Dampak Globalisasi di Bidang Sosial, Politik, dan Budaya Indonesia

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI – Arus globalisasi sudah menempa di beberapa penjuru dunia. Satu diantara efeknya berlangsung pada bagian sosial serta budaya satu bangsa. Pada awalnya, globalisasi cuma bisa dirasa di sebagian kota besar yang ada di Indonesia. Tetapi, bersamaan dengan perkembangan tehnologi, komunikasi, info serta transportasi, globalisasi pada akhirnya sudah menebar ke di beberapa kota Indonesia.

Apa Saja Dampak Positif serta Negatif Globalisasi?

Sekarang ini, masyarakat Indonesia tentunya bakal susah untuk luput dari derasnya arus masa globalisasi mengingat pola kehidupan manusia yang makin hari makin moderen di tiap-tiap bidang. Oleh karena itu, pergantian mencolok pada tiap-tiap aspek manusia terjadi bersamaan dengan canggihnya tehnologi info telekomunikasi, tatanan ekonomi pasar bebas dan tingkat kompetitif serta efisiensi yang tinggi di beberapa bagian.

Efek Positif serta Negatif Globalisasi Ekonomi di Indonesia

Kiblat era globalisasi sekarang ini berpihak pada negara-negara maju baik di Asia ataupun Eropa bahkan juga Afrika, seperti Tiongkok, Amerika, Rusia, Jepang serta beragam negara maju yang lain. Sukai atau tak, bangsa Indonesia saat ini mesti ikuti perubahan sebagian negara maju baik di bagian ekonomi ataupun tehnologi supaya bangsa ini tak ketinggal bangsa-bangsa yang lain.

Indonesia sendiri adalah satu negara yang sebagian besar bidang ekonominya berupa UMKM. Tidak heran bila hal itu jadi bakal menyulitkan ekonomi indonesia tersebut untuk masuk pasar global. Pasalnya, UMKM mempunyai keterbatasan pada bidang modal serta teknologinya.

Bila hal semacam ini masihlah berlanjut serta indonesia tak dapat hadapi persaingan perdagangan global di saat mendatang, jadi nyaris bisa di pastikan Indonesia semakin lebih tergantung pada kemampuan ekonomi negara lain yang semakin maju. Persaingan global bakal pastinya bakal membuahkan kemenangan untuk mereka yang kuat. Disamping itu, kekalahan bakal menerpa untuk mereka yang lemah dalam persaingan ekonomi.

Contoh Dampak Positif serta Negatif Globalisasi

Setiap pergantian tentunya bakal membawa efek positif bila kita dapat memfilter atau menyaring mana yang baik serta salah. Tetapi berbeda halnya bila kurang bisa untuk memfilter mana yang baik untuk diri kita, mungkin saja dampak negatif dari globalisasi bakal berimbas kepribadian kita masing-masing.

Di bawah ini contoh efek positif serta negatif Globalisasi untuk bangsa Indonesia yang dapat anda pelajari bila ada masalah yang mengulas tentang efek positif serta negatif globalisasi.

Dampak Positif Globalisasi

Business People Working Outdoors with Work Related Images Above

Business People Working Outdoors with Work Related Images Above

Efek positif dari globalisasi saat ini mulai merasa di beberapa bidang yang ada di Indonesia. Bahkan juga semua penjuru kota di Indonesia juga satu per satu beralih jadi lebih moderen karena ada globalisasi. Lalu, apa sajakah efek positif globalisasi Indonesia yang lain? Ini liputannya 😀

1. Akses Info yang Makin Terbuka

Era Globalisasi ditandai dengan keringanan akses pada informasi yang makin terbuka lebar. Saat ini orang-orang dapat peroleh beragam info lewat beragam media, seperti tv, internet, media sosial serta lain sebagainya. Perihal ini pula yang bikin pola fikir orang-orang makin terbuka, cerdas serta gawat dalam melakukan tindakan.

2. Komunikasi Makin Murah, Gampang serta Cepat

Dulu, orangtua kita (tentu bukanlah nenek moyang kita 😀) memerlukan waktu berhari-hari untuk dapat menanti balasan surat dengan antar kerabatnya yang ada diluar negeri. Tetapi saat ini masa itu sudah usang, orang-orang lebih memakai pemakaian media komunikasi yang murah serta cepat seperti telephone, internet serta media sosial yang lain.

loading...

3. Ilmu dan pengetahuan serta Tehnologi Makin Berkembang

Globalisasi memungkinkan para cendekiawan Indonesia untuk peroleh sarjana atau sebatas pengalaman magang di negeri orang bersamaan dengan makin berkembangnya ilmu dan pengetahuan serta tehnologi. Diharapkan oleh karena ada perubahan ini mereka bisa menerapkan ilmunya untuk kebutuhan bangsa serta negara Indonesia.

4. Perkembangan Ekonomi Indonesia Meningkat

Hal semacam ini terkait dengan neraca perdagangan Indonesia yang termasuk baik. Disisi lain nilai ekspor serta impornya relatif seimbang, Indonesia juga senantiasa dilirik oleh beberapa investor dunia sebagai tempat paling baik untuk berinvestasi di beberapa bidang, seperti pertambangan, pertanian serta industry.

5. Kesejahteraan Skala Hidup Orang-orang Makin Maju

Saat ini, tidak sedikit orang-orang Indonesia yang berkerja diluar negeri untuk membiayai memenuhi keperluan pokok keluarganya. Walau demikian, telah semestinya bila masa globalisasi ini mesti disertai dengan pendidikan yang berkwalitas dan berkarakter.

Pengetahuan lainnya:

Dampak Negatif Globalisasi

Bergaya-Kebarat-baratan-Dampak-Positif-dan-Negatif-Globalisasi

Sesudah kita tahu efek positif di atas, bisa diambil kesimpulan kalau bangsa Indonesia mempunyai cukup potensi untuk bertahan menangani persaingan globalisasi. Tetapi, disisi lain globalisasi juga membawa efek jelek untuk orang-orang Indonesia, terutama pada moral setiap individunya. Di bawah ini sebagian efek negatif globalisasi dengan cara komplit serta terang.

1. Bergaya Ala Kebarat – baratan

Menjamurnya budaya barat di Indonesia seakan kurangi rasa nasionalisme yang perlu ada pada tiap-tiap warga negara Indonesia. Kenyataannya, sekarang ini beragam budaya barat sudah diadopsi di Indonesia, Tetapi berbanding terbalik dengan kondisi orang-orang Indonesia yang tidak sering melestarikan budayanya sendiri.

2. Sikap Individualisme yang Mendominasi

Sekarang ini, kita sangat tergantung pada pertolongan alat untuk memudahkan kegiatan keseharian seakan terasa tanpa butuh lagi pertolongan dari manusia. Mengakibatkan, karakter manusia makin hari makin individualistik.

Tetapi pada intinya, manusia memanglah tercipta sebagai mahluk sosial. Sayangnya, perkembangan tehnologi yg tidak disertai dengan sosialisasi menyebabkan karakter manusia menjadi individualistis.

3. Karakter Konsumtif Berlebihan

Karakter konsumtif orang-orang Indonesia membuat satu pola berbelanja mereka bukan dari suatu hal yang diperlukan, tetapi apa yang mereka inginkan. Kemudahan akses dalam belanja dan menbanjirnya beragam product asing mengakibatkan gaya hidup konsumtif makin menjadi-jadi.

4. Hilangnya Rasa Cinta Pada Produk Lokal Dalam Negeri

Karena sangat banyak product luar negeri yang membanjiri Indonesia, jadi hilanglah telah rasa cinta pada product dalam negeri. Hal itu tentunya bakal beresiko pada perekonomian dalam negeri yang makin alami penurunan pada pendapatan setiap warga negaranya.

Nah, itulah dampak globalisasi bagi Indonesia

No Responses

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan