SHARE

Seorang ibu melahirkan anaknya dengan cara Caesar. Melahirkan anak melalui operasi caesar memang sembuhnya lebih sakit dan lama. Jadi sang ibu pun tinggal dirumah sakit untuk beberapa hari dan memberi tanggung jawab kepada mertua untuk menjaga anaknya, toh mertua pasti punya pengalaman jaga anak dong, si ibu juga bisa lebih tenang.

Karena cuaca saat itu lebih dingin dan di rumah sakit tidak ada penghangat, si mertua membedong rapi bayi lalu di pakaikan selimut. Sang ibu juga tidak melihat jelas seperti apa bayinya dibedong.

Keesokan harinya, dokter datang untuk mengecek puser si bayi, mertua membuka selimut bayi, ketika melihat bayinya dibungkus dengan sangat amat rapat, dokter berkata “Tante, bayi tidak boleh dibungkus terlalu sempit begini, bayi akan merasa tidak nyaman loh, kan jadinya nggak bisa gerak.” Mendengar hal itu, mertua juga gak ngomong apa-apa, dia lalu membuka selimut si bayi sampai bawah, semua orang langsung kaget setengah mati. Ternyata bayinya diikat pakai kain putih dari dada sampai ke bagian kaki. Alamak, melihat hal itu, ibu bayi langsung merasa sedih dan dengan nada kesal berkata, “Bu, ngapain sih di iket begini?” “Kaki anak kecil kalau ga diiket mana bisa, lihat tuh kaki kamu nggak lurus, suami kamu juga saya ikat kakinya dari kecil, sekarang jadi lurus kan, dan lebih bagus juga buat anak kecil” jawab sang mertua.

Dokter langsung buru-buru membuka ikatannya sambil berkata, “Tante, ini gak masuk akal, kaki anak kecil kalau bengkok tuh normal, pelan-pelan juga akan lurus kok. Bayi ketika tidur kalau merentangan tangan juga hal yang wajar tan, jangan diikat begitu, akan menganggu pertumbuhan bayi loh.”

Di beberapa tempat, penggunaan kain bedong memang sudah dilakukan sejak lama. Ketika bayi sedang tidur, banyak orang mengikat bagian kaki bayi dan diluruskan selurus mungkin. Dengan cara ini, diharapkan kelak bayi akan memiliki kaki yang lurus dan tidak bengkok. Sekalian juga tangan bayi dirapatkan kepada kedua sisi, dikira dengan begini bayi tidurnya lebih nyenyak dan kalem.

Perlu diketahui bayi yang baru lahir kakinya memang tidak lurus, pemilihan dan penggunaan bedong yang tidak tepat bisa menggangu pertumbuhan dan perkembangan tubuh bayi. [ce]

Loading...
Loading...