SHARE

Kalau membahas soal pekerjaan bangunan, pasti kamu bisa mengira semua pekerjanya adalah laki- laki, tapi di Tiongkok, ternyata ada juga seorang perempuan yang bekerja sebagai kuli bangunan. Ia baru berusia 23 tahun, tapi ia harus bekerja keras selama 12 jam setiap hari bersama para pekerja laki-laki lainnya.

Namanya adalah Qin, ia sudah menikah dan memiliki seorang putra. Tapi demi mencari uang, Qin harus terpisah dengan suaminya, suaminya bekerja di Afrika dan anaknya pun dititipkan kepada kakek dan nenek.

Setiap jam 5 pagi, Qin harus sudah siap untuk bekerja kasar. Pekerjaan di lapangan bangunan sangatlah melelahkan, para kuli harus bekerja selama 12 jam dengan waktu istirahat yang sangat sedikit. Qin juga merupakan satu- satunya wanita di tempat tersebut, sehingga ia harus tinggal sekamar dengan 7 laki- laki di asrama yang sempit dan kotor.

Tinggal bersama laki- laki tentunya menjadi hal yang tidak mudah untuk Qin, ia tidak bisa ganti baju, tidur, dan bersantai dengan tenang.. Ada yang bertanya kepadanya, mengapa ia memilih pekerjaan seperti ini? Qin menjawab, “Karena saya ingin mencari lebih banyak uang, agar saya bisa membeli rumah dan berkumpul kembali dengan keluarga saya.”

Qin pasti sangat rindu pada suami dan anaknya.. Tak terbayang bagaimana perasaannya, setelah seharian lelah bekerja, pulang ke asrama masih harus bertemu dengan 7 laki-laki yang ribut… Sungguh perjuangan yang tidak mudah… [ce]

Loading...