Diduga Lakukan Hal Ini, Mantan Presiden Iran Ahmadinejad Ditangkap

Posted on

Lahiya – Iran Mahmoud Ahmadinejad, mantan Presiden Iran dikabarkan telah ditangkap oleh pihak yang berwenang. Informasi tersebut didapatkan dari surat kabar Al-Quds Al-Arabi yang berbasis di London pada Sabtu (6/1/2018) dengan mengutip sumber yang sangat terpercaya dari Teheran. Mantan presiden Iran itu ditangkap lantaran dianggap sudah menghasut kerusuhan melawan pemerintahan.

“Ahmadinejad mengatakan, beberapa pemimpin saat ini terpisah dari masalah dan keprihatinan masyarakat, dan tidak tahu apa-apa tentang realitas masyarakat, saat ia berkunjung ke Kota Bushehr pada 28 Desember,” seperti yang dikutip Republika.co.id dari Times of Israel.

Ahmadinejad diduga juga menambahkan jika Iran tengah menderita lantaran salah urus. Menurutnya, pemerintahan Presiden Hassan Rouhani percaya pemerintah yang memiliki tanah, sementara masyarakatnya tidak mengetahui apa-apa.

Baca juga: Bertentangan dengan Bachtiar Nasir! Begini Pernyataan Kemenkes Soal Air Kencing Unta

Berdasarkan surat kabar Al-Quds Al-Arabi, komentar dari Ahmadinejad itu disampaikan saat terjadi demonstrai anti-pemerintah Iran sehingga telah menyebabkan penangkapannya. Surat kabar itu juga menyebutkan pihak berwenang tengah berusaha untuk membuat mantan presiden itu jadi tahanan rumah. Times of Israel tidak dapat mengonfirmasi kabar tersebut secara independen.

TV pemerintah Iran pada Sabtu (6/1/2018) menunjukkan demonstrasi pro-pemerintah kembali dilakukan di beberapa kota Iran, termasuk juga di Amol, Provinsi Mazandaram. Ratusan orang mengibarkan bendera Iran dan meneriakan slogan-slogan yang menentang AS dan juga Israel.

Kabar menyebutkan, demonstrasi yang dimaksud untuk melawan demonstrasi anti-pemerintah yang dilakukan di daerah Masyhad, kota terbesar kedua di Iran sejak tanggal 28 Desember yang lalu. Unjuk rasa itu ditengarai oleh kenaikan harga pangan di tengah melonjaknya angka pengangguran.

Baca juga: Terkait Hebohnya Video Layak Sensor Belakangan Ini, PDIP: Bangsa Ini di Tengah Kegentingan Moral

Dilansir dari The Blaze, Ahmadinejad menjabat sebagai Presiden Iran dari 2005 sampai 2013. Ia merupakan insinyur dan pengusaha yang diperkirakan memiliki kekayaan sekitar 5 juta dolar Amerika. Selama memimpin, Ahmadinejad menerapkan sistem konservatif garis keras anti-Barat.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan