Gambar Via: id.aliexpress.com

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Posted on

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan – Teks Diskusi yaitu satu teks yang memberikan dua pendapat berbeda tentang sebuah hal (satu ” pro ” serta satu ” kontra) yang mengakibatkan kedua belah pihak jadi saling membahas masalah yang sedang dipersoalkan (diskusi). Diskusi adalah satu diantara bentuk aktivitas wicara. Dengan berdiskusi kita bisa memperluas pengetahuan dan mendapatkan banyak pengalaman. Diskusi yaitu pertukaran pikiran, ide, pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

Struktur Teks Diskusi

Gambar Via: pixabay.com

Teks diskusi mempunyai 4 struktur, salah satunya yakni isu, argumen mendukung, argumen menolak, serta yang paling akhir yaitu kesimpulan. Untuk lebih detilnya dapat dilihat di bawah ini:

  • Isu, memuat problem yang akan didiskusikan lebih lanjut.
  • Argumen mendukung, memuat alasan (argumen) mendukung hal yang menjadi pokok masalah diskusi.
  • Argumen menentang, memuat alasan yang bertentangan dengan argumen yang mendukung.
  • Kesimpulan, memuat kesimpulan serta referensi tentang isu yang dibicarakan. Usahakan untuk mengambil jalan tengah dari isu yang dibicarakan.

Contoh Teks Diskusi

Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Pendidikan adalah sebuah segmen kehidupan yang benar-benar di perhatikan. Saat ini pro dan kontra tentang masalah pendidikan, ditujukan untuk proses ujian nasional online.

Pro Kontra Pelaksanaan Ujian Nasional Online

Gambar Via: surabaya.tribunnews.com

Baru-baru ini sebagian siswa SMA dan SMP telah melaksanakan ujian nasional yang dilakukan secara online. Namun, pelaksaan ujian nasional secara online ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Mereka terpecah menjadi dua sisi yang saling bertolak belakang dalam menyikapi kebijakan yang dikeluarkan oleh menteri pendidikan ini. Perbedaan – perbedaan pendapat in menjadi perdebatan yang hangat di media-media massa baik cetak, maupun elektronik.

Masyarakat yang pro terhadap kebijakan ini menganggap bahwa apa yang telah pemerintah tetapkan ini merupakan satu langkah yang tepat untuk memajukan dunia pendidikan Indonesia. Pelaksanaan ujian nasioanal secara online ini bisa menanamkan nilai-nilai tehnologi pada semua element yang bergelut di dalam dunia pendidikan, seperti guru, dan siswa sehingga mereka tidak ada lagi yang buta akan tehnologi.

Selain itu, pelaksanaan ujian nasioanl online ini juga dipandang sebagai cara yang efektif untuk menekan angka kecurangan yang terjadi pada ujian-ujian sebelumnya. Seperti yang telah kita ketahui, meskipun pengiriman soal-soal ujian nasional telah dikawal oleh pihak polisi, tetap saja terjadi kebocoran yang di lakukan oleh pihak-pihak tertentu, bahkan ada indikasi yang melakukan pembocoran itu adalah guru itu sendiri. Dengan dilaksanakannya ujian nasioanal secara online ini, diharapkan bisa menghentikan kecurangan-kecurangan yang terjadi karena soal ujian nasional tidak perlu lagi dikirim dan singgah di mana-mana.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan