Fredrich Yunadi Minta KPK Periksa Kapolri, Polri Beri Tanggapan

Posted on

Lahiya – Mantan kuasa hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi, terus mempermasalahkan penahanannya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia juga sempat meminta agar KPK memeriksa Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkait dugaan rekayasa kecelakaan Setya Novanto.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto angkat bicara soal permintaan Fredrich ini. Ia mengaku tak mengerti kenapa Fredrich menyebut nama Kapolri.

“Kok kapolri? Kaitannya apa?” tutur Setyo saat ditemudi di SCBD, Jakarta Selatan, Senin (16/1/2018), seperti dilansir republika.co.id.

Lebih lanjut, Setyo menyebut bahwa ucapan Fredrich yang meminta KPK memeriksa Kapolri sama sekali tak beralasan. “Saya tidak mau menanggapi, orang  ini ngaco ngapain ditanggapi,” lanjut Setyo.

Baca juga: Fredrich Yunadi Merasa Difitnah Atas Proses Penangkapan Dirinya

Sebelumnya, dikabarkan bahwa Fredrich dianggap telah menghambat penyidikan kasus korupsi e-KTP yang melibatkan Ketua DPR RI Setya Novanto.

Fredrich pun ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dengan dugaan berperan dalam rekayasa kecelakaan Novanto pada November 2017 lalu. Namun, Fredrich meminta KPK memeriksa Kapolri jika memang tak percaya bahwa kecelakaan mobil yang menimpa Novanto bukanlah rekayasa.

Tak hanya Fredrich, pada dugaan rekayasa kecelakaan Novanto ini dokter RS Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo juga ditetapkan sebagai tersangka.

Bimanesh dianggap telah bekerjasama dengan Fredrich untuk dengan sengaja mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan dugaan tindak pidana korupsi terhadap Novanto.

Hari ini, Selasa (16/1/2018), penyidik KPK melakukan pemeriksaan silang terhadap Bimanesh dan Fredrich.

“FY diperiksa sebagai saksi untuk BST dan BST diperiksa untuk FY terkait tindak pidana dengan sengaja mencegah merintangi atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan perkara KTP Elektronik dengan tersangka Setya Novanto,” terang Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Selain itu, KPK juga melakukan pemeriksaan terhadap Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo, yang juga menjadi tersangka kasus e-KTP.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan