npwp-pribadi

Cara Mudah Membuat dan Daftar NPWP Online

Posted on

Apakah Anda sudah mengetahui apakah itu NPWP? Sudah mempunyai atau belum? NPWP yaitu singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak, serta merupakan satu nomer identitas yang harus dipunyai oleh warga negara Indonesia baik itu perseorangan/pribadi, perusahaan, koperasi, BUMN, Firma, PT, CV, kongsi, Persekutuan, Yayasan, Organisasi Massa serta Politik, serta lain-lainnya.

NPWP ini diberikan pada Wajib Pajak sebagai fasilitas yang disebut identitas atau tanda pengenal untuk tiap-tiap Wajib Pajak dalam melaksanakan hak serta kewajibannya dalam soal perpajakan.

Maksud dari NPWP yaitu sebagai fasilitas administrasi perpajakan, identitas Wajib Pajak, serta syarat-syarat layanan umum semisal untuk mengajukan credit perbankan dan sebagainya. Pajak pendapatan yang dibayarkan oleh Wajib Pajak pada pemerintah bisa dipakai untuk beragam jenis keperluan negara serta masyarakatnya, salah satunya untuk membangun sarana umum seperti jalan, jembatan, dan lain-lain.

Nah, bila diawalnya Wajib Pajak cuma bisa bikin NPWP dengan mendatangi kantor pajak, saat ini untuk memudahkan Wajib Pajak dalam buat NPWP, Direktorat Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) sudah mengenalkan langkah pendaftaran NPWP lewat Internet atau dengan cara on-line atau dikenal juga sebagai e-registration (E-REG DJP).

System pendaftaran serta pembuatan NPWP dengan cara on-line ini sudah pasti begitu menolong orang-orang yang tinggal jauh dari tempat KPP (Kantor Pelayanan Pajak). Orang-orang yang mempunyai domisili yang tidak sama dengan alamat rumah yang terdaftar di KTP dapat juga memakai keringanan pendaftaran NPWP dengan cara on-line ini.

Pendaftaran NPWP dengan cara on-line dikerjakan lewat aplikasi yang disiapkan Dirjen Pajak untuk memudahkan Wajib Pajak buat NPWP tanpa mesti datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) domisili masing-masing. Aplikasi ini gampang dibuka oleh siapa pun dengan berkunjung ke website Direktorat Jenderal Pajak di www. pajak. go. id.

Beberapa cara atau langkah sedetailnya untuk mendaftar serta bikin NPWP dengan cara on-line yaitu seperti berikut :


Sediakan Dokumen Kelengkapan yang Dibutuhkan


berkas npwp online

Saat sebelum lakukan pendaftaran NWPW dengan cara on-line, Anda butuh menyiapkan dokumen berikut ini :

Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi (Non Usahawan),

dokumen yang diperlukan cuma berbentuk foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masihlah berlaku untuk masyarakat Indonesia serta foto copy paspor serta surat keterangan tempat tinggal untuk orang asing.

Untuk Wajib Pajak Orang Pribadi Usahawan,

dokumen yang diperlukan yaitu : foto copy KTP untuk penduduk Indonesia, foto copy paspor serta surat info tempat tinggal untuk orang asing, serta surat info tempat aktivitas usaha atau pekerjaan bebas dari lembaga yang berwenang.

Untuk Wajib Pajak Badan,

dokumen yang dibutuhkan yaitu : foto copy akta pendirian serta perubahan atau surat info penunjukan dari kantor pusat untuk bentuk usaha tetaplah, foto copy NPWP pimpinan atau penanggung jawab Badan, foto copy KTP yang masihlah berlaku dari orang sebagai penanggung jawab untuk penduduk Indonesia serta paspor untuk masyarakat asing, serta surat info tempat aktivitas usaha dari lembaga yang berwenang.

Untuk bendaharawan

sebagai Wajib Pajak pemungut/pemotong,  dokumen yang dibutuhkan yaitu : foto copy surat penunjukan sebagai bendahara serta foto copy KTP bendahara.

Untuk Joint Operation (JO)

sebagai Wajib Pajak pemungut/pemotong,  dokumen yang dibutuhkan yaitu : foto copy kesepakatan hubungan kerja/akta pendirian sebagai Joint Operation, foto copy KTP untuk penduduk Indonesia serta paspor untuk masyarakat asing sebagai penanggung jawab, foto copy NPWP pimpinan/penanggung jawab Join Operation (JO).


Proses Online yang Harus Dilewati


proses npwp online

1. Kunjungi alamat www.pajak.go.id atau https://ereg.pajak.go.id/login untuk segera terhubung halaman pendaftaran NPWP on-line di website Dirjen Pajak.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan