ingin anak mereka lebih pintar. Aplikasi-aplikasi yang ada di gadget tentang pembelajaran, baik bahasa ataupun pembelajaran lain banyak di unduh oleh para orangtua untuk anak mereka hingga mereka bisa belajar banyak hal. Lewat gadget, anak akan lebih tertarik untuk belajar.

Ketiga, orangtua memberi gadget pada anak supaya mereka sibuk bermain gadgetnya serta tidak mengganggu para orangtua. Orangtua yang memiliki karir, membuat mereka sibuk dan membuat para anak tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan orangtuanya. Supaya anak tidak mengganggu orangtua, mereka memberi gadget pada anak, agar bisa kembali bekerja dan sang anak bisa belajar melalui gadget.

Sedangkan, ada pendapat lain tentang pemakaian gadget pada anak. Pemakaian gadget pada anak yaitu hal yang kurang baik. Hal semacam ini juga memiliki beberapa alasan, yang pertama yakni gadget akan mengakibatkan kerusakan mata anak. Gadget adalah benda elektronik yang akan mengakibatkan kerusakan mata apabila anak memainkan gadget itu secara terus-menerus. Mata tidak akan terlatih untuk melihat jarak jauh dan dekat yang pada akhirnya akan menyebabkan mata anak jadi minus.

Gambar Via: nova.grid.id

Kedua, gadget akan memperlambat kemampuan otak anak. Gadget, walaupun mengandung aplikasi yang bisa membuat anak belajar banyak hal, tidak akan dapat disamakan dengan ketika anak belajar di dunia luar. Ketika bermain gadget, panca indra yang dipakai oleh anak hanya mata dan jari. Akan tetapi bila anak belajar di dunia luar, anak akan memakai semua panca indranya. Makin banyak panca indra yang dipakai, akan makin baik pembelajaran yang di terima oleh anak yang baik untuk otaknya.

Ketiga, pemakaian gadget pada anak adalah hal yang tidak baik lantaran dengan memainkan gadget, anak akan menutup diri dari lingkungan serta teman-teman di sekelilingnya. Ketika anak bermaain gadgetnya, anak lupa akan lingkungan sekitar dan hanya akan konsentrasi pada apa yang sedang ia mainkan dalam gadget. Anak akan menutup diri serta lebih memilih untuk berada di kamar bermain dengan gadgetnya.

Bersumber pada penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan kalau ada pendapat yang mendukung serta menolak pemakaian gadget pada anak. Anak bisa bermain gadget, akan tetapi, jangka waktu pemakaian gadget harus dibatasi yakni misalnya dengan waktu maksimal 30 menit dalam satu hari.

Penggunaan Ponsel Ketika Berkendara

Ponsel atau smartphone, bukanlah hal yang asing lagi untuk masyarakat di seluruh dunia. Ponsel adalah hal yang sangat penting serta sudah merupakan hal yang primer. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang memakai gadget ketika berkendara. Ada dua pendapat yang bertentangan antara pendapat yang medukung pemakaian gadget ketika berkendara dan yang tidak.

Pendapat yang mendukung pemakaian gadget ketika berkendara disebabkan pertama, pengendara bisa membalas pesan dengan cepat ketika berkendara. Banyak pengendara yang memakai ponsel ketika berkendara dikarenakan mereka harus membalas pesan. Karena pesan yang di terima sangat penting, para pengendara harus membalasnya walaupun ketika berkendara.

Gambar Via: antiketombe.clear.co.id

Kedua, para pengendara memakai ponsel lantaran mereka sewaktu-waktu bisa menerima telepon penting. Banyak pengendara tidak bisa menghentikan kendaraan mereka ketika mereka menerima telepon penting karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan, seperti saat mereka terjebak macet. Hal itu memungkinkan para pengendara untuk menerima telepon penting walaupun sedang berkendara.

Ketiga, para pengendara memakai ponsel ketika berkendara lantaran mereka bisa melihat GPS ketika di perjalanan. GPS atau aplikasi map yang merupakan hal yang penting untuk beberapa orang yang tidak mengetahui secara pasti di mana mereka berada atau tidak mengetahui jalan ke tempat yang dituju. Dengan melihat GPS ketika berkendara, pengendara akan tahu ke mana arah untuk bisa sampai tempat tujuan itu.

Sementara itu, ada pendapat yang bertentangan tentang pemakaian ponsel ketika berkendara. Hal itu disebabkan pertama, ponsel bisa merusak konsentrasi pengendara. Ponsel adalah benda elektonik yang bikin mata akan tertarik untuk memandangnya karena sinar yang dimiliki gadget itu.

Gambar Via: humaspolresbantul.blogspot.co.id

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan