Greget Abis! 5 Film Ini Miliki Kisah yang Sama dengan ‘Papa’ Setnov Ketika Dicyduk KPK

Posted on

Drama besar yang dilakukan oleh tersangka kasus korupsi E-KTP Setya Novanto makin beringas. Kala itu, ia dipanggil KPK untuk diperiksa, namun beralasan sedang tidak sehat hingga harus dirawat di rumah sakit. Setelah dinyatakan bebas, ia pun mengaku sudah sembuh dan diizinkan keluar.

Anehnya, baru beberapa hari tidak menjadi tersangka, Setnov kembali mengaku dirinya tak sehat ketika kemarin dipanggil lagi oleh KPK. Bahkan rumahnya pun dikepung dan dijaga ketat karena sekarang dirinya menghilang. Plot ini sudah persis di film-film saja, ya nggak sih boombers? Sehingga penulis berpikir mungkin drama besar Setnov ini terinspirasi dari beberapa film berikut.

1. Catch Me If You Can (2002), Penipu Ulung yang Beruntung

Film yang dibintangi oleh aktor Titanic, Leonardo DiCaprio, ini masih terkenal hingga sekarang. Pasalnya, film ini memiliki cerita yang cukup unik dan menarik. Ajaibnya lagi, ternyata film ini diangkat dari kisah nyata!

Bernama Frank Abagnale Jr, pria yang jadi karakter utama di sini belum mencapai usianya yang ke 20 tahun, namun sudah berani melakukan hal-hal gila, seperti memalsukan cek atau dokumen negara lainnya. Meski sudah melakukan penipuan berkali-kali, pihak interpol kesusahan menangkapnya karena cara-caranya yang brilian untuk kabur setiap akan ditangkap. Mirip dengan drama Setya Novanto bukan?

2. VIPs (2011), Catch Me If You Can Versi Brazil

Bukan berasal dari Brazil, film ini merupakan karya asli Netflix stasiun televisi Amerika, hanya saja setting tempatnya berada di Brazil. Karakter Frank Abagnale Jr di sini berganti menjadi Marcelo Nascimento da Roch yang diperankan oleh aktor Brazil, Wagner Moura. Sama seperti karakter Frank yang pandai mengarang cerita alias menipu, Marcelo pun begitu.

Namun, di film ini penipuan yang tampak bukanlah pemalsuan dokumen, tapi pembajakan pesawat. Ia mempengaruhi sang pilot untuk mengajarinya menerbangkan pesawat dengan cerita-cerita yang dikarangnya. Alhasil, dirinya menjadi orang yang paling diburu oleh polisi kala itu.

3. Public Enemies (2009), Paling Mirip dengan Keadaan Setnov Sekarang

Film yang dibintangi oleh Johny Depp ini merupakan sebuah karya adaptasi dari novel yang berjudul sama dari penulis Bryan Burrough. Menceritakan tentang seorang buronan FBI nomor satu yang telah merampok banyak bank. Ia pun membuat geram masyarakat sehingga dijuluki Public Enemies atau musuh bersama.

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan