Dahsyat! Sayuran “Ndeso” Kangkung Ternyata Punya Sejuta Manfaat

Posted on

Lahiya – Kalau mendengar nama kangkung, barangkali sebagian dari kita memikirkan itu makanan “ndeso”. Tetapi jangan salah, sayur “ndeso” ini manfaatnya dahsyat.

Cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, ternyata sayur ini asalnya dari India.

Sayur kangkung umumnya dinikmati dengan ditumis begitu saja, atau dibuat menu kekinian lainnya, seperti kangkung hotplate.

Caranya, kangkung dicuci bersih kemudan ditaruh di hotplate atau piringan besi panas yang sudah diberi saus sapi atau saus seafood panas. Dalam sekejap, kangkung pun masak dengan sedap!

Baca juga: Mobil Berplat B 1 UNO Terobos Busway, Sandiaga Komentar Ringan Begini

Kangkung yang memiliki nama latin lpomoea aquatica sp. Ipomoea reptans Poir, dari keluargaconvolvulaceae, adalah tumbuhan liar yang suka dengan tempat berair, daratan kering maupun berlumpur, dan mendapat sinar matahari yang cukup.

Karena itu, ada dua jenis kangkung, yaitu kangkung darat dan kangkung air. Bedanya ada pada warna bunga, bentuk daun dan batangnya.

Kangkung darat memiliki daun panjang dan ujungnya runcing, sementara kangkung air ujungnya sedikit tumpul.

Kangkung sangat tinggi kandungan vitamin A, mencapai 6.300 IU. Sayur ini bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker dan juga penuaan dini.

Baca juga: Sedih, Begini Pesan Terakhir Jonghyun SHINee dalam Sepucuk Surat Wasiat

Di samping itu, kadar serat kangkung juga tinggi dan banyak kandungan fosfor, zat besi, hentriakontan, serta sitosterol.

Karena kandungannya, kangkung juga berpotensi sebagai antiracun, antiradang, penenang (sedatif) dan diuretik.

Untuk mencegah sembelit, ambil daun dan batang kangkung yang masih muda serta banyak serat kasarnya, barulah masak kangkung.

Kangkung juga kaya vitamin, demikian menurut pakar kesehatan dari Filipina, Herminia de Guzman Ladion.

Kandungan vitamin A, B, dan C, serta mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi, memberikan efek menenangkan susunan saraf.

Sehingga, mengonsumsi kangkung membuat kita merasa santai dan tidur dengan enak. Jadi, kangkung juga dapat digunakan untuk atasi insomnia.

Baca juga: Netizen Geram Lihat Pakaian “Bawahan” Wanita Berkerudung Ini! Ternyata karena. . .

Sifat diuretik kangkung juga membantu melancarkan buang air kecil, jadi sangat baik untuk kesehatan ginjal.

Yang perlu diperhatikan, kangkung seringkali ditanam di tepian sungai dan parit. Jadi, jangan lupa mencucinya sampai bersih sebelum diolah.

Kalau tidak langsung dimasak, kangkung bisa ditaruh dalam wadah tertutup kemudian disimpan di lemari pendingin, supaya semua vitamin dan zat gizinya tidak hilang.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan