Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust)

Posted on

Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust) Selamat datang di Lahiya, situs (blog) sederhana yang berbagi ilmu dan pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Pada kesempatan kali ini, kami bakal sharing ilmu dan pengetahuan mengenai Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust), Mudah-mudahan ilmunya bisa bermanfaat untuk kita semua. Gak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita masuk ke dalam pembahasannya, yuk.

Pengertian Hukum Perbandingan Tetap (Hukum Proust)

Hukum perbandingan tetap atau yang kerap kali disebut juga dengan Hukum Proust yaitu hukum yang menyebutkan kalau semua senyawa terdiri dari perbandingan massa unsur pembentuk yang senantiasa sama (konstan).

Hukum ini dikemukakan oleh Joseph Lonis Prost (1754-1826) yang datang dari Perancis. Hukumnya perbandingan tetap itu berbunyi : ”perbandingan berat unsur-unsur penyususun senyawa yaitu tetap”. Uji coba yang dilakukan Proust yaitu reaksi antara unsur hidrogen serta oksigen sehingga terbentuk air (H2O).

Contoh Penerapan Hukum Proust

Contoh sederhana pada hukum ini yaitu pembentukan karbondiosida (CO2) dari karbon serta oksigen. Massa karbon yaitu 12, sedangkan massa oksigen adalah16. pembentukan karbondioksida yaitu sebagai berikut ini:

Pada tabel diatas, bisa di ketahui kalau karbondioksida akan senantiasa terbentuk dari karbon dan oksigen dalam perbandingan yang sama. Meskipun ada reaktan (pereaksi) yang berlebihan, bakal jadi sisa yang tidak ikut bereaksi.

Perbandingan massa unsur dalam senyawa bisa ditetapkan dengan cara mengalikan jumlah atom dengan atom relatif masing-masing unsur. Misalnya H2O perbandingan massa hidrogen dengan oksigen 1 : 8. Perbandingan ini bisa didapat lewat cara sebagai berikut ini.

Rumus Hukum Proust

Hasil dari penjabaran rumus Proust ditemukan rumus:

Apabila diibaratkan persen senyawa = 100%:

Atau dapat pula ditulis dalam bentuk massa hingga menjadi:

Peran Hukum Proust

Tidak hanya Hukum Lavoiser (hukum kekekalan massa), Hukum Proust mempunyai fungsi penting lantaran bisa memperlihatkan hubungan kuantitatif antara beberapa zat yang terlibat dalam reaksi kimia.

Contoh Soal

Perbandingan massa unsur-unsur dalam karbondioksida diperoleh dengan cara sebagai berikut.

massa C : massa O = jumlah atom C x Ar.C : jumlah atom O x Ar.O

= 1 x 12 : 2 x 16
= 12 : 32
= 3 : 8

Contoh Soal

Tentukan perbandingan massa nitrogen dan oksigen dalam NO2 jika diketahui Ar.N = 14 dan Ar.=16

Silakan tinggalkan komentar atau pertanyaan