Hati-hati Terjangkit Selfitis, ‘Penyakit’ Kronis yang Akan Menyerang Para Pecandu Selfie

Posted on

Lahiya – Untuk Anda penggila foto selfie, tampaknya harus mulai berhati-hati mulai sekarang. Pasalnya menurut hasil penelitian terbaru, ada ancaman kritis yang menanti orang-orang pecandu foto selfie, yakni kelainan mental yang disebut dengan ‘penyakit selfitis’.

Para peneliti dari Nottingham Trent University, Inggris dan juga Thiagarajar School of Management, India menemukan mereka yang kecanduan mengambil foto selfie diri seharinya hingga lebih dari 10 kali, berisiko mengalami gangguan mental tersebut, seperti yang dilansir dari laman Liputan6.com.

“Ya ini jenis penyakit baru. Penyakit mental. Selfitis adalah kondisi kelainan mental di mana seorang manusia mengalami ketergantungan berfoto selfie dan selalu mengunggahnya ke media sosial,” terang tim peneliti, dikutip Liputan6.com, Rabu (20/12/2017), melansir The Sun.

Dan yang lebih parah, para pecandu bisa mengambil foto selfie mereka setiap menit untuk kemudian diunggah melalui akun media sosial yang mereka miliki. “Tak cuma setiap hari, tapi foto selfie yang diunggah bisa setiap jam,” tambahnya.

Baca Juga: Cie! Rajin Posting Video Masa Lalu Saat Bersama Maia Estianty, Ahmad Dhani Kangen Bunda?

Terdapat setidaknya enam faktor utama yang disebutkan oleh para peneliti dapat memicu timbulnya selfitis. Faktor pertama adalah untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka. Disusul dengan keinginan mendapatkan perhatian di internet. Lalu untuk memperbaiki suasana hati mereka.

“Kebanyakan merasa puas setelah melihat hasil foto selfie mereka, mood mereka biasanya membaik,” ujar tim peneliti menjelaskan alasan seseorang memiliki kecenderungan sering ber-selfie.

Faktor keempat, keinginan para penderita untuk menciptakan kenangan dari foto selfie yang mereka ambil. Hal ini dimaksudkan agar ketika mulai menua nanti, mereka bisa tetap mengingat foto-foto diri mereka ketika masih belia.

“Kelima, mereka ingin menyampaikan ‘komunikasi’ dengan cara ber-selfie, dan ingin menjadi kompetitif di circle sosial mereka,” jelas para peneliti lebih lanjut.

Baca Juga: Bikin Jengah! Raffi Nge-Vlog di Rumah, Scene Gigi Lagi ‘Duduk’ di Toilet Jadi Sorotan Netizen

Adapun penelitian lain dari Ohio State University, Amerika Serikat, yang mengungkapkan bahwa kecanduan seseorang sering mengambil foto diri adalah tanda-tanda dari psikopat. Pasalnya penggila selfie dikatakan cenderung anti-sosial dan kurang berempati.

Sifat anti-sosial dan kurangnya rasa empati yang dimiliki para penggila selfie memang termasuk dalam kategori psikopat. Namun meskipun demikian, bukan jenis psikopat yang mengarah pada pembunuhan maupun tindakan sadis seperti di dalam tayangan film.

sumber

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan