Dekati Masa Pilkada, SBY Tolak Permintaan Proyek e-KTP Dihentikan

Posted on

Lahiya – Pengadaan KTP elektronik atau e-KTP tidak berlangsung dengan mulus prosesnya. Pasalnya, mencuat kasus korupsi e-KTP dengan tersangka Setya Novanto, yang kini telah ditahan.

Akibat adanya kasus korupsi e-KTP ini, muncul berbagai macam konflik kepentingan dari banyak pihak yang terkait dengan kasus tersebut.

Tak hanya di kalangan pemerintahan saja, namun masyarakat pun turut bergejolak. Proyek e-KTP pun menemui rintangan dalam prosesnya apalagi usai mencuatnya kasus korupsi tersebut.

Mantan Politisi Partai Demokrat, Mirwan Amir, rupanya pernah meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghentikan saja proyek pengadaan e-KTP tersebut.  Akan tetapi, permintaannya agar proyek e-KTP dihentikan itu ditolak oleh SBY.

Hal tersebut disampaikan oleh Mirwan ketika memberi kesaksian di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (25/1/2018) seperti dilansir dari Kompas.com. Mirwan pun bersaksi untuk terdakwa Setya Novanto.

Baca juga: Dua Jenderal Polri Diangkat Jadi Plt Gubernur, Tjahjo Kumolo Ungkap Alasannya

“Saya menyampaikan ke Pak SBY agar e-KTP tidak diteruskan,” kata Mirwan ketika berada di dalam persidangan.

Mirwan menyampaikan bahwa ia saat itu mendengar informasi dari pengusaha Yusnan Solihin tentang adanya masalah di dalam pelaksanaan proyek e-KTP tersebut.

Mengetahui informasi tersebut, ia kemudian menyampaikannya kepada SBY ketika ada kegiatan yang dilaksanakan di kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat.

Tetapi, menurut mantan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu, SBY menolak untuk menghentikan proyek e-KTP yang tengah berlangsung.

Adapun alasannya yakni karena pada saat itu sedang menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah atau Pilkada. “Tanggapan Bapak SBY karena ini menuju pilkada, jadi proyek ini harus diteruskan,” ujar Mirwan.

Lebih lanjut, Mirwan pun menjelaskan tentang upayanya dalam menghentikan proyek e-KTP. Saat di persidangan, Mirwan mengatakan bahwa saat itu ia tak memiliki kekuatan untuk menghentikan proyek e-KTP.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan