Home Ensiklopedia 26 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya Terpopuler

26 Alat Musik Tradisional Indonesia dan Asalnya Terpopuler

SHARE

Melihat beragam jenisnya alat musik tradisional indonesia maka dapat disebutkan kalau Indonesia begitu kaya dengan harta kebudayaannya. Bukan sekedar alat musik tradisional indonesia yang dipunyai akan tetapi tempat tinggal kebiasaan serta tarian daerah yang juga begitu berbeda-beda sesuai dengan ciri khas pada tiap-tiap daerah.

Dengan kekayaan budaya yang kita punyai semestinya kita bangga jadi bangsa Indonesia, serta sebagai orang indonesia mesti tahu seperti apa kebudayaan yang ada di Indonesia, satu diantara contoh dengan menyadari alat musik tradisional indonesia yang ada sekarang ini.

Pastinya Indonesia mempunyai 33 propinsi yang semasing mempunyai alat musik tradisional yang tidak sama. Sesungguhnya terdapat beberapa alat musik tradisional indonesia, cuma saja ada 33 alat musik tradisional yang popular serta populer pada tiap-tiap daerah itu.

Nah, untuk kamu yang belum tahu alat-alat musik tradisional pada tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia, baiknya kamu harus tahu agar tak memalukan bangsa sendiri lantaran tak tahu jati diri bangsa melalui alat musik tradisional indonesia serta pada adik-adik yang tengah mencari jawaban atas pekerjaan seni serta budaya di sekolahnya masing-masing.

Berikut penjelasannya :


33 Alat Musik Tradisional Indonesia serta Asal Daerahnya


1. Serune Kalee

alat musik serune kalee

Serune kalee datang dari daerah Aceh yang memiliki type bunyi Aerofon, alat dipakai lewat cara ditiup serta pada lubang yang ada pada serune kalee berperan untuk mengatur suara dengan memakai jari-jari kita.

2. Aramba

Alat musik aramba
puriandik1993.blogspot.com

Alat musik Aramba ini datang dari daerah Sumater Utara yang mempunyai type bunyi yaitu Ideofon, untuk pemakaiannya yakni lewat cara dipukul dengan menggunakan pemukul yang khusus.

3. Saluang

alat musik saluang
www.comotilmu.com

Alat musik saluang ini datang dari daerah sumater barat dengan memiliki type bunyai yaitu Aerofon, mengenai langkah pemakaiannya dengan ditiup serta pada lubang yang ada di alat muski ditujukan sebagai pengatur suara di mana jari-jari tangan sebagai penutup lubangnya.

Baca juga: Alat Musik Moder Paling Populer

loading...

4. Gambus

alat musik gambus
budaya-indonesia.org

Alat musik yang bernama Gambus ini datang dari daerah Riau yang memiliki type bunyi Kordofun yang digunakan lewat cara dipetik memakai jari serta memainkan suara dengan jari.

5. Gambus Jambi

alat musik gambus jambi
blogmusikindonesiajabar.blogspot.com

Alat musik Gambus ini termasuk juga datang dari daerah Jambi yang memiliki type bunyi Kordofon lewat cara pemakaian melalui dipetik dibagian senarnya.

6. Accordion

accordiaon dari sumatera selatan

Alat musik Accordion ini berasal pada daerah Sumatera Selatan yang mempunyai type bunyi Aerofon, mengenai langkah pemakaiannya dengan menggunakan ke-2 tangan kita, pada tangan yang satu digunakan sebagai pengatur alunan nada, sedang pada tangan yang ke-2 dipakai untuk mengatur suara.

7. Doll

alat musik doll
http://oldlook.indonesia.travel

Alat musik Doll ini datang dari daerah Bengkulu yang mempunyai type nada berbentuk Membranofon yang dipakai lewat cara dipukul menggunakan alat pemukul.

8. Bende

alat musik bende dari lampung
http://budaya-indonesia.org

Alat Musik Bende ini berasal pada daerah Lampung yang mempunyai type nada yaitu Ideofon yang difungsikan memakai alat pemukul khusus untuk memukul alat.

9. Gendang Melayu

alat musik gendang melayu
blogkuapadanya.blogspot.com

Gendang melayu ini termasuk juga alat musik yang datang dari daerah Kepulauan bangka belitung yang memiliki type bunyi Membranofon, mengenai langkah penggunaan yaitu dengan menepuk ruang lunak dengan memakai telapak tangan kita.

10. Gendang Panjang

Gendang panjang ini yaitu alat musik daerah yang datang dari Kepulauan Riau yang mempunyai type bunyi berbentuk Membranofon yang dipakai lewat cara menepuk dengan tangan di bagian yang lunak gendang.

11. Alat Musik Tehyan

tehyan
http://beritadaerah.co.id

Tehyan datang dari daerah Ibukota Jakarta yang mempunyai type nada Kordofon yang dipakai lewat cara digesek memakai alat spesial dibagian dawai atau senarnya sama juga dengan memainkan biola.

12. Angklung

alat musik angklung
indonesian-tradition.blogspot.in

ANgklung termasuk juga alat musik yang mempunyai type nada Ideofon yang datang dari daerah Jawa barat lewat cara penggunaan yaitu dengan menggetarkan memakai tangan kita.

13. Gamelan

gamelan
artsactive.org.uk

Gamelan yaitu alat musik tradisional yang datang dari daerah jateng yang mempunyai type bunyi berbentuk Ideofon yang dipakai lewat cara dipukul-pukul dengan alat pemukul spesial.

14. Gendang

alat musik gendang
http://www.indonesiakaya.com

Gendang termasuk juga alat musik yang datang dari daerah Yogyakarta yang mempunyai type bunyi yakni Ideofon, mengenai pemakaiannya yaitu lewat cara ditepuk menggunakan telapak tangan di bagian lunak gendang.

15. Bonang

alat musik bonang
http://orgs.usd.edu

Bonang termasuk juga alat musik yang datang dari jawa timur dengan type nada yaitu Ideofon yang dipukul dengan pemukul spesial.

16. Alat Musik Gendang

alat musik gendang
http://www.indonesiakaya.com/

Gendang ini datang dari daerah banten yang mempunyai khas bunyi berbentuk membranofon yang dipakai lewat cara menepuknya menggunakan telapak tangan.

17. Alat Musik gengceng

alat musik gengceng bali
http://sinarharapan.co

Gengceng ini yaitu alat musik yang unik berasal pada daerah Bali dengan mempunyai khas bunyi yaitu Ideofon yang ditempatkan pada ke-2 telapak tangan lantas ditepuk hingga dapat sama-sama berbenturan serta bisa keluarkan nada.

18. Serunai

serunai alat musik tradisional indonesia
http://www.indonesiaheritage.org

Serunai termasuk juga alat musik yang unik di mana datang dari Nusa Tenggara Barat yang berjenis nada Aerofon lewat cara ditiup lantas nadanya dimainkan dengan memakai jari-jari tangan untuk tutup lubang-lubang pada Serunai.

19. Sasando

sasando
http://www.imimmetronome.com

Alat musik daerah sasando ini datang dari daerah Nusa Tenggara Timur yang berbunyi chordofon yang dipetik dengan cuma memakai jari-jari di senarnya.

20. Tuma

Tuma yaitu alat musik yang berasal pada daerah Kalimantan Barat yang berkhas bunyi membranofon lewat cara ditepuk memakai telapak tangan kita.

21. Sampek

Sampek ini termasuk juga alat musik yang unik serta datang dari daerah Kalimantan timur yang mempunyai type bunyi yaitu Kordofon lewat cara dipetik di bagian senarnya.

22. Japen

http://ngulik.co

Japen ini yaitu alat musik yang disukai oleh masrayakat yang ada didaerah Kalimantan tengah lewat cara dipetik di bagian senarnya serta bakal membuahkan type bunyi Kordofon.

23. Panting

Panting ini termasuk juga alat musik yang begitu disukai oleh orang-orang yang ada di kalimantan selatan dengan type nada yang dipunyai yaitu kordofon lewat cara dipetik di bagian senarnya.

24. Kolintang

Kolintang ini yaitu alat musik yang demikian disukai oleh beberapa orang yang ada di Sulawesi utara, mengenai pemakaiannya lewat cara dipukul dengan pemukul yang spesial serta bakal keluarkan type
alat musik kolintang

25. Kecapi

wikimedia.org

Kecapi termasuk juga alat musik yang ada di sulawesi barat yang memiliki type nada yang khas yaitu Kordofon di mana penggunaannya lewat cara dipetik dibagian senarnya.

25. Tifa

Tifa ini termasuk juga alat musik yang keluarkan type nada membranofon di mana banyak diketemukan didaerah Papua, mengenai untuk pemakaiannya dikerjakand lewat cara memukul lewa telapak tangan.

SHARE

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan