Gambar Via: nrdc.org

Contoh Artikel Tentang Global Warming

Posted on

Contoh Artikel Tentang Global Warming – Artikel berikut, membahas mengenai salah satu isu paling besar di era ini, Global Warming atau Pemanasan Global. Semoga bermanfaat.

Global Warming

Gambar Via: beinglibertarian.com

Global warming atau juga dikenal dengan sebutan pemanasan global yaitu satu diantara isu yang menjadi sorotan dalam tema lingkungan hidup organisme. Pasalnya, pemanasan global yang terjadi makin bertambah dampaknya dari tahun ke tahun yang bisa kita rasakan pada kehidupan di bumi. Lalu, apakah sesungguhnya yang disebut dengan global warming? Apakah yang mengakibatkan global warming bisa terjadi? Lantas, Bagaimana cara penanggulangan dampak dari global warming yang telah berlangsung? Simak pembahasannya di artikel kali ini.

Pengertian

Gambar Via: investors.com

Global warming yaitu suatu momen di mana terjadi peningkatan suhu di atmosfer serta permukaan bumi (suhu global). Peningkatan suhu di bumi jelas akan membawa efek yang cukup besar serta mengakibatkan pada perubahan tatanan ekologi suatu kehidupan. Suhu adalah satu diantara unsur abiotik dalam sebuah ekosistem.

Suhu memepengaruhi iklim dan metabolisme organisme. Tiap organisme mempunyai suhu optimum dalam melakukan metabolisme yang penting dalam menjaga sebuah kehidupan. Dengan demikian, berubahnya suhu akan mempengaruhi metabolisme sebuah organisme, yang bisa menghambat atau berujung pada suatu kematian.

Suhu suatu lokasi sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan biotik serta abiotik. Menumpukknya gas-gas pencemar di udara jadi satu diantara hal yang mengakibatkan suhu meningkat. Bila sebuah lingkungan ekosistem mengalami perubahan suhu, maka akan mengubah seluruh tatanan ekosistem di dalamnya, seperti besarnya penguapan air, kelembapan udara, selain itu terhambatnya perkembangan tumbuhan, migrasi beberapa hewan lantaran tidak ada makanan dan sebagainya.

Dari penjabaran awal tentang dampak perubahan suhu jelas kita bisa menerapkan bila suhu yang berubah adalah suhu gobal, dalam arti semua permukaan bumi di belahan manapun mengalami peningkatan. Dengan demikian, dampak yang diakibatkan akan dirasakan serta saling mempengaruhi antar wilayah di bumi.

Menurut riset pengamat ekologi lingkungan, pada era ke-21 ini suhu bumi mengalami peningkatan sebesar 4°C. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh penumpukkan gas-gas emisi bahan bakar yang disebut sebagai akumulasi dari kehidupan sebelumnya. Kenaikan suhu yang terjadi sekarang, cukup membuat gletser di kutub meleleh, dan akibatnya akan mengancam kehidupan organisme yang berada di daerah kutub. Tidak hanya itu, mencairnya gletser di kutub membuat permukaan air laut meningkat, hingga membuat beberapa dataran (terlebih dataran rendah) terendam serta terancam akan tenggelam.

Penyebab

Gambar Via: whizolosophy.com

Lalu siapakah yang pantas bertanggungjawab akan peningkatan suhu bumi ini? Pertanyaan itu seperti sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang pencuri pada pencuri yang lainnya. Tiap makhluk hidup (terlebih manusia) mempunyai andil dalam peningkatan suhu yang terjadi. Beberapa senyawa yang digadang-gadang disebut sebagai pemicu peningkatan suhu bumi.

Yaitu gas-gas yang datang dari pembakaran yakni senyawa karbon, CFC, dianggap jadi senyawa paling utama yang mengakibatkan suhu bumi semakin bertambah. Kegiatan pembakaran memang selalu terjadi dalam kehidupan organisme (respirasi), tetapi mulai sejak revolusi industri yaitu sebuah masa di mana daerah industri yang melakukan pembakaran menyumbang senyawa karbon di atmosfer. Berikut ini uraian tentang senyawa-senyawa yang menyumbang peningkatan suhu bumi serta memimbulkan global warming.

Senyawa Karbon

Gambar Via: vkurse.ua

Unsur karbon adalah unsur organik penyusun sebuah kehidupan. Senyawa-senyawa paling utama yang diperlukan oleh organisme mengandung senyawa ini jadi senyawa paling utama. Tetapi, hasil buangan organisme yang berbentuk senyawa karbon dari proses respirasi juga memiliki kandungan senyawa karbon berbentuk gas yakni karbondioksida (CO2).

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan