Facebook Bakal Berantas Pengemis “Like” dan “Share”

Posted on

Lahiya – Facebook bakal segera memberantas unggahan yang meminta atau memaksa akun lainnya untuk menyukai (like), membagikan (share), menandai (tag), atau mengomentari (comment) unggahan tersebut. Unggahan seperti ini bisa disebut sebagai spam atau biasa diistilahkan “engagement bait”.

Dilansir dari laman kompas.com, unggahan semacam ini biasanya berupa kuis atau foto yang diberi embel-embel “tag a friend who likes to nap! (sebut teman yang suka tidur). Barangkali Anda pun pernah melihat di beranda Facebook Anda bahwa unggahan-unggahan semacam ini kerap tampil teratas alias Top Post.

Bukan tanpa alasan media sosial milik Mark Zuckenberg ini melakukan hal itu. Sebagaimana diketahui, unggahan engagement bait yang kerap muncul teratas sering mengalahkan unggahan orang-orang yang melakukan penggalangan dana, meminta rekomendasi perjalanan, atau meminta bantuan.

Facebook bakal memanfaatkan machine Learning (ML) untuk mereduksi unggahan-unggahan bersifat engagement bait ini. ML mampu memndeteksi unggahan-unggahan semacam itu.

Baca Juga: Berubah Drastis! Begini Penampilan Artis Peggy Melati Sukma Sekarang, Bahkan Sampai Ganti Nama

Selain mengurangi atau mereduksi unggahan engagement bait, Facebook juga bakal memberi semacam hukuman kepada akun yang memposting unggahan semacam itu. Jadi, jika sebuah akun atau page berulang kali mengunggah hal-hal yang bersifat engagemeent bait, facebook akan memblokirnya selama beberapa minggu.

“Ke depan, kami akan terus mencari cara untuk meningkatkan layanan kami dan memberantasi engagement bait,” ujar perwakilan Facebook, dikutip dari kompas.com yang melansir TheVerge.

Dijelaskan juga bahwa hukuman memblokir akun-akun atau page yang mengunggah hal-hal bersifat engagement bait itu sifatnya masih sementara. Facebook bermaksud untuk mengedukasi sekaligus juga memberi ruang adaptasi bagi pengguna.

“Kami ingin mereduksi konten-konten yang bersifat spam, sensasional, atau palsu, dalam rangka mempromosikan konten yang lebih bermakna dan otentik di Facebook,” katanya menambahkan.

Baca Juga: Terkuak! The Sacred Riana jadi Juara Asia’s Got Talent karena Mantra Jawa Pemanggil Arwah, Artinya Bikin Merinding

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan