Didemo FPI, Facebook Akhirnya Memberikan Jawaban

Posted on

Lahiya – Front Pembela Islam (FPI) beserta beberapa ormas lainnya melakukan demonstrasi di depan Kantor Facebook Indonesia di Gedung Capital Place, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada Jum’at (12/1/2018) yang lalu.

Aksi massa tersebut sebagai bentuk protes terhadap tindakan Facebook yang memblokir beberapa akun dakwah Islam. Mereka menamakan diri sebagai Aliansi Tolak Kedzaliman FB.

Menurut Ali Al-Athos, koordinator pengunjuk rasa, kalau memang Facebook ingin melakukan pemblokiran terhadap postingan yang mengandung ujaran kebencian, mestinya akun-akun lain yang juga terindikasi melakukan hate speech, khususnya terhadap Islam, diperlakukan sama.

“Akun penghina tokoh-tokoh umat Islam, akun-akun yang mengkampanyekan kemaksiatan, akun-akun yang mengkampanyekan LGBT itu dibiarkan,” kata Ali.

Seperti diketahui jika beberapa akun yang punya afiliasi dengan FPI dan kelompok Islam telah banyak yang diblokir oleh pihak Facebook. Diantaranya adalah Fanpage Habib Rizieq Syihab, Fanpage Front Pembela Islam FPI, dan Grup Pecinta FPI.

Baca Juga: FPI Mengaku Masih Membutuhkan Facebook untuk Dakwah

Menanggapi aksi massa tersebut, pihak Facebook memberikan jawaban. Mereka berdalih jika pemblokiran yang dilakukan adalah salah satu langkah agar pengguna media sosial tersebsar di dunia itu merasa nyaman.

“Kami ingin agar semua orang yang menggunakan Facebook merasa aman dan nyaman saat mereka berbagi cerita maupun berhubungan dengan teman dan keluarganya. Kami terbuka apabila Facebook digunakan untuk berdiskusi mengenai beragam topik dan gagasan serta meningkatkan kesadaran akan isu yang penting bagi masyarakat. Namun kami akan menghapus konten yang melanggar Standar Komunitas yang telah ditetapkan. Standar Komunitas kami dibuat untuk mencegah adanya organisasi atau individu yang menyerukan ujaran kebencian atau kekerasan terhadap pihak lain yang memiliki pandangan berbeda dengan mereka.” bunyi pernyataan Facebook yang dikutip dari tempo.co.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan