SHARE
Loading...

Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Dan, pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing pengetahuan mengenai Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan, langsung saja kita mulai pembahasan kali ini, ya.

Matahari yaitu bola raksasa yang terbentuk dari gas hidrogen serta helium. Matahari menjelajahi alam semesta bersama planet, Bln. serta benda langit yang lain. Matahari amat besar- 100 kali lebih besar dari pada Bumi.

Gerhana matahari terjadi saat posisi bln. terdapat diantara Bumi serta Matahari hingga menutup beberapa atau semua sinar Matahari. Meskipun Bln. lebih kecil, bayangan Bln. dapat melindungi sinar matahari seutuhnya lantaran Bln. yang berjarak rata-rata jarak 384. 400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang memiliki jarak rata-rata 149.680.000 kilometer

Gerhana matahari dibagi 3 

Gerhana matahari total

Gerhana matahari total terjadi jika piringan Matahari ditutup seutuhnya oleh piringan Bln.. Ketika itu, piringan Bln. sama besar atau semakin besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari serta piringan Bln. sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan serta Bumi-Matahari.

Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana beberapa terjadi jika piringan Bln. (ketika puncak gerhana) cuma menutup beberapa dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, senantiasa ada sisi dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bln..

Gerhana Matahari Cincin

Gerhana cincin terjadi jika piringan Bln. (ketika puncak gerhana) cuma menutup beberapa dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi apabila ukuran piringan Bln. lebih kecil dari piringan Matahari. Hingga saat piringan Bln. ada di depan piringan Matahari, tidak semua piringan Matahari bakal tertutup oleh piringan Bln.. Sisi piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bln., ada di sekitar piringan Bln. serta tampak seperti cincin yang bersinar.

Gerhana Hibrida

Gerhana hibrida berubah antara gerhana total serta cincin. Pada titik spesifik di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif tidak sering.

Bln. yaitu satu-satunya satelit alami Bumi, serta adalah satelit alami paling besar ke-5 di Tata Surya. Bln. tidak memiliki sumber sinar sendiri serta sinar Bln. sesungguhnya datang dari pantulan sinar Matahari.

Gerhana bln. terjadi ketika beberapa atau keseluruhnya penampang bln. tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi apabila bumi ada diantara matahari serta bln. pada satu garis lurus yang sama, hingga cahaya matahari tidak bisa mencapai bln. lantaran terhalangi oleh bumi.

Jenis Gerhana Bulan

  • Gerhana bln. total – Pada gerhana ini, bln. bakal tepat ada pada daerah umbra.
  • Gerhana bln. sebagian – Pada gerhana ini, tidak semua bagian bln. terhalangi dari Matahari oleh bumi. Sedangkan beberapa permukaan bln. yang lain ada di daerah penumbra. Hingga masihlah ada beberapa cahaya Matahari yang hingga ke permukaan bln.
  • Gerhana bln. penumbra – Pada gerhana ini, semua sisi bln. ada dibagian penumbra. Hingga bln. masihlah bisa tampak dengan warna yang suram.

Waktu serta periode terjadinya gerhana

Gerhana matahari terjadi antara pagi sampai siang hari. Peristiwa gerhana ini bakal membuat situasi sedikit lebih redup. Apabila terjadi gerhana keseluruhan bakal membuat situasi seperti malam hari. Sedangkan gerhana bln. yang terjadi saat malam hari cenderung tidak sangat tampak. Walaupun sesungguhnya sedang terjadi gerhana, tetapi pada masyarakat biasanya tidak bakal ada yang mengetahui, terkecuali ketika itu tengah mencermati bln., atau mereka yang paham dengan pengetahuan astronomi.

Banyak mitos yang kerap beredar tentang periode waktu terjadinya gerhana matahari serta bln. ini. Ada yang bilang kalau gerhana matahari lebih jarang bahkan juga terkesan langka terjadi daripada gerhana bln.. Walau sebenarnya seluruh itu salah besar. Malah sesungguhnya gerhana matahari lebih sering terjadi dari pada gerhana bln.. Menurut perhitungan kasar, dalam 1 abad gerhana matahari dapat terjadi sampai 238 kali. Sedangkan gerhana bln. cuma terjadi kurang lebih 154 kali saja. Tetapi kenapa yang jarang diliat yaitu gerhana matahari?

Hal itu disebabkan lantaran gerhana matahari kerap terjadi di tempat yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Tidak sama dengan gerhana bln. yang kerap terjadi di tempat yang gampang dilihat. Hingga yang kerap terlihat jadi gerhana bln..

Ada juga yang berkata gerhana matahari muncul cuma 350 th. sekali, hal itu tidak seutuhnya salah. Menagapa? Lantaran walaupun gerhana matahari terjadi lebih sering, tetapi kemungkinannya kecil untuk terjadi di tempat yang sama dalam kurun waktu tertentu. Tidak sama dengan gerhana bln. yang dapat terjadi berkali-kali di tempat yang sama. Itu juga yang bikin gerhana matahari jarang tampak.

Perbedaan Gerhana Matahari serta Gerhana Bln. Dari pemaparan tentang apakah itu gerhana matahari serta bln. diatas, kita bisa menyimpulkan apa sajakah perbedaan keduanya. Secara umum, perbedaan gerhana matahari serta gerhana bln. terdapat pada 5 segi, salah satunya:

  • Gerhana matahari terjadi ketika bln. ada diantara bumi serta matahari, lalu gerhana bln. terjadi saat bumi diantara bln. serta matahari.
  • Gerhana matahari membuat cahaya matahari tidak hingga ke bumi lantaran terhambat oleh bln.. Lalu, gerhana bln. bikin cahaya matahari tidak hingga ke bln. lantaran terhalang bumi.
  • Gerhana matahari menimbulkan ilusi seakan-akan sinar matahari hilang apabila diliat dari bumi, lalu gerhana bln. menimbulkan ilusi seakan-akan sinar bln. hilang apabila diliat dari bumi.

Kita tidak bisa lihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang lantaran bisa mengakibatkan kerusakan pandangan, namun demikian sebaliknya ketika gerhana bln. kita bebas mengamatinya walaupun tanpa alat bantu apa pun.

Gerhana bln. cenderung terjadi lebih sering bahkan juga nyaris tiap th., lalu gerhana matahari cenderung lebih jarang dengan siklusnya yang panjang.

 

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

 

Sumber: