Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan

Posted on

Ada juga yang berkata gerhana matahari muncul cuma 350 th. sekali, hal itu tidak seutuhnya salah. Menagapa? Lantaran walaupun gerhana matahari terjadi lebih sering, tetapi kemungkinannya kecil untuk terjadi di tempat yang sama dalam kurun waktu tertentu. Tidak sama dengan gerhana bln. yang dapat terjadi berkali-kali di tempat yang sama. Itu juga yang bikin gerhana matahari jarang tampak.

Perbedaan Gerhana Matahari serta Gerhana Bln. Dari pemaparan tentang apakah itu gerhana matahari serta bln. diatas, kita bisa menyimpulkan apa sajakah perbedaan keduanya. Secara umum, perbedaan gerhana matahari serta gerhana bln. terdapat pada 5 segi, salah satunya:

  • Gerhana matahari terjadi ketika bln. ada diantara bumi serta matahari, lalu gerhana bln. terjadi saat bumi diantara bln. serta matahari.
  • Gerhana matahari membuat cahaya matahari tidak hingga ke bumi lantaran terhambat oleh bln.. Lalu, gerhana bln. bikin cahaya matahari tidak hingga ke bln. lantaran terhalang bumi.
  • Gerhana matahari menimbulkan ilusi seakan-akan sinar matahari hilang apabila diliat dari bumi, lalu gerhana bln. menimbulkan ilusi seakan-akan sinar bln. hilang apabila diliat dari bumi.

Kita tidak bisa lihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang lantaran bisa mengakibatkan kerusakan pandangan, namun demikian sebaliknya ketika gerhana bln. kita bebas mengamatinya walaupun tanpa alat bantu apa pun.

Gerhana bln. cenderung terjadi lebih sering bahkan juga nyaris tiap th., lalu gerhana matahari cenderung lebih jarang dengan siklusnya yang panjang.

 

Nah, sampailah kita di akhir pembahasan kali ini, Mengenai Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan. Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua, ya. Dan, jika masih ada yang belum dimengerti, silakan sahabat menyampaikan pertanyaan pada kotak komentar di bawah ini. Terimakasih sudah bertandang ke Lahiya, jangan lupa like, follow, dan komentarnya, ya.

 

Sumber:

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan