Hati-Hati! Ahli Gizi Ungkap 10 Jenis Diet Berbahaya. Apa Saja?

Posted on

Lahiya – Bentuk tubuh yang ideal dan sehat merupakan idaman setiap insan, baik pria maupun wanita. Untuk mewujudkannya, melakukan diet mestilah ditempuh. Diet sendiri banyak jenisnya atau caranya. Namun, ternyata tidak semua jenis diet itu baik dan menyehatkan.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com, US News dan World Report merilis jenis-jenis diet dari yang paling sehat hingga yang paling berbahaya. Penilaiannya dilihat dari kemudahan untuk dijalankan, kepenuhan nutrisi, keamanan, efektivitas dalam menurunkan berat badan, dan potensinya untuk melawan diabetes dan penyakit jantung.

Berikut adalah jenis-jenis diet beserta penjelasan tentang bahyanya masing-masig jenis diet tersebut.

1 Diet Asam alkali

Diet jenis ini bertuuan menyeimbangkan pH tubuh, sebab pH yang seimbang dipercaya mampu membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit. Tubuh sendiri secara netural memang mengandung lebih banyak alkali.

Mereka yang menjalankan diet asam alkali mengklaim bahwa memberikan tubuh asupan asam hanya akan memperbutuk kondisi kesehatan. Tbuh menjadi sibuk mengeluarkan asam tersebut.

Cara menjalani diet asam alkali ini cuku merepotkan. Orang harus makan makanan yang mengandung alkali. Persentasenya 80 persen makanan beralkali dan 20 persen makanan mengandung asam.

Meski tampak sehat, diet jenis ini sulit diikuti dan cakupan nutrisinya tidak seimbang. Selain itu, diet asam alkali tak memiliki cukup data atau riset yang mendukung efektivitasnya.

Baca Juga: Ditahan KPK, Fredrich Yunadi: Sekarang Saya Dibumihanguskan

2 Diet paleo

Diet ini berangkat dari konsep zaman paleolitikum. Diet jenis ini mengajak penggunanya untuk kembali ke masa 10 ribu tahun lalu ketika orang hanya makan apayang mereka tanam dan tangkap. Tidak ada junk food atau makanan yang diproses sehingga tak ada penyakit modern, termasuk diabetes.

Pengerjaan diet ini sederhana sebetulnya. Aturannya, jika manusia gua tak makan makanan tetentu, makan orang yang menjalani diet ini pun tidak makan makanan tersebut. orang hanya akan disarankan makan ikan, daging, sayuran, dan buah.

Ahli gizi tak menyarankan diet ini karena orang tidak akan mendapat nutrisi secara penuh.

3 Diet makanan mentah

Trend makan makanan mentah sempat populer di era 1800-an. Seorang dokter, Maximilian Bircher-Banner pernah diketahui pernah menyembuhkan penyakit kuningnya dengan cara memakan apel mentah.

Hal tersebut dilanjutkan dengan berbagai eksperimen dan dibuatlah pola diet jenis ini. makanan mentah yang dimaksud sendiri merupakan makanan yang tidak mealui proses apapun, termasuk radiasi, rekayasa genetik, atau terkena pestisida.

Meski terlihat mnyehatkan, diet jenis ini tidak disarankan. Para ahli merasa ada risiko makanan yang mengandung racun akibat kontaminasi atau tidak dimasak. Perlu diketahui, diet ini meminta engikutnya untuk makan segala sesuatu tanpa diproses, termasuk daging mentah.

4 Diet hormon

Natasha Turner, dokter yang juga penggagas diet hormon ini menjelaskan bahwa kelebihan salah satu jenis hormon seperti kortisol bisa menimbulkan nafsu makan berlebih. Diet ini cukup kontroversial lantaran orang harus memulai dengan detoksifikasi selama dua minggu.

Orang yang menjalaninya harus menjauhkan diri dari sumber-sumber kafein, gula dan alkohol serta gluten, produk susu, jagung, kentang, minyak, produk kaang-kacangan, jeruk dan anggur.

Kendati belum ada risetnya, diett ini mirip dengan diet mediterania yang mampu meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Menjalani diet jenis ini tidaklah mudah. Pertama, orang akan mengalami sakit kepala, lemas dan sensitif. Kemudian, orang akan menjalani rogram diet Glyci0Mediteranean, yaitu diet tinggi protein dengan makan sayur-sayuran, kacang, atau minyak zaitun.

5 Diet puasa

Pencetus diet puasa atau the fast diet adalah seorang jurnalis sekaligus dokter, Michael Mosley dan Mimi Spencer. Pengalaman dietnya mereka tuangkan dalam buku “The Fast Diet”.

Aturannya adalah 5:2. Lima hari makan normla dan dua hari mengurangi jatah kalori normal hingga 25 persen. Orang-orang yang mengerjakan diet jenis ini disarankan mengonsumsi makanan tinggi protein selama masa puasa.

Keberhasilan diet jenis ini ditentukan dengan konsumsi harian di luar hari puasa, karena tak ada aturan spesifiknya.

6 Diet atkins

Diet atkins diklaim mampu menurunkan berat badan hingga 15 pon atau 6,8 kilogram dengan cara makan makanan berlemak, tanpa asupan karbohidarat. Padahal energi diperoleh dari pembakaran karbohidrat.

Maka, orang yang melakukan diet ini bakal minim karbohidrat dan banyak lemak. Para ahli mempertanyakan kepenuhan gizi dan keamanan diet atkins.

7 Diet ‘body reset’

Pengagasnya adalah fitnes trainer, Harley Pasternak. Ia sudah berpengalaman mendampingi paesohor seperti Alicia Keys, Lady Gaga, Rihana dan Kanye West. Diet ini mencanangkan diet dengan prgram 15 hari.

Di fase 5 hari awal, orang harus mengonsumsi jus dan fase berikutnya, jus diganti dengan makanan padat. Meski terdengar efektif, belum ada riset yang mendukung keberhasilan riset ini.

8 Diet whole30

Diet whole30 dirancang untuk mengubah hidup dengan membatasi nafsu makan, menyeimbangkan hormon, dan mengatasi masalah pencernaan serta meningkatkan fungsi imun. Penggagasnya adalah pasangan suami istri, Dallas dan Mellisa Hartwig.

Program dietnya hanya 30 hari. Tapi aturannya ketat. Asupannya tak ada gula, alkohol, biji-bijian, kacang-kacangan atau produk susu. Jika melanggar, meski sedikit, maka harus ulang dari awal.

9 Diet dukan

Pada prinsipnya, diet ini sama degan atkins, yakni rendah asupan karbohidrat dan banyak asupan protein. Tapi ini jauh lebih ketat. Ada empat fase. Yakni fase attack atau asupan penuh protein, fase cruise atau fase tambahan asupan sayuran dalam beberapa hari, kemudian fase consollidation atau fase lebih banyak makanan tambahan, dan terakhir fase permanent stabilization atau orang biasa menyebutnya makan apapun.

Dari asupan gizinya, diet ini memungkinkan tubuh dapat asupan lenagkpa. Tapi, asupan protein dalam jumlah tinggi dan waktu yang lama bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti lesu, pernapasan buruk dan konstipasi.

10 Diet keto

Prinsip diet keto adalah lupakan karbohidrat dan perbanyak asupan lemak. Tubuh bakal membakar lemak untuk dijadikan energi. Cara diet ini, orang cukup memperbanyak asupan makanan berlemak tinggi dan sedikit konsumsi makanan berprotein dan karbohidrat.

Para ahli tidak menganjurkan diet keto. Apalagi bagi mereka yang punya masalah dengan ginjal dan hati. Diet keto lebih punya potensi menimbulkan masalah kesehatan daripada memberi manfaat bagi tubuh.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan