Dikira Hanya Mitos, Ternyata Begini Penampakan Nyata Burung Garuda

Posted on

Lahiya – Burung Garuda merupakan lambang negara yang secara tak langsung menyimbolkan identitas Indonesia.

Burung yang menjadi lambang Indonesia ini memiliki warna emas dan jumlah bulu yang memiliki arti tersendiri. Diketahui, terdapat 17 helai pada sayap kanan dan kiri, 45 helai di bagian leher, dan 8 helai di ekor. Jumlah bulu ini melambangkan hari kemerdekaan Indonesia.

Dipilihnya Garuda sebagai lambang negara Indonesia bukanlah tanpa alasan. Banyak pertimbangan sebelum menentukannya, termasuk soal anggapan bahwa Garuda merupakan burung yang gagah dan memiliki rasa persahabatan dengan manusia.

Selain itu, Garuda juga dianggap sebagai kendaraan para dewa. Alasan-alasan inilah yang mendasari dipilihnya Garuda sebagai lambang negara Indonesia.

Baca juga: Tragis! Begini Nasib Pilu Gadis 16 Tahun yang Bogem Tentara Israel Bersenjata Lengkap

Tak sedikit yang menganggap bahwa burung yang satu ini adalah hewan mitos dan tidak benar-benar ada di dunia nyata. Namun, fakta soal keberadaan Garuda akhirnya terungkap.

Seperti dilansir tribunnews.com, burung Garuda ternyata memang benar-benar hidup dan nyata. Sejumlah ahli menganggap ada jenis burung yang memiliki banyak kesamaan dengan burung Garuda.

Burung ini adalah Spizaetus atau lebih umum disebut Elang Jawa. Meski namanya berbeda, Elang Jawa dianggap sangat mirip dengan Garuda.

Sayangnya, saat ini populasinya makin menurun dan hampir punah. Menurut perkiraan, hanya tersisa sekitar 600 ekor Elang Jawa. Bahkan, sejak 1992, pemerintah Indonesia telah menetapkan Elang Jawa sebagai salah satu satwa langka.

Menurunnya populasi Elang Jawa ini disebabkan oleh perburuan liar terhadap satwa langka. Apalagi Elang Jawa cukup populer dan memiliki banyak penggemar.

Seperti halnya Garuda, Elang Jawa juga memiliki jambul yang sangat menonjol di bagian kepalanya yang rata-rata berwarna coklat. Jumlah jambul ini sekitar empat helai. Setelah dewasa ukuran tubuhnya mencapai 60-70 sentimeter.

Seperti namanya, Elang Jawa hanya hidup di pulau Jawa saja. Diketahui, burung ini tersebar di Ujung Kolun, Semenanjung Blambangan, dan beberapa kawasan hutan lainnya.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan