Gawat! 8 Negara Tegas Deklarasikan Dukungan untuk Israel Saat Voting di PBB, Ada Hal Terselubung

Posted on

Lahiya – Pengakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menegaskan dengan lantang Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel semakin berbuntut panjang. Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pun sampai harus mengeluarkan resolusi.

Meskipun mayoritas negara anggota PBB menyatakan dukungannya terhadap Resolusi Yerusalem, di mana dinyatakan keputusan Amerika Serikat untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel batal demi hukum, cukup banyak negara yang mengoarkan penolakannya, dilansir dari Jawapos.com.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, salah satu yang menolak tegas Resolusi Yerusalem. Sementara dari keseluruhan negara anggota organisasi kerjasama internasional, sebanyak 128 negara menyetujui Resolusi Yerusalem, sembilan menolak dan 35 negara lainnya memilih untuk abstain.

Berdasarkan data, sebanyak 20 dari 28 negara Uni Eropa tercatat mengeluarkan dukungannya terhadap Resolusi Yerusalem. Bahkan Jerman yang di masa lalu memilih abstain terhadap segala tindakan yang dianggap menyerang Israel.

Baca Juga: Sungguh-sungguh Perlente! Ternyata Seperti Ini Cara Soekarno Boikot Israel dan Amerika

Adapun lima negara anggota Uni Eropa yang menurut data memilih abstain adalah Republik Ceko, Hungaria, Latvia, Polandia dan Rumania. Sementara Lithuania malah sama sekali tak menghadiri pemungutan suara. Argentina dan Meksiko termasuk negara-negara yang abstain.

Yang mengejutkan adalah penolakan penuh terhadap Resolusi Yerusalem datang dari India. Padahal seperti yang sudah diketahui, India merupakan salah satu negara yang memiliki hubungan sangat kuat dengan Israel.

Untuk negara pro-Israel tentu saja merupakan negara sekutu dekat Amerika Serikat, Israel. Selain Israel yang tak perlu ditanya lagi tentang dukungannya terhadap klaim Donald Trump, tujuh negara lainnya menyusul, yakni Guatemala, Honduras, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau dan Togo.

Baca Juga: Tak Lagi Ngotot, Anies Baswedan Batalkan Perayaan Natal di Monas. PGI: Kami Usul Sejak Awal…

Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengungkapkan, negara-negara yang menyatakan dukungan penuh mereka terhadap Resolusi Yerusalem hanyalah boneka saja. Menurutnya sutradara yang memegang kendali dari boneka-boneka tersebut adalah Tuan Palestina.

“Kalian hanyalah boneka yang dimainkan Tuan Palestina Anda. Boneka yang terpaksa menari, sementara Tuan Palestina sangat gembira,” tukas Danny Danon dengan sangat tegas, dikutip dari laman Jawapos.com, Jumat (22/12/2017), melansir Jerusalem Post, Kamis (21/12).

Namun usut punya usut, voting yang dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak dukungan terhadap Palestina ini ternyata tak lain dan tak bukan hanyalah merupakan pertunjukan khayalan semata. Seperti diakui Danny Danon, semua itu tidaklah nyata.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan