SHARE
Loading...

Pria Asia yang bernama Josh Paler Lin ini melakukan sebuah eksperimen sosial untuk mengetahui bagaimana sifat, perlakuan dan tanggapan orang di luar sana tentang tema yang ingin dibahasnya ini.

Lin ingin mengetahui, kira-kira apa ya tanggapan pemilik dan karyawan sebuah restoran yang terkenal mewah saat menyambut Lin yang berakting sebagai “gembel kucel” dan “orang tajir” dalam waktu bersamaan.

Lin yang sudah didandani layaknya gembel yang kucel itu berjalan mendekati restoran ini menanyakan apakah ia boleh melihat menu di restoran mereka? Dan ia pun menjelaskan berkali-kali bahwa “ia punya uang”! Namun pria yang adalah karyawan restoran itu mengusir Lin dan menyuruhnya ke restoran yang lain saja.

Loading...

Kemudian Lin pun pergi ke restoran lain dan tanggapan pemilik toko ini di luar dugaan, ia membolehkan Lin melihat menu makanan mereka, namun saat Lin bertanya, “Apakah saya boleh makan di dalam?” dengan sigap pemilik toko itu berkata, “TIDAK!”

Akhirnya Lin pun pergi meninggalkan lokasi itu. Beberapa jam kemudian ia muncul lagi di restoran yang sama dengan mengendarai “Ferrari”. Saat mobilnya berhenti, karyawan yang tadi mengusirnya untuk pergi ke restoran lain, langsung “sigap” membukakan pintu Ferrarinya. Lin pun meminta menu makanan dan bertanya apakah ia boleh makan di restoran itu? Tanpa basa-basi, karyawan itu langsung menjawab, “Ya, tentu saja!”

Kemudian Lin berkata kepada karyawan itu, “Apakah kamu tidak mengenali saya?” sambil melepas kacamatanya. Karyawan itu berkata, “Ya, kamu yang datang tadi!” Kemudian Lin berkata, “Ya, tadi kamu tidak mengizinkan saya masuk dan makan di restoranmu! Kenapa? Apakah saya tadi berpenampilan tidak sempurna?” Dengan santainya karyawan itu menjawab, “Ya, tapi sekarang penampilanmu sudah sempurna!”

Mendengar hal itu, Lin mengembalikan menu restoran itu dan berkata, “Maaf, saya tidak jadi makan, saya sudah kenyang melihat perlakuan kalian yang mengucilkan dan menghakimi orang dari penampilan luar mereka!” Karyawan tersebut menjawab, “Ya, tidak apa-apa! Kalau kamu tidak jadi makan, it’s Ok!”

Lin kembali ke mobilnya dan memasang sabuk pengaman, seketika itu juga pemilik restoran keluar dan mengenali Lin. Di situ, Lin masih mengungkapkan kekecewaaannya terhadap perlakuan restoran itu yang membeda-bedakan pelanggan dari penampilan luar mereka.

Dan pemilik toko itu pun tampaknya sangat malu dan berjanji akan mengajarkan karyawan mereka agar hal itu tidak terulang lagi.

Nah, ini dia nih, sahabat Cerpen! Tapi memang begitulah kenyataan yang ada di belahan bumi manapun. Tapi, bukan berarti tidak ada pemilik toko yang tidak bermurah hati loh!

Dari eksperimen yang dilakukan oleh Lin ini, mimin jadi termotivasi untuk kita “jangan pernah” menilai seseorang dari penampilan luar mereka! Dan yang kedua, apapun keadaannya kita harus selalu menjadi pribadi yang “murah hati”.

Simak videonya yuk:

[ce]

Loading...
Loading...