Home Inspirasi Desain Rumah 3 (Tiga) Generasi

Desain Rumah 3 (Tiga) Generasi

SHARE

Daftar Isi Artikel

Di Indonesia (dan mungkin negara Asia lainnya) sering terjadi rumah dihuni oleh tiga generasi. Orangtua, anak yang sudah berkeluarga, dan cucu. Demikian pula rumah ini. Pemiliknya, bersama orangtua dan anaknya, telah tinggal cukup lama di rumah lain, yang kemudian dijual.

Pengalaman tinggal di rumah sebelumnya sangat membantu pemilik dalam menentukan kebutuhan serta keinginan untuk rumah barunya ini. Ini memudahkan arsitek dan tim desain dalam menterjemahkan hal tersebut ke dalam desain. Kolaborasi antara pemilik dan arsitek mempercepat proses eksplorasi desain dan pengambilan keputusan.

Lokasi lahan berada pada salah satu perumahan di Jakarta Barat dengan ukuran lebar 10m panjang 20m, menghadap ke arah Utara, harus dapat menampung fungsi rumah untuk tiga generasi dan sebuah kolam renang untuk olahraga.

Lantai satu rumah difungsikan sebagai garasi, gudang, ruang asisten rumah tangga, ruang pompa dan filter kolam renang. Lantai dua untuk kolam renang di atas lahan, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan kamar tidur orangtua. Sedangkan lantai tiga untuk kamar tidur utama, kamar tidur anak, dan ruang belajar. Atap rumah difungsikan sebagai taman dan ruang tangki air serta ruang jemur.

Di seberang lahan berupa batas perumahan dengan tumbuhan bambu yang cukup rapat. Rumah-rumah lain di perumahan ini umumnya didesain introvert, sangat tertutup untuk mendapatkan privasi yang setinggi mungkin. Namun sejak awal massa rumah ini didesain terbuka ke depan, yang denahnya seperti membentuk angka 7.

Massa rumah yang terbuka ke luar memberikan kesempatan pemandangan visual yang cukup luas dari dalam rumah ke arah kolam renang di samping lahan bagian Timur dan ke arah kebun bambu di seberang lahan. Sebagai konsekuensinya rumah juga dapat terlihat dari luar. Karena itu seluruh fasad/tampak depan rumah pada lantai tiga diselubungi oleh deretan vertikal papan kayu bekas bantalan rel kereta api yang cukup rapat dan dapat diputar untuk disesuaikan terhadap arah datangnya sinar matahari.

Sedangkan fasad rumah pada ruang keluarga di lantai dua seluruhnya menggunakan kaca tanpa bingkai untuk mendapatkan pemandangan ke luar yang maksimal. Demikian pula fasad kamar tidur orangtua yang letaknya di belakang kolam renang, sehingga tidak terlihat dari jalan luar. Kendaraan yang melewati jalan di depan rumah pun memang relatif sedikit.

Pada lahan yang relatif kecil, denah rumah seperti angka 7 atau L terbalik yang kedua sisinya mepet batas lahan, biasanya ruang di sudut bermasalah dengan ventilasi dan pencahayaan alami. Karena itu pada rumah ini disisipkan pohon yang ditanam sampai tanah asli dengan void di atasnya dan dberi atap kaca serta lubang angin.

Atap kaca dan lubang angin juga dipakai di atas tangga yang menempel sisi Barat. Di bagian selatan atau bagian belakang lahan, terdapat void kecil yang menerus sampai ke atas sehingga angin dan cahaya alami pun dapat mengalir cukup lancar.

Selain pemandangan alam, material dan suasana rumah juga didesain menggunakan unsur-unsur alam, seperti: batu, kayu, pohon di luar dan dalam rumah, kolam ikan dari kaca yang melayang sekitar 60 sentimeter dari lantai, dan taman di atap. Unsur alam di dalam rumah dapat memberikan ketenangan dan suasana santai. Rumah memang untuk dinikmati seluruh anggota keluarga setiap hari. Privasi tetap terjaga walaupun rumah didesain terbuka.

loading...

foto & kontraktor: teky widjaja kodiasdinata, tim bangun rumah

sumber: Akanoma

 
 


1


tampak depan, rumah terlihat lebih luas karena bentuk massa seperti angka 7 membuka ke depan.

2


kayu, batu, kaca, pepohonan, cahaya. tangga ke teras kolam renang

3


deretan papan kayu bekas bantalan rel kereta api yang bisa diputar sebagai penghalang visual dan panas sinar matahari

4


 

ruang keluarga dengan pemandangan ke kebun bambu di seberang jalan

5


pemandangan semaksimal mungkin

 

 

 

 

6


 

dapur dan ruang makan. pohon dan void disisipkan untuk ventilasi silang dan pencahayaan alami.

7



 

 

 

8


 


 

9


SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan