Home Kesehatan Diet GM: Bahaya atau Manfaat? Begini Cara Pelaksanaannya

Diet GM: Bahaya atau Manfaat? Begini Cara Pelaksanaannya

SHARE

Diet GM tengah ramai dibicarakan di sosial media. Tidak mengherankan mengingat klaim beberapa pelakunya yang dapat memangkas bobot sampai 5 kg dalam 1 minggu saja.

Skinnybitch serta banyak website lain menulis diet ini awalnya gagasan General Motors (GM), Amerika Serikat sebagai bagian program kesehatan karyawan.

Tuturnya, program ini dikembangkan bersama Departemen Pertanian, Pangan serta Kesehatan Amerika Serikat yang sudah diuji di Johns Hopkins Research Center.

Walau demikian, kolumnis New York Times, Roger Cohen temukan hal itu tidak benar. Ini menguak kenyataan kalau diet GM yaitu berita bohong.

Ditulis di laman New York Times, Cohen menghubungi Tom Wilkinson dari GM. Menurut Wilkinson, tidak pernah ada yang namanya diet GM di General Motors.

Jadi siapa pencetus diet GM?

Penelusuran beritagar. id mendapatkan laman situs (blog) All4slimming yaitu yang pertama menuliskan cara diet ini di internet. Juga demikian, tidak terang juga siapa di baliknya.

Diet GM tidak dianjurkan beberapa ahli

Diet GM dikritik oleh beberapa pakar. Salah satunya Elaine Turner, ilmuwan gizi dari University of Florida.

Diet GM memanglah bakal memotong berat tubuh cukup penting dalam 7 hari. Namun efek buruknya, Anda bakal kekurangan nutrisi sepanjang menjalaninya.

Belum lagi, saat setop Diet GM, bobot tubuh Anda bakal jadi tambah dengan cepat.

loading...

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics yang diambil Livestrong, diet GM baiknya dijauhi. Sebab, diet ini tidak menyarankan berolahraga. Cuma klaim kalau makanan spesifik bisa menyebabkan penurunan berat tubuh.

Tetap populer

Walaupun nyatanya hoax, cara diet ini tetap popular. Mulai sejak 2008 serta kembali hangat dibicarakan terakhir.

Prasyarat paling utama diet GM ada dua. Pertama, tidak bisa minum alkohol sepanjang program. Ke-2, minum air putih minimum 10 gelas /hari sepanjang 1 minggu.

Pola makan Diet GM di buat dari hari pertama sampai ke tujuh.

  • Hari ke-1. Anda cuma bisa makan buah-buahan. Tetapi, jauhi pisang. Tentukan melon serta semangka lantaran dapat memberi dampak kenyang lebih lama.
  • Hari ke-2. Anda cuma bisa makan sayur-sayuran. Mentah ataupun masak.
  • Hari ke-3. Gabungan buah serta sayur. Seperti sayur, tidak ada batasan jumlah makan buah serta sayur. Tetapi ingat untuk hindari pisang.
  • Hari ke-4. Nah, hari ini Anda bisa nikmati pisang. Tepatnya 8 buah pisang dan 3 gelas susu. Itu saja yang diijinkan untuk hari ke-4.
  • Hari ke-5. Daging serta Tomat. 500 gr daging sapi serta 6 buah tomat jadi menu hari ini. Daging sapi dapat ditukar daging ayam tanpa kulit. Untuk
  • yang vegetarian dapat konsumsi tempe atau tahu.
  • Hari ke-6. Daging serta Sayuran. Jumlah keduanya tidak dibatasi. Tetapi Anda tidak diijinkan mengkonsumsinya dengan nasi atau makanan lain.
  • Hari ke-7. Di hari paling akhir, Anda perlahan-lahan kembali pada pola makan umum. Menunya beras merah, juice buah dan sayuran.
    Harvard School of Public Health menyebutkan program penurunan berat tubuh seperti diet GM bukanlah jaminan. Tiap orang mempunyai keadaan yang tidak sama.

Menurut, Kevin D. Hall, peneliti senior National Institute of diabetes and Digestive and Kidney Diseases serta pencipta NIH Body Weight Planner ditulis Kompas, mitos yaitu satu diantara penyebabnya kegagalan diet.

Bila alami kesusahan menurunkan berat tubuh, berkonsultasilah dengan dokter atau pakar gizi.

Selanjutnya, langkah paling baik untuk menurunkan berat tubuh –dan mempertahankannya– yaitu dengan mengontrol makan serta berolahraga teratur.

Tapi, jika Anda masih penasaran dengan diet GM. Anda bisa menyimak penjelasan selanjutnya berikut ini soal cara dan keberhasilan mereka menurunkan berat badan

1
2
SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan