Gempar! Penemuan Keris Kuno di Sungai Inggris Ini Gegerkan Peneliti

Posted on

Lahiya – Keris diketahui memang merupakan senjata khas dari Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Namun apa jadinya jika sebuah keris kuno secara mengejutkan ditemukan di sebuah sungai di Wales yang jaraknya ribuan kilometer dari Asia Tenggara?

Baru –baru ini masyarakat Inggris Raya, khususnya negara Wales, dibuat geger setelah sebuah keris abad ke-18 ditemukan di bantaran Sungai Towy .

Tepatnya di dekat toko sebuah retail bernama B&Q. Keris itu ditemukan oleh seorang coracleman, tukang perahu kuno khas Wales, Inggris bernama Andrew Davies.

Seperti diberitakan Daily Mail, Jumat (05/05/17), keris itu ditemukan oleh pria yang sudah lebih dari 30 tahun menjadi coracleman di Wales.

Ia tanpa sengaja menemukan keris tua itu tersangkut saat ia menarik jaring yang ia gunakan untuk mencari ikan di sungai tersebut.

penyelidikan pun langsung dilakukan gunamencari tahu bagaimana bisa keris itu berada di bantaran Sungai Towy, Carmarthen, Wales.

“Pada suatu malam saya bekerja dengan perahu coracle saya. Jaring saya seolah tersangkut. Ketika aku menariknya, ternyata ada pedang di jaring saya. Ini membuat saya kaget karena tidak biasa menemukan benda semacam ini,” terang Andrew Davies yang merupakan ketua asosiasi coracle di Carmarthen, Wales.

Baca juga: Heboh! Ditemukan Situs Raksasa Ini Di Malang

Andrew Davies lantas membawanya ke museum agar bisa mencari tahu tentang keris tersebut.

“Saya ingin tahu bagaimana bisa keris itu berakhir di Towy, Wales. Ini hal yang menarik,” ungkapnya.

Salah seorang Kurator di Carmarthenshire Museum, Gavin Evans mengatakan, ia telah mengirim foto keris berkarat itu ke sebuah museum di London untuk diteliti lebih lanjut. Tapi hingga saat ini belum ada penjelasan rinci mengenai keris tersebut.

“Aku belum pernah mendengar penjelasan balik apa-apa dari museum, tetapi jelas pedang itu adalah berasal Asia, Asia Tenggara, bisa Indonesia atau Malaysia, mereka menyebutnya dengan kris” ungkap Gavin Evans.

Awalnya Gavin Evans mengira pedang tersebut peninggalan dari Romawi kuno. Tapi setelah melihat detailnya, ia berprasangka jika bentuknya yang eksotis membuat keris berkarat ini kemungkinan besar berasal dari Asia.

“Ini keris, dengan hiasan ornamen di bagian atasnya. Gagang kayunya itu sekaligus merupakan hiasan berbentuk burung dengan tambahan tulang dan tembaga,” ungkapnya.

Kuat duggan bahwa keris itu telah lama terkubur dalam lumpur sungai sebelum akhirnya terjaring.

“Bagaimana keris itu sampai di Wales punya banyak kemungkinan, hal ini yang masih akan coba kami telusuri” katanya.

Seperi dilansir dari Brilio, beberapa teori pun berkembang soal kemunculan keris itu di Wales. Seperti misalnya karena hanyut dan terbawa arus sampai Wales, atau mungkin juga ada orang Asia Tenggara yang memang pernah kesana pada abad 18, teori berikutnya, bisa juga keris itu merupakan hadiah atau rampasan perang yang terbawa hingga Wales.

Bahkan yang paling ekstrem,  bisa jadi keris itu dipakai sebagai senjata pembunuhan dan dibuang ke sungai berpuluh-puluh tahun lalu.

 

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan