Ditetapkan Jadi Tersangka Ujaran Kebencian, Begini Komentar Ustaz Zulkifli Muhammad Ali

Posted on

Lahiya – Bareskrim Polri saat dimintai keterangan pada Rabu (17/1/2018) menyebutkan jika pihaknya sudah menetapkan ustaz Zulkifli Muhammad Ali sebagai tersangka kasus ujaran kebencian/SARA dalam sebuah video dengan durasi 2 menit.

Hal tersebut diungkapkan oleh Brigjen Fadli selaku Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, begini penuturannya;

“Penyidik telah mendapat dua alat bukti untuk menetapkan ZMA sebagai tersangka terkait video tersebut,” paparnya seperti yang diwartakan oleh Detik.com

Lebih jauh, Fadli menyebutkan polisi sudah menyelidiki ada tidaknya unsur pidana tersebut sejak beberapa bulan yang lalu, tepatnya November 2017. Video itu ditemukan beredar di linimasa media sosial oleh Tim Patroli Siber Bareskrim.

Baca juga: Video Viral, Pria Malaysia Tampar Wanita Indonesia di Depan Umum Karena Tak Pakai Hijab

“Langkah penyelidikan sudah dimulai dari November 2017 atas laporan dan informasi dari Tim Patroli Siber,” papar Fadil.

Di bulan Desember 2017, kasus dinaikkan menjadi penyidikan awal. Fadil menyebutkan jika Zulkifli dijerat dengan menggunakan Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45B UU Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 16 Juncto Pasal 4 huruf b UU Nomor 40 Tahun 2008 mengenai Penghapusan Diskriminasi RAS atau Etnis.

Dan satu lagi dan/atau Pasal 4 ayat 2 UU Nomor 1 Tahun 1946 terkait hukum pidana.

LBH Bang Japar mengaku juga sudah melakukan komunikasi dengan ustaz Zulkifli namun belum ada kesepakatan formal mengenai penujukkan kuasa hukum.

Baca juga: Ditanya Soal Isu Umi Pipik Rebut Sunu dari Istrinya, Indadari Santai Bilang Begini

Komentar Zulkifli

Terkait penetapan tersangka, ustaz Zulkifli menyebutkan jika kasusnya sangat aneh.

“Kalau bagi saya, banyak yang terasa aneh di sini. Karena dulu awal datangnya bagus, silaturahmi. Ngobrol-ngobrol. Lalu tahu-tahu jadi BAP. Karena saya orang awam, tak tahu seluk-beluk soal ini, dan tak pernah ada kasus, menyambut saja dengan baik. Tapi tahu-tahu langsung BAP tanpa pendampingan kuasa hukum,” ungkap Zulkifli.

Ia mengaku telah mengetahui soal penetapannya sebagai tersangka dan sudah menerima surat panggilan.

“Baru kemarin saya terima suratnya. Surat panggilan untuk lanjutan penyidikan, tapi statusnya sudah sampai tersangka. Jujur saya kaget,” ucap Zulkifli.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan