Edy Rahmayadi Pensiun Dini, Pangkostrad Baru Pernah Jadi Tukang Becak

Posted on

Lahiya – Letjen Edy Rahmayadi yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) memilih untuk pensiun dini.

Keputusan itu diambil karena Edy berencana maju sebagai bakal calon Gubernur Sumatera Utara dalam Pilkada 2018 mendatang. Ia juga terlihat mengenakan jas putih khas PKS saat menghadiri acara konsolidasi dan ikrar para calon kepala daerah yang diusung PKS.

Tak hanya itu, Edy juga mengaku telah melayangkan surat pengunduran diri sejak dua bulan lalu.

Posisi Pangkostrad yang kosong setelah pengunduran diri Edy ini diisi oleh Letjen TNI Agus Kriswanto. Hal ini tertulis dalam SK Panglima TNI bernomor Kep/12/1/2018 tertanggal 4 Desember 2018.

Baca juga: Utang RI Terus Meningkat, Fadli Zon Ingatkan Pemerintah Soal Krisis Eropa

Dilansir kumparan.com, Agus sebelumnya menjabat sebagai Komandan Diklat TNI AD. Ia lulus dari Akademi Militer pada tahun 1984 dan mengawali karirnya sebagai Danton Yonif 724/Julu Siri Kodam XIV/Hasanuddin.

Selanjutnya, pada tahun 1995 ia menjabat sebagai Kasilat Bag Linud Sdirbinsen. Dua tahun kemudian, ia menjabat sebagai Kasi Nikpur Depnik Pusdikif Pussenif.

Sejak 1999, karirnya makin meningkat. Pria yang menyukai musik rock ini pernah menjajal berbagai jabatan di badan TNI AD, mulai dari Pabandya Lat Sops Kodam IV/Diponegoro hingga Dirdik Kodiklat TNI AD pada tahun 2013.

Sementara itu, sejak tahun 2014 hingga 2016, sosok Agus dikenal dekat oleh masyarakat Aceh. Saat menjabat sebagai Panglima Kodam Iskandar Muda ia dikenal sebagai jenderal yang akrab dengan rakyat kecil.

Tak hanya menyusuri seluruh wilayah pelosok di pedalaman Aceh, Agus juga kerap menyempatkan diri untuk bercengkrama bersama masyarakat setempat.

Baca juga: Aneh! Kemenlu Mengaku Tak Tahu Ada Pesawat Pembom Nuklir Latihan di Wilayah Indonesia

Meski begitu, ia tak lupa melakukan sidak untuk memantau anak buahnya. Agus memiliki cara unik untuk melakukan sidak, yakni menyamar sebagai tukang becak.

Salah satunya adalah saat melakukan sidak ke asrama TNI PHB di Kota Lampriet, Banda Aceh, 16 Agustus 2015 silam. Tanpa segan, ia seakan menjadi tukang becak sungguhan saat hendak melakukan sidak tersebut.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan