Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Hai teman-teman gimana kabarnya? semoga baik aja ya. Teman-teman tahu gak apa itu gempa bumi pasti semua sudah tahu dong, tapi apakah teman-teman tahu bagaimana cara antisipasinya saat teerjadi gempa bumi.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Nah untuk yang kali ini teman-teman pasti masih banyak yang belum tahu. Disini saya sudah menulis artikel tentangAi??Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya bagi teman-teman yang ingin tahu silahkan baca disini.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Gempa Bumi dan Antisipasinya

Gempa bumi merupakan peristiwa sentakan pada kerak bumi sebagai gejala pengiring dari aktivitas tektonisme maupun vulkanisme, atau akibat runtuhan bagian bumi secara lokal.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

a. Macam-macam Gelombang Gempa Bumi

Ada tiga macam gelombang gempa yaitu sebagai berikut.

Gelombang longitudinal yaitu gelombang gempa yang merambat dari sumber gempa ke segala arah dengan kecepatan 7-14 km per detik. Gelombang ini pertama dicatat dengan seismograf dan yang pertama kali dirasakan orang di daerah gempa sehingga dinamakan gelombang primer.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Gelombang transversal yaitu gelombang yang sejalan dengan gelombang primer dengan kecepatan 4-7 km per detik, gelombang ini juga disebut gelombang skunder.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Gelombang panjang atau gelombang permukaan yaitu gelombang gempa yang merambat di permukaan bumi dengan kecepatan sekitar 3,5-3,9 km per detik. Gelombang inilah yang paling banyak menimbulkan kerusakan.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

b. Istilah-Istilah dalam Gempa Bumi

Hiposentrum, berasal dari kata hypo berarti bawah, dan sentrum berarti pusat. Jadi, hiposentrum merupakan pusat asal mulanya getaran gempa yang terdapat di bawah permukaan bumi. Terdapat dua macam gelombang longitudinal (gelombang primer) dan gelombang transversal (gelombang skunder).

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Episentrum yaitu tempat di permukaan bumi yang terdekat dengan hiposentrum, biasanya disebut pusat gempa di permukaan bumi.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Makroseisme yaitu wilayah episentrum yang paling parah tingkat tingkat kerusakannya.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Mikroseisme yaitu getaran kulit bumi yang sangat halus. Getarannya tidak terasa kecuali oleh seismograf (alat pencatat getaran gempa).

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Pleistosiesta yaitu daerah yang dibatasi oleh isoseista yang berada di sekitar episentrum yang paling banyak mendapat kerusakan. Pleistoseista dapat juga diartikan sebagai garis khayal yang membatasi tempat yang episentrumnya mengalami kerusakan paling hebat akibat gempa.

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

Isoseista yaitu garis pada peta yang meghubungkan tempat-tempat yang sama keras getaran gempanya.

Homosiesta yaitu garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat pada saat yang sama mengalami getaran gempa.

c. Klasifikasi Gempa Bumi

Menurut proses terjadinya, ada tiga jenis gempa bumi yaitu sebagai berikut.

Gempa tektonik, terjadi akibat tumbukan lempeng-lempeng di litosfer kulit bumi oleh tenaga tektonik. Tumbukan ini akan menghasilkan getaran. Getaran ini yang merambat sampai ke permukaan bumi.

Gempa vulkanik, terjadi akibat aktifitas gunung api. Oleh karena itu, gempa ini hanya dapat dirasakan disekitar gunung api menjelang letusan, pada saat letusan, dan beberapa saat setelah letusan.

Gempa runtuhan atau longsoran, terjadi akibat daerah kosong di bawah lahan mengalami runtuh, getaran yang dihasilkan akibat runtuhannya lahan hanya dirasakan di sekitar daerah yang runtuh.

d. Dampak Gempa Bumi

1. Dampak Primer
Dampak primer gempa bumi yaitu getaran gempa itu sendiri yang sampai ke permukaan bumi dan jika getarannya cukup besar dapat merusak bangunan dan infrastruktur lainnya, seperti jalan, jembatan, rel kereta api, bendungan, dan lain-lain sehingga menimbulkan korban jiwa dan kerugian harta benda.

Berikut contoh-contoh dampak gempa bumi primer.

Gempa di Kobe, Jepang, terjadi pada bulan januari 1995 merusak jalan kereta api epress yang menghubungkan Kobe dan Osaka. Lebih dari 6.400 orang meninggal.
Gempa dengan kekuatan 6,7 skala Richter merobohkan jalan bebas hambatan di Los Angeles pada bulan Januari 1994.

2. Dampak Skunder
Dampak skunder gempa bumi yaitu terjadi tsunami, tanah yang menjadi cairan kental (liquefaction), kebakaran, timbulnya berbagai penyakit, dan sebagainya.

e. Antisipasi Gempa Bumi

1. Sebelum Terjadi Gempa Bumi
a. Langkah utama yang harus dilakukan sebagai berikut.

Mengenali apa yang disebut gempa bumi.
Memastikan bahwa struktur dan letak rumah dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempa bumi (longsor, liquefaction, dan lain-lain).
Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

b. Kenali lingkungan tempat bekerja dan tempat tinggal

Memperhatikan letak pintu, lift, dan tangga darurat. Apabila terjadi gempa bumi, sudah mengetahui tempat paling aman untuk berlindung.
Belajar melakukan P3K.
Belajar menggunakan alat pemadam kebakaran.
Mencatat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.

c. Persiapan rutin pada tempat bekerja dan tempat tinggal

Perabotan (lemari, kabinet, dan lain-lain) diatur menempel pada dinding (dipaku/diikat, dan lain-lain) untuk menghindari jatuh, roboh, bergeser pada saat terjadi gempa bumi

Menyimpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran.

Selalu mematikan air, gas, dan listrik apabila sedang tidak digunakan.

Atur benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah.

Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa bumi terjadi, misalnya lampu, dan sebagainya.

2. Saat Terjadi Gempa
a. Jka berada di dalam ruangan, diamlah sejenak, jangan panik, dan segeralah keluar dari bangunan. Secepatnya mencari perlindungan di bawah meja atau di dekat pintu. Jauhi tempat-tempat yang mungkin mengakibatkan luka, seperti kaca, pipa gelas, atau benda-benda tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa bumi terjadi.

b. Jika berada di luar rumah, tinggallah atau carilah tempat yang bebas dari bangunan, pohon, atau dinding. Jangan memasuki bangunan meskipun getaran gempa sudah berhenti karena kemungkinan runtuhan bangunan masih terjadi.

c. Jika berada di tengah keramaian, janganlah turut berdesak-desakan mencari jalan keluar, meskipun orang-orang yang panik mempunyai keinginan yang sama. Carilah tempat yang tidak akan kejatuhan runtuhan.

d. Jika berada dalam bangunan tinggi, secepatnya mencari perlindungan di bawah meja dan jauhilah jendela atau dinding luar bangunan. Tetaplah berada dilantai dimana anda berada ketika gempa terjadi, dan jangan gunakan elevator atau lift yang ada.

e. Jika sedang mengendarai kendaraan, hentikan dan pinggirkan kendaraan anda. Jangan berhenti diatas jembatan atau dibawah jalan layang. Jika gempa sudah berhenti, jangan langsung melintasi jalan layang atau jembatan yang membentang, sebelum dipastikan kondisinya aman.

3. Sesudah Terjadi Gempa
a. Jika anda berada dalam bangunan, keluar dari bangunan tersebut dengan tertib, jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa, periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K, telepon/minta pertolongan apabila terjadi luka parah pada anda atau sekitar anda.

b. Periksa lingkungan sektar anda, apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, dan arus pendek. Periksa aliran dan pipa air, periksa segala hal yang dapat membahayakan (mematikan listrik, tidak menyalakan api, dan lain-lain)

c. Jangan masuk ke bagunan apabila sudah terjadi gempa karena kemungkinan masih terdapat runtuhan.

d. Jangan berjalan disekitar daerah gempa, kemungkinan terjadi bahaya gempa susulan masih ada.

Demikian sekilas informasi tentang Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya semoga dengan adanya informasi ini teman-teman bisa lebih berhati-hati apabila terjadi gempa dan mengerti bagaimana langkah pertama yang harus dilakukan sehingga tidak banyak korban yang berjatuhan, termakasih.

 

Selamat Hari Halloween!

 

Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya

 

SemuaBeritaGambarVideoMapsLainnya
SetelanAlat
Sekitar 30000 hasil (0,47 detik)
Hasil Telusur
Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya | Belajar Biologi
wwwbelajarbiologixyz ai??? biologi ai??? pendidikan
Disini saya sudah menulis artikel tentang Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya bagi teman-teman yang ingin tahu silahkan baca disini
GEMPA BUMI DAN BERBAGAI DAMPAK SERTA ANTISIPASINYA
https://akbarasiawordpresscom//gempa-bumi-dan-berbagai-dampak-serta-antisipasi
20 Nov 2009 – Pengertian Gempa Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak CARA PENYELAMATAN DARI BAHAYA GEMPA BUMI
Penyebab Terjadinya Gempa Bumi Dan Cara Penanggulangan
https://indraharsono12wordpresscom//penyebab-terjadinya-gempa-bumi-dan-cara-
Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya Gempa bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi lapisan
Gempa bumi – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Gempa_bumi
Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 besar pada abad ke-20 dan 21; 4 Akibat Gempa Bumi; 5 Cara Menghadapi Gempa Bumi Gempa Bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi
ai??ZJenis Gempa Bumi Ai?? ai??ZPenyebab terjadinya Ai?? ai??ZSejarah gempa bumi
Pencegahan dan Penanggulangan Gempa Bumi – Falah Kharisma
falah-kharismablogspotcom ai??? Bencana Alam ai??? Kehidupan
17 Agt 2015 – Pencegahan dan Penanggulangan Gempa Bumi Oleh karena kita tinggal di daerah yang rawan gempa, kita harus memahami cara – cara penanganan bencana ini, Letakkan barang yang besar dan berat di bagian bawah 5 untuk penyelamatan dan pemulihan akibat gempa adalah sebagai berikut
Bencana Tsunami – Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Tanda
https://ilmugeograficom ai??? Bencana Alam
10 Apr 2017 – bencana tsunami meliputi pengertian, penyebab, dampak dan tanda- Gelombang lautan yang sangat besar dan menerjang daratan (baca:
Dampak dan Upaya Penanggulangan Gempa Bumi | Creative
multi-46blogspotcom ai??? IPA Biologi
6 Nov 2012 – Dampak gempa bumi ai??i?? Goncangan gempa bisa sangat hebat dan struktur batuan dan tanah sehingga ada mata air kecil, relatif besar, dan
Pondok Serbaneka: GEMPA BUMI DAN ANTISIPASINYA
tiesasaadatullayalieblogspotcom/2011/07/gempa-bumi-dan-antisipasinyahtml
3 Jul 2011 – Gempa Bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi gempa bumi pengetahuan mengenai gempa bumi dan cara memprediksinya adalah menghitung besar, dampak, dan perulangan gempa bumi sehingga
Gempa Bumi (Pengertian, Jenis, Penyebab, Akibat, dll) – Artikel & Materi
wwwartikelmatericom ai??? IPS
11 Agt 2016 – Artikel tentang Gempa Bumi, meliputi pengertian Gempa Bumi, Jenis Bumi, Akibat Gempa Bumi; dan cara menghadapi bila terjadi Gempa Bumi Gempa Bumi fokus dalam kemungkinan besar terjadi karena materi
UPAYA PENANGGULANGAN GEMPA BUMI DAN TSUNAMI
attaqinaufalahmadblogspotcom/2012//upaya-penanggulangan-gempa-bumi-danht
14 Apr 2012 – Apa akibat dari peristiwa gempa bumi dan tsunami? Gempa bumi kecil juga dapat mengiringi gempa bumi besar, dan dapat terjadi sesudah,
Penelusuran yang terkait dengan Dampak Besar Gempa Bumi dan Cara Antisipasinya
prediksi gempa secara ilmiah
bahaya gempa bumi
dampak sekunder gempa bumi
mengapa dampak gempa tektonik lebih besar daripada gempa vulkanik
bagaimanakah ciri-ciri dampak gempa yang tergolong kategori kerusakan tingkat berat
sebutkan barang-barang yang dapat disiapkan untuk keadaan darurat gempa
dampak sekunder adalah
gempa bumi yang disebabkan oleh runtuhnya gua dan tanah longsor disebut

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Selamat Hari Halloween!

 

prediksi gempa secara ilmiah

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 112000 hasil (0,47 detik)
Hasil Telusur
Berita ilmiah versus berita public, tentang prediksi gempa – Facebook
https://id-idfacebookcom/notes//berita-ilmiahprediksi-gempa/394613345788/
Beberapa hari setelah gempa besar maka wartawan sangat haus dengan berita Hal ini membuktikan bahwa prediksi gempa belum konsisten secara ilmiah
prediksi gempa | Arround Me
https://bmpsatuwordpresscom/tag/prediksi-gempa/
Posts about prediksi gempa written by bmpsatu Secara ilmiah dapat dijelaskan kalau gempa terjadi akibat pergeseran kerak bumi di karenakan adanya
Bagaimana Memprediksi Gempa Bumi?
nationalgeographiccoid ai??? Berita ai??? Alam
18 Mei 2011 – Pada akhirnya, prediksi gempa oleh manusia selalu samar-samar yang teruji secara ilmiah yang berkaitan dengan metode pengukuran,
Prediksi Gempa 8 SR di Jakarta Hari Ini Hanya Gosip – Kompascom
bolakompascom ai??? Bola
24 Okt 2009 – Hal ini membuktikan bahwa prediksi gempa belum konsisten secara ilmiah dan belum dapat dikatakan sebagai teknologi yang dapat dipakai
Gempa Bumi antara Prediksi dan Akurasi oleh Zulfakriza Zulhan
https://wwwkompasianacom//gempa-bumi-antara-prediksi-dan-akurasi_552df59e6
1 Feb 2014 – Sampai sekarang belum ada metoda dan teknik prediksi gempa yang tepat dan teruji secara ilmiah Memang ini bukan sesuatu yang mudah,
Ilmuwan Pertanyakan Metode Prediksi Gempa – VOA Indonesia
https://wwwvoaindonesiacom/a/ilmuwanmetode-prediksi-gempa/1499112html
31 Agt 2012 – Ilmuwan Pertanyakan Metode Prediksi Gempa ai???Sayangnya saat ini kita tidak memiliki kemampuan ilmiah untuk membuat prediksi spesifik untuk beberapa Kita perlu secara sangat hati-hati mencoba memformulasikan
Geophysics Asal2an: Prediksi Gempa Bumi
asal-geophysicsblogspotcom/2011/05/prediksi-gempa-bumihtml
2 Mei 2011 – Sayangnya sampai saat ini prediksi gempa yang tepat dan teliti belum bisa dipertanggung jawabkan secara ilmiah, karena tanda-tandanya
prediksi gempa secara tradisional??? – bencana di sekitar kita
ajunpurwantoblogspotcom/p/prediksi-gempa-secara-tradisionalhtml
PREDIKSI GEMPA SECARA TRADISIONAL??? Di jaman yang sudah serba maju dengan berbagai teknologi yang serba canggih yang ada sekarang ternyata
Tanda-Tanda Gempa Bumi | KIARAPEDES ONLINE
kiarapedes2blogspotcom/2011/02/tanda-tanda-gempa-bumihtml
6 Feb 2011 – Gempa bumi merupakan gejala alam yang sampai sekarang masih sulit untuk Berikut adalah dasar prediksi ilmiah yang digunakan saat ini
periodesitas gempa bumi dan cara mengetahui gejala-gejala sebelum
vorvitblogspotcom ai??? gejala alam ai??? ipa ai??? mitos dan fakta
bumi dan cara mengetahui gejala-gejala sebelum gempa bumi secara tradisional ini saya ingin mengulas tentang periodesitas gempa bumi dan prediksi gempa bumi, Sedangkan predeksi dengan peralatan dan metode ilmiah melalui:
Penelusuran yang terkait dengan prediksi gempa secara ilmiah
jelaskan yang dimaksud dengan gempa laut
apa yang dimaksud dengan gempa laut
jelaskan yg dimaksud gempa laut
jelaskan bagaimana gejala yang muncul sebelum tsunami
sebutkan peristiwa yang menunjukkan dampak primer gempa tektonik
bagaimanakah lamanya siang dan malam di bbu dan bbs
jelaskan tanda tanda atau prediksi akan terjadi tsunami
jelaskan perbedaan gelombang tsunami dan gelombang laut biasa

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Selamat Hari Halloween!

 

jelaskan yang dimaksud dengan gempa laut

 

SemuaBeritaGambarMapsVideoLainnya
SetelanAlat
Sekitar 242000 hasil (0,46 detik)
Hasil Telusur
Definisi Gempa Laut serta Pengertian Menurut Para Ahli | Definisi dan
didefinisipengertianblogspotcoid ai??? Geografi
Gempa Laut adalah Suatu gempa jika episentrumnya terletak di dasar laut atau di permukaan laut gempa ini terjadi karena getaran permukaan di rambatkan di
1Apakah yang dimaksud gempa laut? 2jelaskan yang dimaksud
https://brainlycoid ai??? Sekolah Menengah Atas ai??? Biologi
1gempa laut adalah gempa yang ada di dasar laut 2daerah stabil adalah daerah yang tidak adanya gangguan alam seperti gempa bumi,tsunami,angin topan
1Apakah yang dimaksud gempa laut?<br /> 2jelaskan – Brainly
https://brainlycoid ai??? Sekolah Menengah Atas ai??? Ips
27 Mei 2016 – 2jelaskan yang dimaksud daerah stabil?<br /> 3jelaskan pembagian zona gempa di indonesia!<br /> 4apakah perbedaan gempa intraplate
apa yang dimaksud dengan gempa laut? – Brainlycoid
https://brainlycoid ai??? Sekolah Menengah Atas ai??? Geografi
8 Mei 2017 – Yaitu terjadinya antara pergeseran benuan yang mengakibatkan gempa laut dan terjadinya tsunami di atas air Kalau gk salah sih itu
Gempa bumi bawah laut – Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia
https://mswikipediaorg/wiki/Gempa_bumi_bawah_laut
Terjemahkan halaman ini
Pemahaman tektonik plat membantu menjelaskan punca gempa bumi submarin Permukaan ataulithosfera Bumi terdiri daripada plat-plat tektonik yang purata
Gempa bumi – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Gempa_bumi
Gempa bumi adalah getaran atau getar getar yang terjadi di permukaan bumi akibat rusaknya tanggul; Gempa di dasar laut yang menyebabkan tsunami
Gempa tsunami – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Gempa_tsunami
Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang dahsyat yang diakibatkan oleh peristiwa tektonisme dibawah laut Dengan mempelajari seismotektonik, kita
Tsunami – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
https://idwikipediaorg/wiki/Tsunami
Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengan kecepatan atau “memiliki kesamaan karakter” dengan gelombang pasang, pengertian ini tidak lagi memperhitungkan apakah gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami
Apa Yang Di Maksud Dengan Tsunami Ai?? Informasi Kelautan Dan
https://ocean99wordpresscom/2010/01/04/apa-yang-di-maksud-dengan-tsunami/
4 Jan 2010 – Tsunami adalah gelombang transien yang disebabkan oleh gempa tektonik ataupu oleh letusan gunung berapi dasar laut Tsunami berasal
Pengertian gempa tektonik, vulkanik, dan runtuhan
wwwpakmonocom ai??? Geografi
Pengertian gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena pergeseran lempe bumi yang pusat gempanya lebih dalam Jika gempa tektonik ini terjadi di laut
Penelusuran yang terkait dengan jelaskan yang dimaksud dengan gempa laut
jelaskan tentang arah rotasi bumi
jelaskan prediksi gempa secara ilmiah
pengertian gempa laut
pengertian gempa daratan
pengertian daerah stabil
sebutkan peristiwa yang menunjukkan dampak primer gempa tektonik
lapisan tanah horizon a merupakan lapisan yang paling fungsional bagi tumbuhan karena
perbedaan antara gempa daratan dan gempa laut adalah dalam hal

Berikutnya
Indonesia Kedaung, Kota Tangerang Selatan, Banten – Dari ponsel Anda (Riwayat Lokasi) – Gunakan lokasi yang akurat – Pelajari lebih lanjut
Bantuan Kirim masukan Privasi Persyaratan

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.