Gawat! Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti Guntur Berpotensi Gagal di KPU

Posted on

Lahiya – Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memang sudah mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Meskipun begitu, nasib kedua pasangan itu belum tentu lolos sebagai calon gubenur.

Hal tersebut ditengarai masih ada beberapa persyaratan yang belum mereka penuhi. Contohnya saja ada laporan harta kekayaan penyelenggaran negara (LKHPN). Dan hingga kemarin, belum semua kandidat menyerahkan persyaratan yang dimaksud. Saat mendaftar, rata-rata paslon hanya melampirkan tanda terima pengajuan LHKPN dari KPK.

Arbayanto yang merupakan Komisioner KPU Jatim membeberkan sejumlah calon masih menunggu laporan harta dari KPK. Sementara itu KPU sendiri memberikan kesempatan kepada mereka untuk segera melengkapi kekurangan.

Selain itu, paparnya lagi, ada calon yang belum menyerahkan ijazah, surat pengunduran diri ataupun surat cuti dari jabatan saat ini. Mereka ini baru melampirkan surat pernyataan bersedia mundur ataupun juga cuti.

Baca juga: Terkait ‘Nyanyian’ La Nyalla, Gerindra Tak Akan Lakukan Upaya Hukum. Ini Alasannya

Kandidat Memiliki Jabatan yang Berbeda

Empat kandidat itu memiliki jabatan yang berbeda-beda. Seperti yang diketahui, Saifullah Yusuf saat ini masih berstatus sebagai Wakil Gubernur Jatim dan setelah ditetapkan nanti oleh KPU ia harus segera mengajukan cuti. Sebagaimana dengan Khofifah yang sampai kemarin masih menjabat sebagai Mensos. Sedangkan Emil Dardak berstatus sebagai Bupati Trenggalek.

Tiga kandidat itu haruslah cuti dari jabatannya. Dan khusus untuk Puti ia harus menyerahkan surat pengunduran diri dari anggota DPR. Dan surat pengunduran diri itu, mengacu pada PKPU 3/2017, maksimal sudah ada 30 hari sebelum pemungutan suara.

“Syarat (pengunduran diri/cuti) itu maksimal harus sudah ada 30 hari sebelum pemungutan suara,” papar Khoirul Anam, Komisioner KPU Jati, dilansir dari Jawapos.com

Baca juga: Heboh La Nyalla Bongkar “Uang Mahar” Prabowo, Anies Baswedan dan Sandiaga Angkat Bicara

Meskipun belum melengkapi persyaratan, kemarin kedua pasangan itu sudah sama-sama mengikuti tes kesehatan di RSUD dr Soetomo, Surabaya.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan